Nadia Risma Akmal

Haiii semuaa-!! Nama saya Nadia Risma Akmal, kerap dipanggil Nadia. Saya tinggal di kota Jember. Saat ini saya bersekolah di MTsN 1 Jember dan menduduki bangku ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Semangat Sebagai Pendongkrak Prestasi

Semangat Sebagai Pendongkrak Prestasi

Semangat Sebagai Pendongkrak Prestasi

Penulis: Nadia Risma Akmal

Kunci untuk meraih prestasi adalah dengan dukungan orang sekitar serta semangat yang kuat dalam diri sendiri. Semangat adalah api yang membakar motivasi dalam diri kita. Dibalik semangat yang membara, tentu terdapat usaha yang ditanamkan sehingga dapat menciptakan semangat tersebut. Ketika menginginkan suatu hal, kita akan berambisi untuk meraih hal tersebut dengan cenderung lebih fokus, berusaha lebih keras, serta bertahan lebih lama untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Sayangnya, masih banyak pelajar di negeri ini yang belum memiliki ambisi serta semangat yang membara untuk mencetak prestasi, padahal dengan prestasi akan menuntun mereka menuju masa depan yang sukses. Banyak dari pelajar yang memilih mundur karena satu kekalahan. Untuk itu, kita sebagai pelajar harus lebih bijak lagi dalam mengartikan kekalahan, buatlah prinsip bahwa satu kekalahan tersebut adalah pijakan awal untuk menuju kemenangan.

Selain itu, memotivasi diri sendiri juga akan meningkatkan semangat untuk meraih prestasi. Memotivasi diri dapat dilakukan dengan mengidentifikasi tujuan yang jelas. Dalam mengejar prestasi, tidak hanya fokus untuk menjadi juara, tetapi juga menikmati proses sehingga dapat mengidentifikasi kesalahan dan dapat memperbaiki diri untuk kompetisi selanjutnya. Selain menentukan tujuan, memotivasi diri bisa dengan menonton kisah inspiratif yang dapat meningkatkan semangat untuk bisa mencapai kesuksesan seperti tokoh inspiratif tersebut. Sayangnya, pelajar zaman sekarang justru lebih sering menonton hal-hal yang cenderung tidak berguna bagi masa depannya, dan mengabaikan tontonan inspiratif yang sebenarnya hal tersebut dapat meningkatkan motivasi diri untuk meraih prestasi. Dahulu, saya lebih sering menghabiskan waktu luang saya dengan menonton hal-hal tidak bermanfaat di handphone maupun televisi. Hal tersebut membuat saya menjadi malas dan tidak memiliki semangat dalam diri untuk menggali prestasi. Sehingga saya bertekad untuk merubah tontonan saya dengan mulai menonton kisah inspiratif yang dapat menumbuhkan motivasi dalam diri saya sehingga saya menjadi lebih semangat untuk menggali potensi dan prestasi. Jika seluruh pelajar dapat menerapkan hal tersebut, saya yakin negeri ini akan berisi generasi yang penuh dengan prestasi.

Selain memotivasi diri, dukungan dari masyarakat sekitar juga merupakan pendorong semangat untuk meraih prestasi. Orang tua berperan penting dalam memberi dukungan kepada anak. Support system terbesar seorang anak adalah melalui orang tuanya. Ketika orang tua mendukung penuh potensi anaknya, maka anak tersebut akan menjadi lebih semangat pula untuk menggali potensi dirinya, tetapi masih banyak kasus-kasus orang tua yang justru tidak mendukung potensi anaknya, sehingga anak tidak memiliki semangat untuk menggali potensinya. Orang tua yang harusnya mendukung penuh akan potensi anak, justru melarang anaknya untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan potensi anak. Sehingga, peran orang tua dan masyarakat sekitar juga sangat memengaruhi semangat anak untuk meraih prestasinya.

Semangat adalah pendorong kita untuk meningkatkan prestasi. Dibalik semangat itu, ada usaha yang dilakukan untuk menciptakan semangat yang membara yaitu dengan memotivasi diri dan tidak pantang menyerah dengan kekalahan, serta dengan adanya dukungan dari orang sekitar dalam menggali potensi diri untuk mencetak prestasi. Untuk itu, mari tingkatkan semangat dalam diri untuk tingkatkan prestasi.

Biografi Penulis

Halo semua-!! Perkenalkan, nama saya Nadia Risma Akmal. Saya berusia 14 tahun. Saya lahir di kota Banyuwangi pada tanggal 19 April 2009. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di MTsN 1 Jember dan menduduki bangku kelas 9. Ini adalah essai ketujuh milik saya. Saya harap, essai saya ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima Kasih!

Nomor Whatsapp: 085607396412

Email: [email protected]

Instagram: ndya.raa_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post