Nadia Risma Akmal

Haiii semuaa-!! Nama saya Nadia Risma Akmal, kerap dipanggil Nadia. Saya tinggal di kota Jember. Saat ini saya bersekolah di MTsN 1 Jember dan menduduki bangku ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kuraih Dunia Dengan Membaca

Kuraih Dunia Dengan Membaca

Kuraih Dunia Dengan Membaca

Penulis: Nadia Risma Akmal

Sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya untuk bercita-cita mencapai masa depan yang cerah dan sukses. Untuk mencapai masa depan yang cerah, tentu memerlukan usaha, salah satunya dengan membaca. Mengapa demikian? Sebab, dengan membaca akan tercipta generasi penerus bangsa yang pandai literasi, dan mampu untuk memecahkan berbagai rintangan yang ada. Budaya membaca telah turun temurun diterapkan guna meraih masa depan, sebab dengan membaca, kita dapat menambah atau menghasilkan wawasan serta ilmu baru. Makna dari kata “membaca” menurut wikipedia adalah kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati. Membaca juga dapat diartikan mengungkapkan suatu imajinasi terhadap suatu pembaca yang disukai khalayak ramai dan juga dimengerti oleh seseorang yang dicintai. Sedangkan menurut KBBI, membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis. Membaca bertujuan untuk memahami seluruh informasi yang tertera dalam teks bacaan untuk mengembangkan intelektual yang dimiliki pembaca. Membaca dapat mengubah masa depan seseorang, oleh sebab itu, membaca dijuluki sebagai jembatan untuk meraih masa depan.

Saat kita membaca, tentu ada banyak manfaat yang dihasilkan. Manfaat yang pertama yaitu mendapatkan motivasi atau inspirasi baru. Saat ini, telah banyak buku yang diterbitkan tentang biografi orang-orang sukses yang menginspirasi pembacanya. Ketika membaca buku yang menginspirasi, akan muncul dorongan untuk menjadi sukses seperti tokoh dalam buku tersebut. Sehingga peluang untuk sukses di masa depan semakin besar karena adanya semangat dan motivasi yang muncul dari buku biografi yang dibaca. Manfaat yang kedua yaitu mengasah dan melatih otak. Ketika membaca buku, otak akan berusaha untuk berpikir, menganalisis, dan mencari solusi atas sebuah permasalahan berdasarkan alur yang dibaca. Sehingga, semakin sering kita membaca, maka otak kita akan semakin terbiasa untuk menerima berbagai tantangan serta dapat terus mengembangkan potensi di dalamnya. Manfaat yang ketiga yaitu mengasah kemampuan menulis seseorang. Bagi seseorang yang gemar menulis, atau bahkan jika ingin bercita-cita menjadi penulis, maka membaca merupakan hal dasar yang wajib dilakukan. Banyak penulis-penulis sukses yang menjadi terkenal sebab sering membaca. Mereka akan menemukan inspirasi serta berbagai ilmu tentang kebahasaan melalui membaca, sehingga ilmu tersebutlah yang akan digunakan untuk menciptakan karya mereka sendiri dengan bahasa yang terbaik. Manfaat yang keempat yaitu sebagai pereda stress. Selain untuk mengembangkan minat dan bakat di masa depan, membaca juga dapat meringankan beban pikiran seseorang. Banyaknya aktivitas yang dilakukan tentu akan menyebabkan seseorang menjadi stress dan tertekan, namun ketika membaca rangkaian kata unik yang umumnya dituangkan dalam sebuah cerita fiksi akan membuat pembaca menjadi rileks. Alur cerita yang menarik serta bahasa yang indah membuat pembaca untuk sejenak melupakan beban yang menumpuk.

Terdapat banyak manfaat dari kegiatan membaca, namun mirisnya zaman sekarang telah jarang masyarakat yang berminat untuk membaca. Mereka enggan membaca buku dengan alasan terlalu sibuk akan pekerjaan. Masyarakat juga lebih sering menggunakan waktu luangnya untuk bermain gadget daripada membaca, hal ini disebabkan teknologi yang semakin maju dan lebih praktis untuk digunakan sebagai sumber informasi, ilmu pengetahuan, bahkan karya fiksi atau artikel bacaan yang telah tersedia di internet sehingga mereka menjadi malas untuk membaca buku. Budaya membaca harus tetap dilestarikan, agar kelak penerus bangsa dapat meraih dunia dan menjadi penerus bangsa yang sukses. Maka dari itu, para guru dan orang tua hendaknya mengontrol anak mereka sebagai penerus bangsa untuk tetap melestarikan budaya membaca karna membaca adalah kunci kesuksesan.

Biografi Penulis

Halo semua-!! Perkenalkan, nama saya Nadia Risma Akmal. Saya berusia 14 tahun. Saya lahir di kota Banyuwangi pada tanggal 19 April 2009. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di MTsN 1 Jember dan menduduki bangku kelas 8. Ini adalah essai ketiga milik saya. Saya harap, essai saya ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima Kasih!

Nomor Whatsapp: 085607396412

Email: [email protected]

Instagram: ndya.raa_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kerennn

21 Apr
Balas

makasii sipp

21 Apr



search

New Post