Nadia Risma Akmal

Haiii semuaa-!! Nama saya Nadia Risma Akmal, kerap dipanggil Nadia. Saya tinggal di kota Jember. Saat ini saya bersekolah di MTsN 1 Jember dan menduduki bangku ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jadikan Teknologi Untuk Sarana Meraih Prestasi

Jadikan Teknologi Untuk Sarana Meraih Prestasi

Jadikan Teknologi Untuk Sarana Meraih Prestasi

Penulis: Nadia Risma Akmal

Jika mendengar istilah “teknologi”, mungkin pikiran kita akan tertuju kepada sebuah benda yang sangat sering kita jumpai yaitu gadget. Definisi teknologi menurut KBBI adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi sebenarnya mempunyai beberapa jenis, seperti tekonologi transportasi, teknologi pendidikan, teknologi medis, teknologi agrikultur, dan lain-lain. Salah satu teknologi yang berkembang pesat di berbagai penjuru dunia yaitu teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Contoh teknologi informasi dan komunikasi adalah komputer, handphone, radio, TV dan telepon yang berfungsi untuk mengakses berbagai informasi dan untuk saling bertukar kabar.

Teknologi informasi dan komunikasi memberi dampak positif bagi manusia, karena dengan adanya teknologi tersebut, kita dapat mengetahui segala informasi dan juga dapat saling berkomunikasi walau terpaut jarak. Teknologi telah digunakan oleh hampir seluruh manusia untuk memenuhi kebutuhannya dan hampir semua kegiatan manusia telah dijalankan melalui teknologi. Dalam dunia pendidikan pun teknologi telah menjadi sarana yang penting untuk memajukan pendidikan. Pembelajaran zaman sekarang juga telah memanfaatkan teknologi sebagai medianya, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya pelajar yang mengerjakan tugas maupun ujian menggunakan gadget. Para pelajar memanfaatkan gadget untuk mempermudah dan mengehemat waktu mereka dalam mengerjakan tugas, hanya dengan bermodalkan gadget saja, mereka bisa mengakses berbagai pertanyaan dalam hitungan detik. Selain itu, teknologi ini sebenarnya juga memiliki dampak negatif yang berakibat fatal. Teknologi seperti gadget menyebabkan terganggunya proses belajar, seperti yang telah dirasakan oleh sebagian pelajar saat ini. Para pelajar cenderung menggunakan sebagian besar waktunya guna bermain game pada gadget daripada belajar sehingga mereka kecanduan terhadap gadget, hal ini dapat menyebabkan turunnya nilai dan berkurangnya motivasi belajar. Perkembangan teknologi juga dimanfaatkan oleh para pelajar sebagai sarana dalam mencontek, mereka menghalalkan segala cara guna mendapat nilai sempurna dan mengejar ranking teratas tanpa memikirkan nasib teman-temannya yang telah rela belajar sepanjang hari demi mendapat nilai sempurna tanpa mencontek, sehingga hadirnya teknologi informasi dan komunikasi seperti gadget juga dapat merenggut hak-hak para siswa saat ini. Lantas, bagaimana cara kita untuk mengatasi dampak negatif teknologi ini?

Maka dari itu, untuk mengatasi dampak-dampak negatif akibat adanya teknologi, perlu adanya solusi yang dapat diterapkan. Contohnya, dengan menggunakan teknologi untuk hal-hal positif dan bermanfaat. Teknologi sebenarnya sangat bermanfaat jika kita menggunakannya dengan bijak. Kita bisa menggunakan teknologi sebagai sarana untuk mencetak prestasi dengan menjadikan gadget sebagai media untuk belajar secara online dan mengakses hal-hal bermanfaat seputar pendidikan melalui aplikasi seperti YouTube, Google, dan aplikasi-aplikasi lainnya. Kita juga bisa menggunakan teknologi untuk mengikuti ajang kompetisi secara online yang saat ini telah banyak diadakan oleh berbagai lembaga. Maka, dapat disimpulkan bahwa teknologi dapat menjadi sarana untuk para pelajar dalam meningkatkan prestasi. Selain menggunakan teknologi untuk hal-hal positif, sebaiknya hindari mengakses atau melakukan hal-hal tidak baik dalam teknologi, contohnya seperti mencontek. Para orang tua hendaknya mengontrol anak dalam berteknologi dan para guru sebaiknya melakukan pengawasan lebih ketat agar tidak terjadi kecurangan. Jadi, jangan menganggap bahwa kemajuan teknologi bagaikan racun bagi anak dalam berpendidikan, justru kemajuan teknologilah yang dapat menuntun anak dalam berprestasi jika menggunakannya dengan bijak. Yuk Jadikan teknologi untuk sarana dalam meraih prestasi, bukan untuk sarana dalam mencontek!

Biografi Penulis

Halo semua-!! Perkenalkan, nama saya Nadia Risma Akmal. Saya berusia 14 tahun. Saya lahir di kota Banyuwangi pada tanggal 19 April 2009. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di MTsN 1 Jember dan menduduki bangku kelas 8. Ini adalah essai kedua milik saya. Saya harap, essai saya ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima Kasih!

Nomor Whatsapp: 085607396412

Email: [email protected]

Instagram: ndya.raa_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post