Nadia Risma Akmal

Haiii semuaa-!! Nama saya Nadia Risma Akmal, kerap dipanggil Nadia. Saya tinggal di kota Jember. Saat ini saya bersekolah di MTsN 1 Jember dan menduduki bangku ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hasrat Tak Tertahan, Berujung Penyesalan

Hasrat Tak Tertahan, Berujung Penyesalan

Hasrat Tak Tertahan, Berujung Penyesalan

Penulis: Nadia Risma Akmal

Kata “Pergaulan”, mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Pergaulan merupakan jalinan hubungan sosial antara seseorang dengan orang lain yang dapat saling memengaruhi satu dengan yang lainnya. Pergaulan dengan teman yang baik dan benar, akan menuntun kita ke jalan yang benar. Sebaliknya, pergaulan dengan teman yang menyimpang norma dan aturan, akan menjerumuskan kita ke jalan yang salah, seperti halnya pergaulan bebas. Zaman sekarang ini banyak terjadi kasus pergaulan bebas di kalangan masyarakat, tidak memandang usia, baik dewasa maupun remaja. Pergaulan bebas adalah bentuk interaksi seseorang dengan individu atau kelompok yang melewati batas, melanggar norma dan melanggar ajaran agama. Kasus pergaulan bebas juga banyak terjadi pada remaja yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti lingkungan yang kurang baik, pertemanan yang tidak sehat, internet atau media sosial yang tidak pantas, pengawasan orang tua yang kurang dan lain sebagainya.

Sebagian besar remaja saat ini telah pandai memainkan internet dan banyak dari mereka yang memiliki media sosial, namun beberapa dari mereka menggunakan media sosial untuk hal-hal yang tidak pantas. Para remaja saat ini juga memiliki gaya hidup yang hanya mementingkan ‘trend’, contohnya bila teman-temannya suka merokok, maka ia akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh teman-temannya tersebut. Pada akhirnya, mereka mulai belajar hal-hal yang tidak pantas dan muncul rasa penasaran yang tinggi. Berbekal lingkungan yang mendukung, mereka mulai mencoba kegiatan-kegiatan yang buruk, seperti minum-minuman keras, merokok, narkoba, bahkan tak jarang dari mereka yang berusaha untuk mencari ‘pasangan’ dan mulai menjalin hubungan diluar batas. Kata hubungan diluar batas merujuk pada maraknya kasus seks yang berujung pada kehamilan diluar nikah yang terjadi pada remaja. Apabila sudah terjadi kasus-kasus tersebut, mereka terpaksa harus menempuh jalan perkawinan yang seharusnya belum saatnya untuk mereka jalani. Pada kenyataannya, beberapa dari mereka justru lari dari tanggung jawabnya dan tega mengaborsi janin dalam kandungannya meskipun hal tersebut jelas menyimpang norma dan aturan agama, namun apa boleh buat?. Sesuatu yang sudah terjadi hanya bisa disesali di akhir. Masa depan cerah yang seharusnya menanti mereka telah pupus disebabkan pergaulan yang salah. Mereka harus hidup dengan penyesalan masa lalunya yang kelam, bahkan beberapa remaja harus mendekam di penjara karena perbuatannya tersebut.

Maka dari itu, perlu adanya solusi atau cara untuk menanggulangi maraknya kasus pergaulan bebas. Cara pertama yaitu selektif dalam memilih teman, seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa pergaulan bebas dapat terjadi karena pertemanan yang membawa dampak buruk. Oleh sebab itu, pilihlah teman yang bersikap positif dan hindari teman yang bersikap menyimpang agar tidak terjerumus ke jalan yang salah. Cara kedua yaitu melakukan penyuluhan tentang pergaulan bebas. Penyuluhan tersebut akan membuat para remaja mengetahui dampak buruk dari pergaulan bebas, sehingga mereka menjadi enggan untuk melakukannya. Cara ketiga yaitu pendekatan orang tua terhadap anak. Orang tua sebaiknya mengawasi anak dan anakpun harus terbuka kepada orang tua. Bila terjadi perubahan sikap dari anak, maka orang tua sebaiknya berkomunikasi kepada anak. Cara keempat yaitu menjaga pola hidup, sehingga kita akan terhindar dari pergaulan bebas karena kita akan sibuk mengisi waktu luang dengan hal-hal positif.

Biografi Penulis

Hari sabtu ke kota malang

Hari minggu ke kota kediri

Bila tak kenal tanda tak sayang

Maka izinkan saya perkenalkan diri

Halo semua-!! Perkenalkan, nama saya Nadia Risma Akmal. Saya berusia 14 tahun. Saya lahir di kota Banyuwangi pada tanggal 19 April 2009. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di MTsN 1 Jember dan menduduki bangku kelas 8. Ini adalah essai pertama milik saya. Saya harap, essai saya ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Kalian bisa menghubungi saya di email dan nomor WA yang tertera yaa. Jangan lupa mampir juga ke instagramku @ndya.raa_ Terima Kasih!

Nomor Whatsapp: 085607396412

Email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post