Nadhira shafa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Membangun Eonia Membaca

Bagi sebagian orang mungkin membaca bukanlah kegiatanyang berpengaruh bagi kehidupan mereka. Padahal, membacamerupakan salah satu aspek penting dalam segala modepelajaran. Melalui membacalah berbagai ilmu pengetahuanpenting bisa kita dapatkan. Maka dari itu, opini bahwamembaca hanyalah kegiatan membosankan yang tidakberpengaruh bagi masa depan, harus dihilangkan. 

 

Kita bisa memperhatikan orang- orang yang gemar membaca. Mereka biasanya memilki pengetahuan yang luas. ContohnyaBill Gates, pendiri dari Perusahaan Microsoft. Menuruttwitter.com, Bill Gates dapat membaca 50 buku dalam waktusetahun. Tidak heran apabila dia bisa menjadi tokoh dunia karena ilmu pengetahuan yang dimilikinya.

 

Tokoh dunia lain yaitu Elon Musk. Pencipta SpaceX, Neuralink, Tesla, dan Paypal. Berdasarkan sumber dariGramedia.com. Elon Musk ternyata dapat membaca hinggamenghabiskan waktu 10 jam perhari. Pengetahuannya yang luas terkait roket juga dia dapatkan dari buku yang dibacanya. 

 

Jika kita bandingkan orang yang hobi membaca dengan yang enggan membaca, bisa melihat perbedaan yang jauh di sana. Kita membandigkannya bukan di masa belia, tapi ketika telahdewasa dimana dia berhasil meraih impiannya atau tidak. Orang yang hanya pintar dalam suatu bidang lalu tidak maumengembangkannya dengan membaca dan belajar, pasti sulitbaginya untuk berkembang dan meraih suatu impian. 

 

Pepatah mengatakan bahwa buku merupakan jendela dunia. Dengan cara menambah wawasan kita bisa berkembangmeilihat betapa luasnya dunia. Walaupun kini buku jarangdiminati oleh masyarakat karena kedudukannya telah digeseroleh internet yang lebih mudah diakses. Padahal, belum tentuinformasi yang ada pada internet itu benar. Kita juga haruspandai memilah infomasi yang ada supaya tidak tersesat kedalam pengetahuan yang salah. 

 

Kita ibaratkan bahwa otak adalah sebuah pedang. Apabilatidak kita asah, pastinya akan tumpul. Cara terbaik untukmengasah otak yaitu dengan membaca. Otak akan lebihimajinatif dan wawasan akan bertambah. Selain wawasan, pengetahuan kosakata kita juga akan bertambah.

 

Selain memberikan manfaat bagi otak berupa penambahanwawasan, membaca juga memberikan dampak positif bagikesehatan pikiran kita. Salah satu manfaat dari membaca yaitu dapat mengurangi stress karena, membaca memberikan kitaefek relaksasi dan ketenangan. Selain itu, membaca juga dapatmelatih fokus dan konsentrasi otak. Meskipun banyak yang masih beranggapan bahwa membaca dapat membuat stress, padahal sebalikanya.

 

Pemuda harus membudayakan literasi karena, masa depanbangsa ada di pemuda masa kini. Bayangkan apabila kitabermalas- malasan, enggan untuk menambah ilmu, dan menjadikan sekolah sebagai formalitas semata. Jika merekayang memegang masa depan bangsa, tanah air akan hancurbahkan bisa saja dijajah kemabali. Maka dari itu, maribudayakn literasi demi membangun masa depan bangsa yang cerah dan berwawasan luas!

 

 

Biodata penulis:

Hai Perkenalkan nama lengkapnya Nadhira Shafa. Biasadipanggil Nadhira atau Dhira. Nadhira lahir di Jember tepatnya tanggal 06 Desember 2008. Saat ini dia sedang menempuh pendidikannya di MTsN 2 Jember kelas IX. Bisa dihubungi melalui e- Mail [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post