Nabilah Rohmatus Siami Alfisahrim

A bottomless sea. IG @_xxalfshrm...

Selengkapnya
Navigasi Web

Usaha

Di suatu sekolah ada seorang anak laki-laki yang bernama Zico yang selalu menyerah saat mengerjakan sesuatu tanpa usaha.

Suatu hari di sekolah ibu guru memberikan tugas yaitu membuat sebuah lukisan yang bertemakan tumbuh-tumbuhan. Saat Zico mulai mengerjakan tugasnya ia sangat pusing memikirkan apa yang akan dilukisnya. Kemudian setelah beberapa menit ziko pun menyerah. Kakak Zico yang melihat siku murung pun bertanya "ada apa Zico?" Zcko pun menjawab "aku menyerah kak ,aku tidak bisa menentukan apa yang akan kulukis".

Kakak yang mengetahui bahwa adiknya Zico muda sekali menyerah memberikan Zico saran "bagaimana kalau Zico pergi keluar untuk mencari ideologisanmu?" Mendengar hal itu Zico mengerutkan dahinya dan berkata "aku males kakak, nanti saja aku mengerjakannya masih ada waktu besok". Zico merasa bahwa tugas melukis ini sangat susah dan dia menyerah mengerjakannya.

Kakaknya yang meresap lihat adiknya mempunyai sifat mudah menyerah pun menjelaskan tentang sebuah usaha. Ia mengajak Zico pergi keluar ke taman di dekat rumah. Sesampainya di taman ia berkata "adik, lihatlah di sekelilingmu terdapat banyak tumbuh-tumbuhan di sekitar sini kau bisa melukis bunga yang ada di sini" siku mulai mengamati sekitarnya dan berkata "bunga itu sangat sulit untuk dilukis kak, terlalu rumit". Kakak yang mendengarnya lalu tersenyum dan berkata "cobalah dahulu Zico, jika kamu tidak berusaha kamu tidak akan bisa sampai kapanpun". Kakak mulai mengajari Zico secara perlahan-lahan untuk membuat sketsa bunga yang akan dilukis. Setelah selesai membuat sketsa ia mulai memberi cat warna pada sketsa tersebut. Setelah lukisan itu selesai kakak berkata kepada Zico "lihatlah bukankah lukisannya bagus?" Lalu Zico berujar "iya kakak, aku tidak menyangka lukisannya sebagus ini". Kakak kembali berkata "adikku, dengan ini kamu dapat belajar memahami bahwa sesuatu yang dikerjakan tanpa ada niat usaha dan kerja keras tidak akan membuahkan hasil yang indah. Serta janganlah kamu mudah menyerah terlebih dahulu tanpa mencobanya.

Setelah mendengar penjelasan dari kakaknya ziku pun mengerti bahwa sesuatu yang dikerjakan tanpa niat usaha dan kerja keras tidak akan membuatnya mencapai hasil yang indah dan seberat apapun kerjaan yang didapatkannya ia tidak boleh menyerah tanpa mencobanya terlebih dahulu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post