Mujahidah_Allyska

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
KAMI, BUKU, dan PERPUSTAKAAN

KAMI, BUKU, dan PERPUSTAKAAN

KAMI, BUKU, dan PERPUSTAKAAN

Oleh : Sausan Mardhiyah Rozi

SDIT Pelita Harapan Umat, Malang.

Suatu bangsa sangat membutuhkan buku dan perpustakaan. Buku adalah jendela ilmu pengetahuan, adalah kita bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang luas dengan membaca berbagai buku sebab dengan membaca buku, wawasan kita akan bertambah.

Pengertian buku berdasarkan tipe buku ada dua yakni fiksi dan non fiksi. Buku fiksi merupakan karangan yang tidak berdasarkan kisah nyata dan fakta sehingga sifatnya faktual, sedangkan buku non fiksi sebaliknya. Keduanya memiliki nilai yang sama, yakni mampu menambah dan memperluas wawasan dan pengetahuan pembaca.

Ketika membaca buku, mata dan pikiran kita terfokus pada isi buku. Selama keduanya fokus membaca, informasi dari dalam buku akan terserap ke dalam memori kita. Oleh karena kita melakukannya dalam kondisi fokus, memori kita akan isi buku tersimpan lebih lama.

Membaca buku menjadi penting karena bisa meningkatkan kualitas memori kita. Hal ini disebabkan selama membaca, otak kita dipacu untuk berpikir dan berkonsentrasi untuk jangka waktu tertentu. Fungsi buku untuk memperluas wawasan ini tidak hanya berlaku secara teori.

Manfaat membaca buku bisa langsung kita rasakan sesaat setelah kita membaca sebuah buku, misalnya ketika membaca buku novel maka bisa saja tumbuh rasa empati, bahagia, sedih, atau lucu bahkan bisa sampai menangis karena terbawa dalam alur cerita sedih dalam buku tersebut. Ada beberapa manfaat membaca buku

1. Referensi untuk tulisan kita

2. Meninggkatkan rasa empati

3. Memberikan contoh penyelesaikan masalah

4. Meninggkatkan hubungan sosial

5. Memberikan motivasi hidup

6. Menambah wawasan dan pengetahuan

7. Membuka jalan pikiran

8. Membuat otak lebih sehat

9. Menambah kosa kata

10. Meninggkatkan kemampuan menulis

Itu beberapa manfaat buku. Sebenarnya masih banyak kok. Tapi saya hanya menuliskan itu saja. Ohya, kok buku bisa meninggkatkan kemampuan menulis ya? Bisa dong. saya dulu tidak suka menulis, diajak membuat sebuah cerita pun dulu saya menolak, tetapi, setelah kakak pertama saya menerbitkan novel pertamanya, ‘Bertahanlah Saudaraku’, saya jadi ingin seperti kakak saya.

Setelah menyelesaikan membaca novel kakak saya tersebut, saya jadi ingin menerbitkan sebuah buku juga. Sudah lebih dari 5 kali saya membuat cerita. Tapi tak satu pun yang saya terbitkan.

Lama kelaman, saya sering ditanya, sering bikin cerita, kok ngga diterbitin? Setelah itu, saya pun mulai membuat sebuah novel yg insyaa Allah saya terbitkan. Pertama tama, saya tidak mendapat ide untuk membuat cerita, namun setelah membaca cerita cerita teman teman saya, dapet deh ide.

Semangat terus ya untuk berkarya..

-Biodata penulis-

Assalamu’alaikum wr wb.

Nama saya Sausan Mardhiyah Rozi. Saya bisa dipanggil Sausan atau Lili. Sekarang saya menduduki bangku kelas 6 SD dan bersekolah di SDIT Pelita Harapan Umat, Malang. Saya tinggal diperum Puri Firdaus blok H-20. Saya bisa dihubungi lewat WA : 087859914725 (nomor WA bunda) atau email : [email protected]

Terima kasih. Salam literasi

Wassalamu’alaikum wr wb

Sausan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus Li ... Oh ya, dapet foto lomba itu dari mana ya?

03 Sep
Balas

Foto yang profil itu maksudnya

03 Sep

Thumbnail lombanya? atau foto profilenya? Klo thumbnail lomba dapet dari grup wa sasisabu, klo foto profilenya dari foto sendiri

04 Sep

Thumbnail maksud kakak. Ohh, kakak nge chat Lili ya? Di wa

04 Sep

Makasih infonya

04 Sep

Ohh..Boleh. Sama sama kak

04 Sep

Bagus Sausan

02 Sep
Balas

Sama sama, kamu juga ikut dong

02 Sep

Makasih, salah tulis, hehe

02 Sep

Bagus Lili. Semoga menang

02 Sep
Balas

Makasih. Aamiin..

03 Sep

Ana boleh tanya? Ikut lomba ini pakai daftar google from tidak?

04 Sep
Balas

Boleh. Pakai, mau linknya? lombasiswaseptember2021.mediaguru.id, itu link google fromnya, nulis lombanya harus nulis diword dulu

04 Sep

Ok ok. Makasih. In syaa Allah ana ikut deh

06 Sep

Sama sama. Siip. Semangka! Tinggal beberapa hari lagi

07 Sep



search

New Post