Muhammad Irsyad Al-Bikri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Sholeh itu Tergantung Pada Dirimu

Tentu masih banyak diantara kita yg berpikir, kesholehan seseorang tergantung pada teman dan lingkungannya. Itu ada benarnya, sebagaimana hadits Nabi saw, " Seseorang tergantung agama teman dekatnya. Maka hendaklah kalian memerhatikan siapa teman dekatnya." Teman dan lingkungan memiliki peran yg besar dalam pembentukan kualitas diri kita. Namun, semua itu berawal dari diri kita sendiri.

Itulah yg kulihat di negeri tempatku berpijak kini, Mesir. Siapapun orang luar yang datang ke sini pasti tujuannya menuntut ilmu, lalu nomor dua bekerja. Sedang di lingkungan yg seperti ini saja tetap saja masih ada orang yang khalwat, pacaran, TTM, apapun itu konotasi yg sering mereka gunakan untuk beralasan agar tak dianggap dosa.

Namun, ini perspektifku. Hanya sebuah keluh kesah yg ingin kutuangkan dalam sebuah tulisan singkat. Dan kata-kata ini akan menjadi penutup, "Jangan pernah menyalahkan orang sekitarmu dan lingkunganmu terhadap jeleknya akhlakmu. Muhasabah dirimu dahulu, apakah kamu benar-benar menerima kebaikan masuk ke dalam hatimu atau tidak. Jikalau tidak, maka jangan pernah membuat pembenaran atas kesalahan diri dengan mengatakan karena temanku, karena lingkunganku."

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post