M. Syafiq Wildan Madani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuka Jendela Dunia dengan S3

Membuka Jendela Dunia dengan S3

Membuka Jendela Dunia dengan S3

(Santai,Sesuatu,Sendiri)

Oleh: M. Syafiq Wildan Madani

MTs. Irsyadun Nasyi’in, Jember

Buku adalah teman yang baik saat kita santai, ketika sendiri, dan bahkan ketika ada sesuatu yang ingin diketahui. Saat santai, daripada kita membincang yang tiada guna, ngerumpi yang tidak jelas, atau daripada kita melamun, aku membiasakan diri untuk membaca buku. Awal mula membiasakan membacanya, rasa berat hati untuk membaca berlembar-lembar. Rasa jenuh itupun pasti datang. Karena tidak terbiasa. Rasa jenuh dan bosan akan hilang dengan sendirinya bila terbiasa dengan dipaksa dan rutinitas. Dengan membaca dalam suasana santai akan membuat kita lebih mudah memahami maksud dari bacaan yang kita baca. Untuk menjadi biasa membaca disaat santai, aku mengawalinya dengan buku-buku cerita yang menginspirasi. Sehingga akan menjadi penasaran lagi dan lagi ingin membaca.

Ketika sendiri, kita tentunya membutuhkan teman untuk berbincang. Dengan berbincang, kita akan mendapatkan informasi dari orang lain dan menambah wawasan. Namun, bila ketika sendiri tak ada yang menemani, maka bukulah solusi yang tepat sebagai teman. Suasana sendiri, hening dan sepi akan menambah keasyikan tersendiri. Apa yang dibaca akan terserap banyak oleh pikiran. Sehingga pikiran dan perasaan akan terbawa pada apa yang kita baca.

Saat sesuatu yang ingin kita ketahui akan membuat penasaran. Penasaran tersebut yang membuatku ingin mencarinya. Selain mencarinya melalui googling, sasaran utamaku adalah buku. Hobi mengoleksi buku diwarisi oleh kedua orangtuaku. Mengoleksi buku, merupakan kebahagiaan tersendiri. Karena, dengan mengoleksi buku, aku dapat membacanya. Gaya bahasa dan informasi dari berbagai penulis, membuatku ingin mencoba menuangkannya menjadi tulisan.

Tulisan demi tulisan, akhirnya menghasilkan karya. Yang penting aku menulis. Ada dan tidak ada peminat atau pembelinya, yang penting aku berkarya terlebih dahulu. Aku melatih diri untuk menulis, sebagai latihan agar wawasanku bertambah. Bila ada kendala aku mencari buku yang sesuai dengan yang kutulis, serta membacanya sebagai inspirasi dan referensi.

Aku mulai dari diri sendiri, dengan harapan dapat menginspirasi teman untuk mencoba kegiatan yang aku lakukan. Bila kita memberi contoh yang baik, tentunya penilaian baik pula oleh yang melihatnya. Sehingga mereka tertarik untuk mencobanya. Selain itu, aku pun aktif mengikuti SasiSabu yang diselenggarakan oleh Media Guru. Ilmu kepenulisan kudapatkan dari kegiatan tersebut. Sehingga apa yang kubaca dan ilmu yang kudapat dari pelatihan tersebut, mendukungku untuk selalu berkarya. Apalagi Media Guru selalu memotivasi melalui lomba yang diselenggarakan setiap bulan.

Suasana santai, sesuatu yang ingin diketahui, dan saat sendiri, sangat tepat bila kita berteman dengan buku. Karena dari buku yang kita baca, akan menggugah literasi kita menjadi luas. Buku bukan hanya berupa hard copy saja, namun buku digitalpun juga akan memermudah kita membacanya di mana pun kita berada. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya dari sekarang.

Membudayakan membaca setiap hari, lama kemudian kita akan terbiasa. Sehingga, kita akan berwawasan global, menghasilkan karya, dan berkarakter. Memulai dari diri sendiri, kemudian mengajak teman. Baik teman di lingkungan sekitar maupun melalui dumay. Akhirnya, tali persaudaraan akan terjalin luas.

M. Syafiq Wildan Madani adalah seorang anak laki-laki yang lahir di Kabupaten Jember pada tanggal 6 September 2005. Dia adalah anak sulung dari dua bersaudara. Dia memiliki adik perempuan yang bernama Vina Dzakiyyatun Nisa’. Ibunya bernama Ummi Royhana, S.Pd., M.Pd.I., M.Pd. ayahnya bernama Masudi, S.Pd., M.Pd.

Pendidikan dasarnya di MIN. 02 Jember. Sekarang dia sedang menempuh pendidikan di sebuah pesantren. Tak ketinggalan juga dia menempuh pendidikan di MTs. Irsyadun Nasyi’in. Sekarang dia berada di kelas sembilan. Pelangi di Pesantrenku, merupakan karya perdananya. Beberapa antologi bersama pemenang lomba menulis, Aku Cinta Buku, Kami Rindu Bersua, Ramadan Ceria.

Hobinya bermain catur selalu mengiringinya di saat waktu senggang. Selain itu, dia juga hobi menggmbar. Dia dapat dihubungi melalui WA. 085204952649. e-mail [email protected].

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post