Mifta Sururi Arditiya

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Islam dan Perdamaian Dunia

Dunia islam merupakan ajaram agama yang mengutamakan kebaikan, keadilan, kasih sayang dan penghormatan terhadap hak orang lain. Dan didalam ajaran agama islam juga dianggap sebagai agama yang damai, toleransi, kasih sayang, kehormatan dan keselamatan di dunia dan di akhirat. Ketika nabi Muhammad saw datang membawa ajaran agama islam sebagai lambang perdamaian,di dalam konsep perdamaian tersebut ditekankan sebagai bagian dari ajarannya. Islam juga menekankan pentingnya perdamaian dunia islam dan mengajarkan umatnya untuk selalu menegakkan keadilan,kebaikan dan perdamaian dunia islam.

Agama islam itu agama yang sebagaimana diajarkan oleh nabi Muhammad kepada umatnya untuk selalu hidup damai dalam kehidupan sehari-hari dan mempertahankan agama islam supaya agama islam tidak goyah dan tidak runtuh terhadap yang tidak muslim (non muslim) Perdamaian dunia islam merupakan hak setiap manusia yang ada di muka bumi ini.

Ajaran agama islam ini terlahir sejak nabi adam diciptakan oleh allah swt, sampai kepada nabi muhammad di lahirkan. Nabi muhammad membawa ajaran agama islam ketika beliau di makkah, ketika itu banyak kaum kafir quraisy yang menentang atau menolak ajaran yang dibawah oleh nabi muhammad saw yaitu agama islam. Akan tetatapi nabi muhammad terus melakukan dakwahnya sampai orang-orang di makkah mempercayai agama islam, yaitu agama yang sungguhan bukan agama yang dibuat-buat oleh nabi muhhamad. Allah swt memberikan wahyu kepada nabi muhammad berupa islam, untuk membawa bangsa arab yang semula banyaknya kaum kafir quraisy yang terbelakang bodoh, tidak beradab, tidak terkenal, dan diabaikan oleh bangsa lain. Kemudian bangsa arab menjadi bangsa yang pertama agama islam datang, dengan berjalannya waktu bangsa arab satu persatu mulai mengikuti ajaran yang dibawah oleh nabi muhammad saw, sampai berkembang diseluruh dunia dan membina suatu kebudayaan dan peradaban yang sangat penting artinya dalam sejarah manusia hingga saat ini islam menjadi damai.

Ketika nabi muhammad telah menyebarkan agama islam di bangsa arab kemudian beliau pergi menuju madinah bersama abu bakar. Dengan jumlah pemeluk agama islam yang cukup besar dari makkah ke madinah, mayoritas dari penduduk madinah asli. madinah dapat dikatakan bahwa komunitas islam pertama mulai terbentuk di kota itu, yang dibawah bimbingan nabi muhammad saw.

Melalui ajarannya, rasulullah membawa islam yang lebih baik dan penuh perdamaian antara berbagai persaingan dan kelompok-kelompok yang bertikai dan orang-orang kota dan sekitarnya. Dengan kota madinah berada disekitar cukup jauh di utara makkah, umat islam menganggapnya itu sebagai jarak yang cukup aman dari orang quraisy, yang sebagian besar ada di makkah.

Namun, kaum kafir quraisy dan sekutu mereka tidak menyerah, dan mereka memaksa umat islam di madinah ke dalam jumlah pertempuran kecil, sehingga itu tidak seimbang untuk umat islam di madinah, yang mana kaum kafir quraisy dan sekutunya lebih unggul dalam jumlah baju besi dan lainnya.

Kemudian perdamaian telah terjadi antara kedua belah pihak akhirnya terwujud melalui perjanjian damai hudaibiyah, sampai-sampai sebagian sahabat nabi protes karena menyetujui dan menandatangani perjanjian yang tidak adil dan tidak dapat diterima. Akan tetapi ada peristiwa-peristiwa selanjutnya setelah perjanjian hudaibiyah sangat menarik perhatian umat islam yang pada akhirnya membebaskan penilaian dan keputusan nabi muhammad dan membuktikan kebijaksanaanya.

Setelah melakukan perjanjian hudaibiyah kepada kafir quraisy, kaum muslimin dimadinah menjadi aman tentram dan damai, sehingga kaum muslimin semakin lama semakin menambah untuk mengikuti ajaran dari nabi muhammad, sampai beliu terus memberikan pengetahuan kepada umatnya tentang agama islam dan banyak sekali umat nabi muhammad sedikit demi sedikit mulai mengerti dan mengetahui tentang agama islam.

Sebelum nabi muhammad wafat beliau menyuruh kepada abu bakar menjadi khilafah untuk menggantikan tugas-tugas rasulullah.Sebagai kepala negara, pemimpin pemerintah, dan pemimpin umat islam, supaya agama islam itu menjadi lebih baik dan lebih damai dan lebih aman. Abu bakar dipilih menjadi khilafah karena beliau memiliki sifat yang baik hati, jujur,dan sabar. Beliau dipilih dengan cara musyawarah antara kaum muhajirin dengan kaum anshar. Pada masa rasulullah meninggal telah terjadi perselisihan antara kaum muhajirin dengan kaum anshar saat pemilihan khilafah.abu bakar sendiri ketika itu menolak untuk menjadi khilafah, abu bakar sendiri memilih umar bin khatab yang menjadi khilafah atau sebagai penerus kepemimpinan nabi.

Pada saat itu juga umar bin bin khatab menolak usulan abu bakar yang sebagai pengganti nabi. Bahkan umar bin khatab sendiri mengatakan bahwasanya abu bakar lah yang cocok menggantikan ke pemimpinan rasul, karena abu bakar memiliki sifat yang sama halnya seperti nabi.Dan ketika itulah diadakannya musyawarah kedua,setelah itu abu bakarlah yang dipilih untuk menggantikan kepemimpinan rasul. Karena ada beberapa kesepakatan yang membuat abu bakar itu dipilih menjadi khilafah.

Setelah terpilihnya abu bakar menjadi khilafah banyak sekali konflik-konflik yang dialami oleh bakar setelah meninggalnya nabi muhammad saw. Banyaknya yang meninggalkan agama islam (murtad), kemudian banyaknya yang mengaku sebagai nabi palsu, dan banyaknya yang tidak mau membayar zakat dan lain sebagainya. Akan tetapi abu bakar tidak tinggal diam beliau mulai beregarak untuk mempertahankan agama islam yang sudah diajarkan kepada nabi muhammad saw.

Abu bakar dan para sahabatnya mulai memberantas orang-orang yang telah membangkang kepada ajaran islam dan beliau juga membunuh para nabi palsu dan juga orang-orang yang telah meninggalkan agama islam sampai orang-orang tersebut mangakui kesalahanya dan mengikuti kembali ajaran agama islam. Ketika itu memang agama islam sedang tidak baik-baik saja, akan tetapi berjalannya waktu agama islam mulai damai dan orang-orang arab dan madinah mulai belajar agama islam kembali sehingga orang-orang tersebut bisa mengetahu mana yang hak dan mana yang batil, mana yang dibolehkan dan mana yang tidak dibolehkan, sehingga umat islam itu bisa mengikuti perintah allah dan menjauhi larangannya.

Dari sini kita mengetahui bahwasnya agama islam itu agama yang indah, agama yang penuh makna, dan agama islam itu sendiri mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik, jujur, adil,dan saling membantu kepada orang-orang yang kurang mampu maupun kepada orang-orang non muslim. Dan agama islam itu penuh perjuangan untuk mengembangkan atau untuk menyebarkannya dari zaman jahiliyyah sampai dengan zaman mahiriyah dan disitu banyaknya pengorbanan terhadap nabi Muhammad dan para sahabatnya untuk membangun islam itu menjadi lebih baik, lebih aman dan lebih berdamai terhadap orang-orang muslim sendiri maupun kepada yang non muslim. Terbentuknya perdamaian islam itu tergantung pada diri kita masing-masing, apakah kita itu mampu atau bisa mengendalikan diri kita sendiri atau tidak, dan agama islam itu kita bangun dengan penuh pengorbanan dan kesabaran sehingga terbentuknya agama islam yang aman, harmonis dan damai

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post