MELISA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sasisabu, Tingkatkan Prestasi Menulis Melalui Literasi Digital

Sasisabu, Tingkatkan Prestasi Menulis Melalui Literasi Digital

Sasisabu, Tingkatkan Prestasi Menulis Melalui Literasi Digital

Oleh: Melisa

SMPN 3 Bangsalsari

Memang saat ini handphone banyak digunakan oleh semua orang. Semua pasti mempunyai barang satu ini dari anak-anak remaja bahkan orang tua. Aku akan menceritakan pengalaman ku sendiri.

Dulu waktu pertama kali masuk sekolah setelah daring aku sangat pintar dalam mengerjakan tugas. Tapi waktu daring karena memang pembelajarannya dari handphone aku sering menghabiskan waktu bermain handphone dari pada belajar. Setelah daring selesai dan kebetulan juga handphone ku mati, saat aku kelas 8 aku menyibukkan diri membaca buku dan belajar. Mungkin karena banyak baca aku jadi banyak mengetahui sesuatu. Sering membaca membuat ku ingin menulis sebuah cerita. Dan pertama kali menulis aku sangat ragu dengan kata-kata dalam ceritaku itu. Semakin hari semakin suka aku menulis dan dari sana menulis menjadi hobi ku. Aku bisa dibilang pintar karena tugas sekolah selalu mudah kukerjakan. Karena sekolah waktu itu masih belum masuk seperti biasanya, hanya masuk bersesi jadi jadwal jam pulang lebih pagi. Sampai di rumah aku sangat kesepian, waktu kugunakan membaca buku yang saat itu menjadi kesibukanku. Aku juga sering menulis cerita hidupku dan kebetulan menulis memang hobiku.

Waktu berlalu dan aku sudah kelas 9. Di kelas ini, akupun seperti ketika di kelas 8 aku menguasai semua pelajaran yang guru berikan. Saat itu aku sangat menginginkan handphone, kakekku membelikannya. Sebenarnya kakek tidak mempunyai banyak uang untuk membelikanku handphone. Tapi karena memang aku membutuhkan barang itu jadi kakekku membelikannya. Betapa senangnya aku waktu mendapatkan barang itu.

Semenjak aku punya handphone aku lebih sering bermain handphone daripada belajar. Aku sudah jarang belajar dan aku juga sering tidak masuk sekolah karena ada sesuatu masalah yang membuatku malas masuk sekolah. Karena wali kelas ku menyuruhku masuk aku pun masuk sekolah dan saat itu aku sudah tidak faham tentang pelajaran yang diberikan oleh guru . Aku sangat berbeda dari sebelumnya yang mana dulu aku sangat pintar sekarang aku menjadi siswa yang pemalas. Aku tidak bisa meninggalkan handphone. Aku selalu memainkannya sampai lupa waktu. Bermain game, ngobrol yang tidak jelas, foto selfi sekedar pamer, dan sebagainya

Akhirnya aku sadar bahwa nilaiku semakin turun dan aku berfikir kalo terus seperti ini aku tidak bisa mendapatkan nilai tinggi saat aku lulus nanti. Aku kembali belajar dengan giat mengikuti ekstrakurikuler literasi. Aku memilih mengikuti literasi yang sangat cocok dengan hobiku yaitu menulis. Satu Minggu sekali diadakan giat literasi. Kepada sekolahku memberitahukan bahwa ada lomba menulis di aplikasi Sasisabu.

Sasisabu adalah platform yang dikhususkan untuk kalangan siswa dan dipersembahkan oleh Media Guru. Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan menulis, antara lain: opini, pantun, cerpen, kuliner, wisata dan masih banyak lagi. Layanan yang sangat menarik dan menggugah semangat, karena juga setiap satu bulan sekali mengadakan lomba menulis.

Dari sini awal prestasi menulis kuraih. Aku mengikuti lomba tersebut dengan teman teman yang lain. Pertama kali mengikuti lomba aku menang begitu juga dengan teman-teman. Karya mereka jiga masuk nominas dan semua menang. Aku mengikuti lomba yang ke dua kali di bulan Februari 2023. Dua kali aku mengikuti lomba menulis artikel dan dua kali juga aku memenangkan lomba itu. Aku sangat senang dan bersemangat untuk mengikuti lomba menulis selanjutnya.

Sekarang aku selalu fokus mengikuti lomba di Sasisabu. Aku juga fokus untuk mengejar nilai yang baik dalam mata pelajaran yang lainnya agar aku lulus . Akupun mulai membatasi waktuku bermain handphone. Karena semua yang berlebihan itu tidak baik. Berdasarkan pengalaman ini, aku belajar bahwa handphone tidak selalu membawa dampak negatif, tetapi juga memberikan dampak positif asalkan kita menggunakannya dengan benar. Harapanku kepada teman-teman, berupayalah bijak menggunakan handphone agar waktu belajarmu tidak terbuang sia-sia. Semoga pengalamanku ini bermanfaat untuk semuanya. Salam literasi, manfaatkan teknologi!

Profil penulis

Namaku Melisa. Aku lahir di Jember, pada tanggal 13 Mei 2007. Aku bersekolah di SMPN 3 Bangsalsari dan sekarang sudah kelas 9. Alamatku di Siraan Tisnogambar Bangsalsari yang lumayan jauh dari sekolah. Kritik dan saran bisa melalui no. wa 081235162201 atau email [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post