Maqhfirotul Yulia Fajariyanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
GENERASI MAJU DENGAN BERBUDAYA MEMBACA
Liputan6.com

GENERASI MAJU DENGAN BERBUDAYA MEMBACA

GENERASI MAJU

DENGAN BERBUDAYA MEMBACA

Oleh: Maqhfirotul Yulia Fajariyanto

Membaca merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati. Membaca menjadi salah satu jenis kemampuan berbahasa melalui tulisan yang bersifat reseptif karena dengan membaca seseorang akan memperoleh informasi, ilmu pengetahuan, dan pengalaman-pengalaman baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. Membaca dapat diartikan juga sebagai proses individu memperoleh makna dari cetakan. Kegiatan membaca bukan sekedar aktivitas yang bersifat pasif dan respektif saja, melainkan menghendaki pembaca untuk aktif berpikir ketika sedang melihat kata-kata yang terdapat di dalam buku.

Menurut Dalman (2014:5) menyatakan “Membaca merupakan suatu kegiatan atau proses kognitif yang berupaya untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam tulisan. Hal ini berarti membaca merupakan proses berpikir untuk memahami isi teks yang dibaca. Kita sebagai generasi penerus bangsa, harus banyak membaca. Karena membaca adalah untuk masa depan kita nantinya. Salah satu upaya untuk mencetak generasi penerus yang berwawasan luas sejak usia dini adalah dengan penanaman budaya minat baca. Minat baca adalah ketertarikan dari hati seseorang terhadap aktivitas membaca.

Dalam prosesnya, seseorang akan mengalami proses berpikir untuk memahami ide serta gagasannya secara mendalam, atau yang biasa. Dengan membaca, seseorang dapat mengasah kemampuan untuk memahami apa yang terdapat pada teks, baik yang tersurat maupun tersirat. Dengan membaca kita dapat memahami sesuatu yang awal nya tidak tahu menjadi tahu. Seperti hal nya saat kita ujian kita di tuntut untuk memahami suatu hal yang awal nya tidak kita pahami dengan cara membaca.

Pentingnya membaca bagi seorang pelajar atau mahasiswa yaitu dapat menambah wawasan, menambah ilmu pengetahuan, menambah kosakata dan tentu saja menambah semangat bagi mahasiswa dan pelajar dalam menuntut ilmu untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan membaca buku. Tetapi bukan hanya untuk pelajar atau mahasiswa saja, seorang penulis juga penting untuk membaca supaya bisa menemukan kata-kata yang lebih berimajinatif untuk menarik perhatian pembaca.

Seperti halnya saya, Ini bukan pertama kali saya mengikuti lomba menulis seperti ini, awalnya ditawarkan oleh guru saya untuk mengikuti lomba menulis ini, tetapi saya menolak tegas karena saya tahu orang seperti saya tidak kreatif dalam hal mengarang sebuah cerita dan juga saya tidak hobi membaca, jadi saya berpikir sulit untuk mengikuti lomba menulis ini kalau tidak menemukan kata-kata untuk menarik perhatian pembaca. Teman saya yang tidak minat baca juga mengikuti lomba menulis ini, dan berkali-kali memenangkannya.

Akhirnya saya bertanya kepada dia “bagaimana kamu bisa memenangkan lomba ini, sedangkan kamu tidak minat membaca seperti saya??” lalu teman saya jawab “iya saya memang tidak suka membaca, tetapi saya memaksakan diri untuk membaca supaya saya bisa mengarang cerita tentang tema lomba menulis bulan kemarin dan juga untuk bekal masuk SMA melalui jalur prestasi. Pada akhirnnya Alhamdulillah saya memenangkan lomba ini.”

Sejak itulah saya termotivasi untuk ikut lomba menulis yang diadakan oleh Media Guru. Awalnya masih ragu untuk mengarangnya, karena saya tidak menemukan apa yang mau dibicarakan ditulisan saya. Dan tante saya menyarankan untuk banyak membaca artikel milik penulis lainnya agar dapat menemukan reverensi. Sayapun mencobanya, setelah mengirimnya dan menunggu waktu berminggu-mingu untuk tahu hasilnya, sayapun terkejut dengan hasilnya bahwa saya masuk dalam 100 penulis terpilih Media Guru pada saat itu. Tak disangaka pada awalnya hasil nya akan terlihat suram dapat dirubah dengan hanya membaca dan tekad yag kuat.

Maka dari itu janganlah kamu malas membaca karena dengan membaca dapat diumpamakan sebagai papan seluncur, yang dapat membawa kita berselancar di dalam ilmu pengetahuan dan Pendidikan. Dan juga membuat masa depan kita yang cerah.

Biodata Penulis

Halo nama aku Maqhfirotul Yulia Fajariyanto kalian bisa panggil Ifroh, aku siswi kelas IX SMPN 5 PAMEKASAN, aku tinggal di dsn.lombang, desa.buddagan, kabupaten pamekasan, provinsi jawa timur. Jika ada yang mau berkanalan denganku bisa saja hubungi aku dinomor 085334857668 atau DM di Instagram @chxifrh Email ku [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post