Maiza Lana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Berkah Teknologi, Sukseskan Diri

Di abad ke-21 ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (IPTEK) berkembang sangat signifikan. Banyak ilmuwan dunia yang menyumbangkan ilmunya dan ikut serta dalam berbagai proyek pengembangan teknologi. Teknologi yang berkembang melimpah jenisnya. Namun sacara umum , teknologi dibedakan menjadi dua yaitu, teknologi informasi dan komunikasi atau IPTEK. Perkembangan IPTEK yang menyebar di seluruh dunia merupakan dampak dari globalisasi. Seperti yang kita ketahui bersama, fenomena globalisasi yang terjadi berpengaruh pada penyebaran informasi dari dalam maupun luar negeri secara ceat dan tanpa batas. Hal ini yang menyebabkan banyak warga negara Indonesia maupun dunia berlomba. – lomba untuk memanfaatkan teknologi yang berkembang untuk berbagai macam kepentingan.

Dalam dunia pendidikan, banyak knowledge atau ilmu pengetahuan yang membahas tentang teknologi. Mulai dari definisi teknologi, bentuk implementasi teknologi, dan gejala sosial-ekonomi dan sosial-budaya yang timbul karena pengaruh perkembangan teknologi itu sendiri. Misalnya saja mata pelajaran Informatika, mata pelajaran ini memaparkan bagaimana implementasi teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan nyata. Di dunia pendidikan juga terdapat mata pelajaran yang mengkaji gejala sosial-ekonomi dana sosial-budaya yang timbul akibat perkembangan teknologi. Salah satunya adalah cabang ilmu pengetahuan IPS. Pada mata pelajaran ini akan dikupas tuntas apa saja gejala sosial-ekonomi dana sosial-budaya yang ditimbulkan. Kemudian, hasil kajian tersebut akan dicari kekurangan dan kelebihan perkembangan teknologi. Yang memiliki tujuan yaitu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuk nyata dari implementasi teknologi dalam bidang pendidikan adalah penggunaan sarana dan prasarana ketika proses Belajar Mengajar. Banyak jenis yang ditawarkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah atau Madraaah. Terutama bagi siswa – siswi ketika belajar membutuhkan informasi lebih lengkap.

Pada umumnya, materi yang terdapat di dalam buku hanya dasarnya saja, tidak terlalu detail. Karena, kurikulum saat ini berbeda dengan kurikulum pada saat tahun 90-an. Yang mana, kurikulum di tahun 90-an materi yang disajikan sangat kengkap. Lain halnya dengan kurikulum baru yang berlaku beberapa tahun belakangan. Materi yang terjadi dalam buku pelajaran tidak terlalu detail, namun tersedia scanner barcode yang menyediakan informasi lebih lengkap dari materi yang dijelaskan. Tentunya, untuk membuka materi lengkap yang ada di barcode membutuhkan saran untuk melihatnya, yaitu menggunakan gadget.

Gadget yang notabenenya adalah output dari perkembangan teknologi, digunakan untuk menunjang kegiatan belajar siswa – siswi. Kemudahan akses materi yang dirasakan siswa – siswi akan sangat berpengaruh pada pencapaian atau prestasi siswa.

Aplikasi penunjang belajar siswa juga sudah sangat banyak tersedia di internet. Bisa diakses kapan pun dan dimana pun sesuai kondisi siswa. Fitur – fitur yang ditawarkan juga menambah rasa ketertarikan siswa pada materi belajar. Aplikasi maupun website yang tersedia untuk penunjang aktivitas belajar siswa dihasilkan dari perkembangan teknologi dunia yang suda sangat maju. Berbagai kemudahan yang didapatkan siswa – siswi sangat membantu dalam proses belajar. Prestasi yang ditorehkan siswa – siswi juga meningkat karena kemudahan yang didapatkan.

Maka dari itu, kita sebagai pelajar Indonesia hendaknya menggunakan teknologi yang tersedia untuk hal – hal yang bisa membantu proses belajar kita. Agar, ilmu yang kita dapat maksimal dan tidak disalah gunakan. Karena, keyakinan yang baik tidak akan datang kecuali didasari dengan ilmu yang bermanfaat.

Kesuksesan akan tercapai ketika kita disiplin dan pandai melihat segala peluang untuk belajar. Salah satunya adalah kemudahan akses materi pelajaran karena pesatnya perkembangan teknologi. Banyak informasi yang tersedia di internet untuk menunjang proses belajar dan tentunya berprestasi. Jangan pernah sekali - kali menyia-nyiakan peluang yang ada di hadapan kita. Karena boleh, jadi peluang sekecil apapun bisa membuka lebar pintu kesuksesan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post