Mahesi Istiwan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
My Favorite Rawon

My Favorite Rawon

Assalamualaikum Wr Wb…Perkenalkan nama saya Mahesi Istiwan,bisa dipanggil Hesi atau Mahesi.

Sekarang saya akan memperkenalkan kuliner tradisional khas Indonesia dari daerah Jawa Timur [Surabaya], Salah satunya adalah Rawon. Rawon merupakan kuliner tradisional khas dari daerah Jawa Timur. Sejarah rawon yang menurut catatan sudah ada sejak 1.000 tahun lalu ini karena penemuan sebuah prasasti bernama prasasti Taji. Dalam prasasti tersebut rawon disebut sebagai hidangan dengan nama rarawwan. Nah, rarawwan ini adalah rawon yang saat ini kita kenal. Ternyata, hidangan rawon ini juga memiliki banyak jenisnya, dengan sentuhan khas berbeda di masing-masing wilayahnya. Ciri khas rawon adalah kuahnya yang berwarna cokelat ke hitaman. Bumbu identik yang membuat kuahnya berwarna kehitaman ini dinamakan kluwek. Meskipun sejarah rawon berasal dari Jawa Timur, namun sejak dahulu rawon juga sudah dikenal dan dinikmati oleh masyarakat di Jawa Tengah bagian timur.

Ibu saya keturunan Jawa Timur, dan bude saya juga orang Jawa Timur jadi itulah sebabnya saya sangat suka sekali dengan Rawon. Ibuku dan budeku sering membuatkanku sayur rawon untukku dan adik perempuanku. Yang terbayang dalam ingatan saya Ketika mendengar kata Rawon adalah kuahnya yang berwarna hitam dan rasanya yang lezat.

Untuk membuat sayur rawon bahan-bahan yang digunakan adalah kemiri, kunyit, serai, daun jeruk, ketumbar, jinten, bawang merah, bawang putih, jahe, daun salam, merica, laos dan yang tidak boleh ketinggalan adalah bintang primadonanya yaitu kluwak atau pucung.

Untuk menikmati semangkuk rawon dapat dilengkapi dengan daun bawang, bawang goreng, kecambah, irisan telur asin dan kerupuk udang. Untuk kesegarannya dapat ditambahkan perasan jeruk nipis dan sambel. Daging yang digunakan untuk membuat sayur rawon adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil yang berbentuk dadu. Namun, tidak semua bagian daging sapi cocok diolah menjadi rawon.

Bagian-bagian daging sapi yang digunakan untuk membuat sayur rawon adalah sengkel berasal dari bagian depan kaki sapi, iga sapi, sirloin atau daging pinggang dan daging sapi brisket atau sandung lamur. Untuk menambah kelezatan kuah rawon dapat menggunakan air kaldu rebusan dagingnya.

Sekarang untuk menikmati rawon kita tidak harus pergi ke Jawa Timur karena sudah banyak rumah makan yang menyediakan menu makanan khas Jawa Timur terutama rawon. Seperti rumah makan rawon setan, rawon nguling, rawon setan mbak Endang dan lain sebagainya. Sehingga semua orang dapat menikmati rawon tanpa harus pergi ke Jawa Timur.

Tetapi yang jadi favoritku adalah rawon buatan ibuku dan budeku. Selain rawon semua masakan khas Jawa Timur saya suka, seperti rujak soto, soto lamongan dan lain-lain.

Ini makanan khas nusantara kesuakaan ku….bagaimana dengan kalian?

Apa makanan khas nusantara favorit kalian?

Yukkk….kalian isi dikolam komentar dibawah ini….

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima Kasih...

08 Jul
Balas

Waaah...enak sekali rawonnya..

08 Jul
Balas

Terima Kasih..

08 Jul

kalau makanan favoritku soto babat..itu makanan khas betawi loh...

09 Jul
Balas

Terima kasih. Wah soto babat enak tuh..pastinya khas betawi yaah,

09 Jul

kalau makanan favorit saya soto mie bogor. wah pasti lezat rawonnya.

09 Jul
Balas

Terima Kasih..aku juga suka sotomie..

10 Jul

makanan favoritku kasih tahu...tidak yaah...kasih tahu saja deh...karedok pastinya...

14 Jul
Balas

wah lezat pastinya..mudah-mudah tidak pedas keredoknya..he..he..terima kasih

15 Jul

aku suka kuliner seblak. enak loh.. apalagi super pedas..he..he.

15 Jul
Balas

Wow..super pedas.aku belum berani..paling levelnya yg biasa.terima kasih

15 Jul

Wah enak tuh..kalau saya paling suka tongseng kambing...nyam2..lezat

14 Jul
Balas

tongseng kambing..ayahku juga suka banget..Terima kasih

15 Jul

Mahesi istiwan...sama tuh..aku juga suka rawon..tapi..aku suka yg pedas..wueenak sekali..

14 Jul
Balas

Terima Kasih..sama dong kak..aku juga suka sekali rawon.

15 Jul

Kalau aku suka gado-gado..aku belum pernah coba makan rawon.kayanya enak tuh..nanti aku akan coba deh..lezat kayanya..tampilan rawonnya menggoda selera.

15 Jul
Balas

Gado-gado aku juga suka..gado-gado pastinya banyak sayurannya.terima kasih

15 Jul

makanan favorit saya. ayam bakar kalasan..saya waktu itu pernah makan rawon.rasa lezat..dengan perasan jeruk nipis.

15 Jul
Balas

Aku juga suka ayam bakar..terima kasih kaka

15 Jul

hmmm,,,,,enak sekali,,,,makasih sdh di follow

11 Aug
Balas

wah..sama2 kaka gilbran..salam kenal

12 Aug



search

New Post