Luna dela oktaria

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Batagor Andalan di Jember

Batagor Andalan di Jember

Batagor Andalan di Jember

Oleh: Luna Dela

Batagor adalah makanan favoritku. Biasanya saya membeli batagor yang lokasinya berada di depan SMP Negeri 7 Jember. Aku membeli batagor hampir setiap hari (soalnya dhemen banget sih). Harga satu porsi batagor adalah lima ribu. Nggak mahal-mahal banget.

Batagor merupakan singkatan dari bakso, tahu goreng yang disajikan dengan saus kacang dan kecap. Rasa batagor berlanggananku sangat enak. Apalagi bumbu kacangnya. Nempel banget di lidah. Abang penjualnya juga sangat ramah. Tempatnya pun lumayan bersih, meskipun menjualnya di pinggir jalan. Batagor ini buka sekitar pukul sepuluh pagi dan tutup saat sore hari.

biasanya aku beli batagor sepulang sekolah. Sebenarnya batagor ini nggak cuman ada di depan SMP Negeri 7 nih, teman-teman. Di daerah kampus juga banyak lho.(Kayaknya si Abang Batagor ngerti banget kalau banyak penggemarnya). Yang di kampus rasanya juga nggak kalah enak kok. Tapi entah mengapa, aku lebih suka yang di depan SMP Negeri 7.

Saat liburan kemarin, aku dan keluarga berkunjung ke rumah nenek. Saat malam hari, aku dan sepupuku pergi jalan-jalan. Saat itu, saya melihat seorang pedagang batagor yang sangat ramai pembeli. Tentu saja saya langsung tertarik untuk ikutan membeli. Aku langsung pesan satu porsi. Saat aku cicipi wow, ternyata rasanya nggak kalah enak dari batagor yang biasa aku beli. Penjualnya juga sangat ramah.

Ada dua jenis batagor. Yang pertama adalah batagor ikan tenggiri dan yang kedua adalah batagor ayam. Konon katanya batagor dibuat karena ketidaksengajaan pemuda rantau dari Jawa Tengah yang bernama, Muhammad Ihsan Kamil. Batagor termasuk salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat. Sebagai informasi, bahan membuat batagor adalah tahu, tepung tapioka, dan ikan tenggiri. Batagor ini berasal dari Bandung. Batagor sangat populer di Jawa Barat.

Batagor ada banyak macamnya. Ada beberapa rumah makan yang meyajikan batagor dengan siomay, contohnya Batagor Trunojoyo Kang Haqi. ane juga belum pernah nyoba sih. Namun aku lihat rating di Google, kuliner itu mendapat bintang 4/5. Harga batagor satu porsi adalah 17.000 rupiah. Batagor Kang Haqi juga tersedia di Gofood, Grabfood, Shopeefood. Batagor Kang Haqi buka setiap hari dari pukul 17.00 sampai 23.00.

Selain Batagor Kang Haqi juga ada beberapa rumah makan batagor yang lain yaitu Batagor Qu yang terletak di Jalan.Riau No 14-4,Krajan Barat, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Batagor Qu ini juga buka setiap hari dari pukul sepuluh pagi sampai sembilan malam. Batagor Qu bisa dimakan di tempat atau juga bisa dibawa pulang.

Yang kedua, Siomay Batagor Neng Pepie yang terletak di Jalan Mastrip Blok G Nomor 23, Krajan Barat, Sumbersari, Kabupaten Jember. Siomay dan Batagor Neng Pepie buka setiap Senin-Sabtu dari pukul sembilan pagi sampai pukul tiga sore hari. Setiap hari Minggu, warung ini tutup. 3

Ketiga, siomay dan batagor Keluarga Asli Bandung [Pujasera Jklin]. Kuliner yang satu ini terletak di Jalan Citarum Nomor 21, Kampung.Using, Jember Lor, Kecamatan Patrang, Jember. Siomay dan Batagor Bandung Family Original [Pujasera Jklin] buka setiap hari Senin – Sabtu pukul sebelas hingga sembilan malam. Khusus hari Minggu, buka dari pukul 12.00 sampai 21.30. Buat temean-temean yang lagi berkunjung ke Jember, kalian bisa berburu kuliner atau juga kalian bisa membeli batagor yang saya rekomendasikan tadi. Saya tunggu kedatangannya ya?

***

Bumi Martsanda, 20 Juli 2022

PENULIS BIODATA

Halo semua, kenalin namaku Luna Dela Oktaria. Kalian bisa panggil aku Luna. Aku berasal dari Jember, Jawa Timur. Aku lahir pada tanggal 21 Oktober 2007. Aku jual di MTS NEGERI JEMBER, aku sekarang duduk di bangku kelas 9. Hobiku adalah membaca novel. Kalo kalian punya kritik dan saran, kalian bisa kirim ke e-mail ku. [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post