Levina wiestiayu putri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Demokrasi di lingkungan sekolah

Demokrasi adalah kata yang berasal dari bahasa yunani yakni demos yang berarti rakyat dan kratos yang artinya yaitu memerintah. Dan pengertian demokrasi menurut istilah yaitu pemerintahan yang berasal dari rakyat,untuk rakyat,dan oleh rakyat. Dan pada pembahasan kali ini akan membahas demokrasi yang ada di lingkungan sekolah.

Ada banyak kegiatan peristiwa demokrasi yang ada di sekolah,beberapa penerapan nya yaitu seperti pemilihan ketua OSIS,ikut serta dalam kegiatan sekolah,saling menghargai pendapat teman yang lain dan masih banyak lagi. Dan disini akan membahas 3 topik tersebut.

Pertama yaitu pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS.Pemilihan ketua OSIS diselenggarakan dengan asas-asas seperti langsung,umum,adil,dan jujur. Para siswa,guru,dan staf SMP juga memilih dengan bebas tanpa paksaan dan sesuai asas yang berlaku,pemilihan ketua dan wakil OSIS ini terlaksanakan dengan lancar dan tanpa ada kendala karena dengan adanya kerjasama para siswa dan guru melaksanakan demokrasi di sekolah dengan baik.

Kedua yaitu ikut berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. seperti contohnya yaitu mengikuti kegiatan open house,kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan sekolah kami kepada para siswa di sekolah dasar yang mungkin tertarik dengan sekolah kami,kegiatan ini pun berjalan dengan lancar karena demokrasi yang terjadi di sekolah kami selalu berjalan dengan baik.

Yang ketiga adalah saling menghargai pendapat guru dan teman yang mungkin pendapatnya berbeda dengan pendapat yang kita ajukan,tetapi setiap pendapat apapun itu harus selalu kita hargai dimana pun dan kapan pun demi terlaksananya demokrasi yang baik bagi kehidupan sehari-hari terutama di sekolah.

Dan dari itu tujuan berdemokrasi ialah memberikan warga negara kebebasan untuk berpendapat dan berekpresi / mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan berpikir demokratis

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post