Kyella Luthfi Shafira

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Saya Pramuka Garuda Siaga, Saya Berkarya

Saya Pramuka Garuda Siaga, Saya Berkarya

Saya Pramuka Garuda Siaga, Saya Berkarya

Oleh: Kyella Luthfi Shafira

SD Negeri 2 Belor, Kabupaten Grobogan

Pramuka Garuda adalah pramuka yang tingkatannya paling tinggi di setiap golongannya. Ada Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Bagi anggota pramuka yang mencapai tingkat terakhir dalam golongannya dapat mengajukan pramuka garuda. Caranya mengajukan atau diajukan oleh gugus depan kwartir melalui pembina gugusan (gudep). Nanti anggota pramuka akan diuji kelayakannya untuk naik ke level pramuka garuda. Setelah itu kwartir akan melihat dan memprioritaskan anggota pramuka tersebut. Dalam penilaian ada tim penilai dari kwartir cabang yang ditunjuk. Kemudian nanti akan melibatkan orang tua, pembina gudep, dan tokoh masyarakat disekitar rumah kita.

Syarat uji pramuka garuda tidak hanya menyelesaikan SKU saja. Tetapi ada syarat lain yang harus diselesaikan juga. Apa saja itu? Syarat-syarat uji pramuka garuda siaga antara lain: Menjadi contoh yang baik dalam Perindukan Siaga, di sekolah, atau di lingkungan pergaulannya, sesuai dengan isi Dwisatya dan Dwidarma . Telah menyelesaikan SKU level Siaga Tata . Telah memiliki Tanda Kecakapan Khusus untuk Pramuka Siaga, sedikit-dikitnya enam macam dari tiga bidang Tanda Kecakapan Khusus. Dapat menunjukkan hasta karya buatannya sendiri sedikit-dikitnya sembilan macam dengan menggunakan sedikit-dikitnya tiga macam bahan. Pernah Mengikuti Pesta Siaga, sedikitnya dua kali. Dapat membuktikan dirinya sebagai penabung yang rajin dan teratur. Dapat mempertunjukkan gambarannya di depan umum dalam salah satu seni budaya. Syarat-syarat itu telah sesuai dan diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Pengalaman ini saya lalui saat uji pramuka garuda siaga. Saat itu saya masih kelas tiga. Saya mengajukan uji pramuka garuda siaga setelah memenuhi syarat untuk penggunaan umum (SKU) tingkat siaga tata. Waktu itu saya diuji di SD Negeri 1 Wirosari, Grobogan, Jawa Tengah. Saya takut dan minder saat itu. Karena ada puluhan pramuka siaga lainnya yang siap diuji juga. Lalu diberi semangat oleh pembina pramuka di gudep pangkalan saya dan orang tua juga. Karena syaratnya harus mengajak orang tua, maka bapak saya mengajak untuk mendampingi uji pramuka garuda. Meskipun jarak rumah saya jauh dari lokasi uji pramuka saya tetap semangat mengikutinya. Karena ada dukungan dan pendampingan dari orang tua.

Selain itu, saya lebih yakin ikut uji pramuka garuda siaga karena sudah berkarya. Saya telah menulis buku solo yang berjudul “Ini Puisiku”. Di dalam buku itu berisi kumpulan puisi-puisi keseharian saya. Kemudian saya menulis buku lagi yang berjudul “Persahabatan Burung, Koala, dan Monyet”. Buku cerita bergambar ini menceritakan tentang persahabatan hewan di dalam hutan. Kedua buku itu juga yang membuat saya merasa tidak percaya diri dihadapan penguji. Namun, kini saya telah memasuki golongan pramuka penggalang. Saya sudah mempersiapkan diri lagi untuk berkarya demi orang tua, agama, bangsa dan negara.

Setelah uji pramuka garuda siaga selesai, penguji langsung mengumumkan hasilnya. Alhamdulillah, saya dinyatakan lolos sebagai pramuka garuda siaga. Saya menangis dan tertawa bahagia karena saat itu saya masih sangat kecil dan baru kelas tiga. Kemudian acara pelantikan dilaksanakan di halaman SD itu juga. Terlihat bapak serta para pembina saya saya melihat upacara pelantikan yang ditandai dengan pengalungan medali pramuka garuda siaga.

Inilah pengalaman saya sebagai pramuka garuda siaga yang selalu siap untuk berkarya. Berkarya demi nusa dan bangsa. Berkarya demi orang tua dan masyarakat. Berkarya untuk mengembangkan diri agar menjadi orang yang berguna nantinya. (KLS)

Profil penulis:

Salam Pramuka!

Hai teman-teman. Namaku Kyella Luthfi Shafira , biasa dipanggil Fira. Di Grobogan tanggal 29 Januari 2011 saya dilahirkan. Saya sekolah di SD Negeri 2 Belor yang beralamat di Jalan Ki Soguno, Dusun Kedung Jeruk, Desa Belor, Kecamatan Ngaringan, kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Kode Pos 58193. Saya sudah berkarya dengan menghasilkan dua buku loh. Selain itu saya juga sudah dilantik menjadi Pramuka Garuda Siaga. Adakah teman-teman yang sudah Pramuka Garuda?

Oya, saya tinggal di Dusun Singopranan RT 05, RW 02, Desa Belor, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Kode Pos 58193. Jika teman-teman mau berkenalan, bisa menghubungi alamat rumahku. Namun jika mau whatsapp dan telepon bisa ke nomor 085226293317 atau melalui surat elektronik, [email protected]

Semangat berkarya dan salam literasi!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih semuanya

04 Feb
Balas

Mantapppzzz

04 Feb
Balas

Makasih

04 Feb



search

New Post