Kisti adatul khoiroh

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Perpustakaan menuntunku jadi seorang da'i

Perpustakaan menuntunku jadi seorang da'i

Perpustakaan Menuntunku Jadi Seorang Da’i

Oleh: Kisti Adatul Khoiroh

SMPN 3 Bangsalsari

Sobat yang beriman! Tahukah peran perpustakaan menurut Islam ? Perpustakaan merupakan sarana belajar berbagai ilmu pengetahuan Sejarah Islam menyatakan bahwa perpustakaan pada masa lalu dan sekarang pun mempunyai fungsi dan peran yang besar dalam membangun peradaban dan kejayaan Islam.

Banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang dihasilkan oleh cendikiawan muslim yang kemudian karyanya disimpan di dalam perpustakaan selama berabad abad. hal ini menunjukkan bahwa peran perpustakaan pada masa awal Islam sangat penting dalam pengembangan dan memajukan masyarakat.

Al Qur'an memandang perpustakaan sebagai sarana yang sangat penting untuk bisa mengubah suatu bangsa yang semula tidak memahami apa apa menjadi bangsa yang berpengetahuan dan memiliki peradaban yang tinggi.

Adapun surat yang berkaitan dengan perpustakaan ialah Surat Yunus ayat 101. Yang artinya: "Katakanlah, perhatikanlah apa yang ada di langit dan dibumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan ALLAH SWT. dan rasul rasulnya yang memberi peringatan bagi orang orang yang tidak beriman."

Makna perpustakaan dalam ayat ini ialah: ALLAH SWT. memerintahkan kepada nabi MUHAMMAD SAW ( beserta umatnya) untuk memperhatikan apa yang ada di langit dan di bumi secara lebih mendetail. Perintah ini mengandung maksud agar manusia menggunakan akalnya untuk mempelajari dan meneliti apa yang ada di langit dan di bumi. Kaitan dengan ilmu perpustakaan juga meski segala sesuatunya dipelajari agar bermanfaat. Karena suatu ilmu itu harus dibagikan, agar kelaknya tetap menjadi amalan bagi kita.

Melalui perpustakaan inilah aku banyak belajar tdan banyak membaca. Bertambahnya wawasan, pengetahuan dan informasi serta pengalaman baik dari diri endiri dan orang lain menjadikanku percaya diri. Saat ada Lomba Da’i Cilik dan Tahfiz , kuberanikan diri untuk ikut. Lomba yang iselenggarakan oleh Kabupaten dalam mengisi kegiaan i bulan Ramadhan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Bermodalkan pengetahuan dan keberanian yang kumiliki, aku berhasil meraih juara pertama. Berawal dari inilah, aku sering didaulat mengisi ceramah di kegiatan Isro Mi’roj dan Maulid Nabi di beberapa kampung hingga beberapa desa. Aku yang saat itu masih duduk di bangku Tsanawiyah tetap berupaya untuk melanjutkan sekolah lebih tinggi agar kelak cita-citaku menjadi seorang da’i atau penceramah memiliki kompetensi yang handal serta memiliki pengetahuan yang luas

Hikmah keberadaan perpustakaan mampu mengubah kondisi seseorang. Maka, tak dapat dipungkiri kalau perpustakaan membawa dampak positif bagi siapapun yang ingin belajar dan menimba ilmu pengetahuan.Yang jelas bagi kita sebagai pelajar, adanya perpustakaan bisa menimbulkan kecintaan para siswa terhadap budaya minat baca, memperkaya pengalaman belajar selain di ruang kelas, menanamkan kebiasaan belajar mandiri dan belajar sepanjang hayat, dan juga mempercepat penguasaan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.

Sekarang, ayo! semangat untuk menggali dan mencari informasi dari perpustakaan karena perpustakaan juga berperan penting bagi masa depan kita semua!

Profil Penulis

Namaku kisti adatul khoiroh. Aku lahir di Jember pada tanggal 31 Desember 2010. Aku bersekolah di SMPN 3 Bangsalsari. Sekarang aku duduk di bangku kelas 7a. Rumahku di dusun petung glagasan. Kritik dan saran bisa melalui email [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post