Khoirunnisa Azzahra

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

RANGKUMAN HASIL DISKUSI KELOMPOK HARI PERTAMA

Jadi aku akan menjelaskan bagaimana hasil diskusi dari kelompok 1 yaitu mengenai pengaruh game online terhadap prestasi peserta didik dan kelompok 2 yaitu mengenai pengaruh media sosial di kalangan remaja.

1. Pengaruh game online terhadap prestasi peserta didik.

Pada era yang serba digital dan modern seperti sekarang ini, marak beberapa game berbasis online. Anak-anak zaman sekarang yang lebih sering bermain game online sehingga konsentrasi nya terganggu, contohnya saat guru mengajar dan menjelaskan materi peserta didik tidak fokus mendengarkan pikirannya hanya berfokus pada game. Anak yang ketergantungan dengan game online akan mempengaruhi aktivitas belajar mereka dan menyebabkan prestasi belajar peserta didik menurun.

Tetapi dari game online ini juga memiliki dampak positif yaitu, bertambahnya aktivitas otak, pengetahuan baru (contohnya, dari game tersebut terdapat unsur pelajaran tentang budaya atau sejarah), dapat membuat peserta didik dapat berpikir cepat, dan menjadi pribadi yang teliti dan lebih konsentrasi. Nah, bermain game online juga ada dampak positifnya bila kita menggunakannya dengan baik dan tidak berlebihan.

Dampak negatifnya pun pasti ada yaitu, kita akan menjadi orang yang anti sosial maksudnya adalah kebanyakan anak yang akan lebih memilih bermain game di rumah daripada bermain bersama teman-teman di luar, lalu game online akan menurunkan tingkat konsentrasi anak juga, penurunan konsentrasi belajar (fokus belajar menjadi kurang karena tergantikan oleh game).

Dapat disimpulkan bahwa game online sangat mempengaruhi prestasi peserta didik. Bagi siswa bermain game online dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa jika dimainkan secara berlebihan. Peserta didik akan susah konsentrasi di pelajaran sekolah. Bermain game online akan lebih banyak dampak negatifnya jika dimainkan secara tidak baik. Jadi apabila internet atau game online tersebut digunakan untuk meningkatkan prestasi atau kemampuan kalian akan memberikan manfaat yang baik bagi peserta didik begitupun sebaliknya.

2. Pengaruh media sosial di kalangan remaja

Media sosial sangat dibutuhkan oleh semua orang termasuk di kalangan remaja. Di kalangan remaja media sosial dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, kita membutuhkan media sosial seperti untuk berkomunikasi jarak jauh, sebagai media untuk belajar dan untuk menambah wawasan kita. Media sosial juga dapat digunakan sebagai tempat curhat tentang keluarga maupun percintaan, untuk mendapatkan teman-teman baru melalui aplikasi seperti Instagram, Tik Tok , WhatsApp, Twitter dan aplikasi lainnya.

Dampak positif lainnya dari media sosial adalah kita dapat mengembangkan diri dari media sosial contohnya seperti remaja yang memiliki kemampuan dalam bermain game, remaja tersebut dapat mengikuti perlombaan perlombaan dari berbagai game. Namun, dari banyaknya manfaat dari media sosial, media sosial juga akan memberikan efek candu dan akan membuat kita menjadi terlalu sering atau berlebihan dari menggunakan media sosial tersebut. Selain dampak positif banyak juga dampak negatif akibat media sosial yaitu, remaja akan lebih mementingkan kehidupan di media sosialnya daripada dengan kehidupan nyata, menjadikan seorang remaja malas belajar dan jika kita terlalu lama bermain atau hanya diam bermain media sosial mungkin kita akan jarang beraktivitas atau berolahraga dan akan mengakibatkan kesehatan fisik yang buruk. Sosial Media memiliki dampak besar pada kehidupan kita saat ini. Seseorang yang asalnya kecil seketika akan menjadi besar dengan media sosial begitupun sebaliknya.

Jadi kita harus pintar dan bijak dalam menggunakan media sosial, apabila kita dapat memanfaatkan media sosial banyak sekali manfaat yang dapat kita dapat seperti memperluas pertemanan, memperluas wawasan mengenai ilmu pengetahuan dari aplikasi seperti Google. Tetapi jika kita menggunakan media sosial untuk tujuan yang buruk kita juga akan terkena dampak negatifnya. Orang yang pintar dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mempermudah hidupnya bukan untuk menyusahkan hidupnya.

Jakarta, 25 Januari 2023

Tulisan ke 3

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post