Khoirunnisa Azzahra

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
HASIL DISKUSI YANG BERMANFAAT

HASIL DISKUSI YANG BERMANFAAT

Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh...

Haii teman-teman semua, saya disini akan menyimpulkan hasil diskusi kelompok 5 yaitu tentang "Pentingnya Beretika saat Berbicara" dan kelompok 6 yaitu tentang "Kesadaran dalam Kebersihan Lingkungan". Semoga bermanfaat yaaa...

1. Pentingnya beretika saat berbicara (kelompok 5).

Etika bicara adalah suatu berkata, bercakap, berbahasa dengan baik dan sopan. Prinsip kita untuk beretika dalam berbicara adalah berbicara jika ada perlunya dan berbicara pada waktu yang tepat contohnya saat kita sedang berdiskusi dengan teman dan teman kita sudah berbicara kita tidak boleh memotong pembicaraannya.

Dampak positif dari kita bisa beretika dan berbicara dengan baik adalah dapat menumbuhkan sikap saling menghargai dengan lawan bicara, mereka akan nyaman dengan arah pembicaraan kita. Kita akan dinilai baik oleh orang lain dari cara berbicara kita yang baik dan sopan.

Selain itu dampak negatif jika kita tidak bisa beretika saat berbicara adalah orang-orang yang berbicara dengan kita akan tidak nyaman, kita tidak akan dihormati dan dijauhi dikarenakan kasar atau toxic, diri kita akan dinilai buruk dan akan merusak nama baik keluarga karena orang memiliki bahwa sikap bicara kita yang buruk berawal dari etika keluarga kita.

Bagaimana jika salah satu teman kita tidak bertiga dalam berbicara? Yang harus kita lakukan adalah memperingatinya dan memberitahu dampak buruk dari etika saat berbicara yang buruk. Tetapi jika hal tersebut tidak bisa merubah etika teman kita mungkin dikarenakan ia bergaul dengan orang-orang yang tidak baik dan dari diri kita sendiri juga harus bisa introspeksi diri untuk bisa beretika dengan baik.

Aktifnya adalah dengan melatih sikap berbicara dan bertutur kata yang baik, menjauhi lingkungan yang toksik dan mendekatkan diri kita kepada lingkungan pertemanan yang baik. Etika berbicara sangat penting untuk kita sebagai masyarakat karena banyak ikan yang baik memiliki nilai-nilai sopan dan santun yang akan membuat kita dihargai oleh orang lain. Jika kita bertiga dalam berbicara dapat melancarkan komunikasi dengan orang lain maka hubungannya sudah terjalin dapat lebih erat.

2. Kesadaran dalam kebersihan lingkungan (kelompok 6).

Dalam lingkungan hidup tentunya penting untuk menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri yang akan menimbulkan rasa nyaman dan sehat pada diri sendiri. Menjaga kebersihan dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti membuang sampah bertempatnya dan ikut serta dalam bergotong-royong membersihkan lingkungan masyarakat. Tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masih tergolong rendah dikarenakan masih banyak masyarakat masyarakat yang membuang sampah di jalan, sungai dan berbagai tempat lainnya secara sembarangan.

Jika masih banyak masyarakat melakukan hal-hal tersebut akan terjadi dampak negatifnya yaitu, timbulnya penyakit demam berdarah akibat dari lingkungan rumah atau masyarakat yang kotor, menimbulkan bencana banjir yang disebabkan sampah yang menyumbat aliran air sungai.

Maka dari itu, kesadaran dalam kebersihan lingkungan sangat penting mulai dari diri kita sendiri dan lingkungan masyarakat. Namun, bagaimana jika masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan? Mungkin jika masih banyak masyarakat seperti itu akan diberikan sanksi atau hukuman dan denda yang setimpal. Tetapi hal tersebut mungkin tidak dihiraukan oleh masyarakat, maka untuk memiliki kesadaran tersebut dimulai dari diri kita sendiri. Dari diri kita sendiri harus bisa berpikir dampak apa saja yang akan terjadi bila kita tidak bisa menjaga kebersihan.

Tentunya kita sendiri juga pasti tidak akan nyaman dengan lingkungan yang kotor. Dengan adanya lingkungan yang sejuk dan sehat akan terhindar dari penyakit, dan tidak akan menimbulkan bencana banjir. Jadi jaga kebersihan meskipun dari hal kecil dahulu karena hal tersebut pun akan berpengaruh terhadap lingkungan pada masyarakat.

Baik teman-teman semua, jadi itu saja yang dapat saya simpulkan. Semoga kalian dapat mencerna dengan baik dan dapat menerapkan sikap beretika dengan baik dan memiliki kesadaran terhadap kebersihan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Tulisan 5

Rabu, 2 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post