Khalisha almaira

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Sucikan Hati, Tingkatkan Prestasi

Sucikan Hati, Tingkatkan Prestasi

Disusun oleh

Khalisha Almaira

Kelas 9 Hafsah

Bismillahirrahmanirrahim. Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang. Dengan ini izinkanlah saya Khalisha Almaira untuk mengikuti lomba menulis dengan Tema “Sucikan Hati, Tingkatkan Prestasi”.

Sebelumnya apakah teman-teman tau mengapa kita harus mensucikan hati kita? Karena Hati yang suci adalah hati yang di penuhi dengan iman, hidayah, dan Cahaya Ilahi. Di dalamnya pun terdapat luapan rindu, cinta, ketaatan, dan kepatuhan terhadap Allah SWT. Rasulullah s.a.w pernah berkata; ‘’Ketahuilah kamu di dalam badan manusia terdapat segumpal darah. Apabila baik maka baiklah keseluruhan tingkah lakunya. Ketahuilah kamu bahwa ia adalah hati’’.

Kita sebagai pemuda yang merupakan generasi penerus mempunyai peranan penting dalam Pembangunan bangsa. Pemuda sebagai agent of change (agen perubahan) adalah asset bangsa yang menentukan harapan dan masa depan bangsa. Untuk itu kita sebagai generasi muda harus dapat menggali potensi yang ada di dalam diri kita dengan terus berusaha belajar, berlatih, memperbaiki diri dan berkarya meraih prestasi. Baik prestasi akademik maupun prestasi seni dan budaya.

Dalam meraih prestasi ini harus diniatkan dengan hati yang suci dan bersih sehingga kita dapat memotivasi diri sendiri dan melakukan aktifitas dengan fikiran dan tingkah laku yang positif.

Kita harus dapat memotivasi diri sendiri untuk dapat berusaha memperbaiki kekurangan dan meningkatkan prestasi, sesuai dengan ajaran Islam Alloh SWT berfirman dalam Sebagian surat Ar-Ra’d ayat 11 yaitu : “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” Ini berarti kita harus dapat memotivasi diri untuk berusaha merubah keadaan untuk lebih memperluas ilmu pengetahuan maupun agama dan berprestasi.

Selan motivasi diri, di dalam hati yang suci kita selalu menanamkan sikap “Husnuzhon” yaitu berprasangka baik kepada Alloh SWT.

Sebagai hamba-Nya yang selalu mendapatkan rahmat dan karunia, hendaknya kita selalu berbaik sangka kepada Allah SWT. Berbaik sangka kepada Allah dilakukan dengan mengharap ridho Allah, berdoa, tawakal, serta memohon ampunan dan pertolongan. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

“Allah Ta’ala berfirman, “Aku berdasarkan prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Apabila ia berbaik sangka, maka ia akan mendapatkan kebaikan. Jika berprasangka buruk, maka ia mendapatkan keburukan.” (HR. Ahmad).

Ini berarti jika kita ingin mendapat kebaikan dari Allah SWT yaitu mendapatkan prestasi yang baik , maka hendaklah berbaik sangka kepada-Nya. Jika kita berbaik sangka kepada Allah, maka kebaikan akan datang kepada kita. Namum sebaliknya jika kita selalu berburuk sangka kepada Allah, menyalahkan semua musibah pada Allah, maka hanya keburukan lah yang akan datang.

Dengan Huznuzhon berprasangka baik kepada Alloh berarti kita juga menanamkan sikap yang optimis atas segala usaha yang kita lakukan dalam meraih prestasi.

Dengan sikap optimis kita selalu bersemangat dalam meraih prestasi dan tidak mudah menyerah sesuai firman Alloh dalam surat Al Insyiroh

Inna ma’al usri yusra (إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا) dalam bahasa Arab mempunyai arti “Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan“. Kalimat tersebut merupakan salah satu ayat dari potongan surah Al-Insyirah atau juga biasa disebut dengan surat Alam-Nasyrah.

Dengan kita berhusnuzhon kepada Alloh SWT selain menumbuhkan sikap optimis meraih prestasi juga menanamkan sikap tidak mudah meyerah dan putus asa ketika kita mengalami kesulitan dan kegagalan. Kita selalu dapat mengambil hikmah terhadap apapun yang terjadi dalam berusaha meraih prestasi.

Sebagai kesimpulan dari tulisan ini “Sucikan Hati, Tingkatkan Prestasi” bahwa kita sebagai generasi muda penerus perjuangan bangsa, kita harus dapat memotivasi diri untuk meraih prestasi dengan hati yang suci yaitu sikap optimis, berhusnuzhon kepada Alloh, selalu berdoa, berusaha dan bertawakal kepada Alloh SWT.

Semoga kita semua diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT dalam menuntut Ilmu dan meraih prestasi, Aamiin Yarobbal Alaamiin.

Nama: Khalisha Almaira

Tempat: tanggal lahir: Bekasi, 14 September 2009

Gmail: [email protected]

Alamat sekolah: SMP Yayasan Almuslim Tambun Bekasi

No telp: +62 819-1612-2454

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus sekali sangat menginspirasi

19 Mar
Balas



search

New Post