Keysha Naila A

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PENGGUNAAN TEKNOLOGI DENGAN BIJAK

PENGGUNAAN TEKNOLOGI DENGAN BIJAK

Kata "teknologi" mungkin sudah tidak asing didengar oleh kita, khususnya para remaja. Teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda atau bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan, dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Teknologi merujuk pada alat, dan mesin yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia nyata. Contohnya smartphone, televisi, dan radio.

Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi semakin bertambah dengan berbagai fitur baru dengan fungsi yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan manusia saat ini. Salah satu contoh teknologi modern adalah Virtual Keyboard. Virtual Keyboard memudahkan kita untuk mengetik tanpa perlu memegang keyboard komputer. "lalu, bagaimana caranya kita mengetik tanpa menggunakan keyboard?" Kita dapat mengetik langsung di atas meja menggunakan visual keyboard.

Manfaat dari teknologi sangat banyak, namun dampaknya pun tidak kalah banyak dari manfaatnya. Salah satu nya yaitu dengan cara mengakses internet lewat smartphon. hampir seluruh manusia yang ada di dunia ini memiliki smartphone. Indonesia saja termasuk salah satu negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia. Hal ini sangat mempengaruhi tatanan kehidupan masyarakat di Indonesia apalagi dalam hal sosial, ekonomi dan budaya.

Dengan masuknya teknologi yang tidak di imbangi dengan pemahaman terhadap teknologi tersebut maka akan berdampak negatif terhadap suatu negara, seperti halnya orang-orang dulu masih sering bercengkrama, mengobrol, bercanda, dan bertatap muka semuanya dilakukan bersama-sama dan melalui pertemuan secara langsung akan tetapi sekarang semua telah berubah. Hal itu disebabkan karena adanya smartphone yang mampu mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat yang awalnya sosialis menjadi individualis, mereka telah terjebak dalam pusaran arus negatif dari majunya teknologi.

Pada zaman ini, banyak remaja yang menyalahgunakan teknologi, tak jarang banyak anak muda yang sering mengunjungi situs-situs yang berbau pornografi, ajang perjudian online, penipuan khususnya dibidang transaksi jual beli online, dan lain-lain. Jika mereka tetap menggunakan teknologi dari sisi negatifnya, maka akan banyak menimbulkan masalah bagi kehidupan dan kepribadian manusia, khususnya para remaja.

Banyak teknologi yang masuk kedalam negara Indonesia, namun kurang diperhatikan atau kurang di-filter. seharusnya pemerintah, harus bisa mem-filter teknologi mana yang bisa bermanfaat bagi pembentukan pola pikir dan kepribadian para penerus bangsa. Agar dapat mengembangkan dan bermanfaat bagi bangsa dan tanah air indonesia.

Teknologi memiliki banyak manfaat di berbagai bidang yaitu di bidang kesehatan, bisnis, telekomunikasi, dan pendidikan. Contohnya, manfaat teknologi di bidang pendidikan yaitu

- Informasi semakin cepat diperoleh dan diakses untuk tujuan pendidikan.

- Munculnya e-learning untuk menunjang kemudahan proses pendidikan.

- Materi pelajaran dapat dibuat lebih menarik dan interaktif.

- Mudah memperoleh ilmu pengetahuan dan informasi.

- Mendapat ilmu pengetahuan melalui perpustakan digital yang mudah diakses.

Kita perlu menggunakan teknologi dengan bijak agar tidak terjerumus kedalam penyalahgunaan teknologi. Dengan adanya teknologi yang mempermudah kegiatan belajar kita, maka kita harus semakin semangat belajar dan tidak merasa cukup dengan ilmu yang kita miliki agar dapat mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan. gunakanlah teknologi tersebut untuk hal positif, seperti menggapai cita-cita, menjadi sarana pembelajaran, dan memperoleh prestasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post