Keysha Naila A

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PENDIDIKAN ADALAH KUNCI KESUKSESAN

PENDIDIKAN ADALAH KUNCI KESUKSESAN

Seperti yang kita ketahui, pendidikan itu sangat penting bagi setiap orang, pendidikan juga merupakan sebuah wadah yang dapat membantu kita dan setiap orang untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi berbagai perubahan yang terjadi di era globalisasi saat ini dan dengan seiring berjalannya waktu dengan membawa setiap perubahan-perubahan, maka diharapkan setiap orang memiliki pendidikan yang cukup sebagai bekal untuk menghadapi setiap perubahan yang akan terjadi.

Pendidikan merupakan suatu pembelajaran pengetahuan dan keterampilan, serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Dengan adanya pendidikan diharapkan setiap orang memiliki pengetahuan yang luas dan bisa berpikir dengan bijak sehingga dapat mempertimbangkan sesuatu dengan tepat.

Setiap orang dapat menempuh pendidikan mulai dari lingkungan paling kecil yaitu lingkungan keluarga yang di mana di dalam lingkungan keluarga setiap orang akan belajar hal-hal kecil sebelum ia melangkah keluar dari lingkungan keluarga, Sebagai contoh orang tua dapat mendidik anaknya untuk belajar bagaimana cara sopan santun, belajar etika yang baik sehingga jika anak tersebut hendak melangkah keluar maka, ia dapat menerapkan apa yang telah diajarkan oleh orang tuanya. Seorang anak atau setiap orang dapat menempuh pendidikan mulai dari pendidikan PAUD-TK-SD-SMP-SMA/SMK sampai perguruan tinggi bahkan lebih dari itu karena pendidikan tidak mengenal umur.

Jika melihat dari peraturan Undang-Undang yang ada, Indonesia sendiri memiliki tiga jalur pendidikan yakni pendidikan formal, non formal dan informal. Dari ketiga jenis pendidikan tersebut memiliki fungsi yang saling melengkapi satu sama lain. Mengenai perbedaan dari ketiga jenis pendidikan tersebut, untuk mengetahui perbedaannya terlepas dari pentingnya pendidikan pancasila di perguruan tinggi, untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Pendidikan formal

Pendidikan yang sifatnya terstruktur dan berjenjang yakni terdiri dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

Ciri khusus dari pendidikan formal yakni adanya gedung sekolah, kurikulum yang terstruktur secara formal, materi pembelajaran akademik, penyelenggara pendidikan bisa berasal dari pemerintah maupun swasta.

2. Pendidikan Non-formal

Pendidikan yang dilaksanakan secara terencana, sistematis, fleksibel, integral dan berlangsung di luar sistem pendidikan formal (sekolah).

3. Pendidikan Informal

Pentingnya pendidikan lingkungan hidup juga pastinya ada peran pendidikan informal di dalamnya. Dalam hal ini, pendidikan informal dikatakan sebagai pendidikan mandiri yang diterima atas kemauan dan juga kesadaran diri sendiri oleh peserta didik.

Pendidikan menjadi suatu hal yang sangat penting bagi generasi muda lantaran memiliki manfaat penting di antaranya:

1. Sebagai Sarana Informasi dan Pemahaman

Pendidikan sangat berguna untuk meningkatkan dan memberikan informasi serta pemahaman mengenai seluruh ilmu pengetahuan yang ada kepada setiap orang.

Apalagi jika melihat zaman yang terus berubah, menjadikan generasi muda mau tidak mau harus terus belajar dan memperoleh pendidikan yang baik.

Jangan sampai nantinya generasi muda tertinggal zaman karena mengabaikan pendidikan yang akhirnya menjadikan negara semakin tertinggal dengan negara-negara lain.

2. Menciptakan Generasi Penerus Bangsa yang Unggul

Manfaat pentingnya pendidikan bagi generasi muda selanjutnya yakni dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang ahli di berbagai bidang ilmu.

Ini sangat erat kaitannya dengan tersedianya berbagai jenjang pendidikan serta penjurusan yang ada di lembaga pendidikan.

Apabila hal ini tercipta, maka pendidikan di Indonesia akan dapat melahirkan banyak generasi muda yang unggul dan mampu bersaing dengan negara lainnya.

3. Membantu Pembentukan Pola Pikir yang Ilmiah

Apabila kita memperhatikan secara saksama, orang yang memiliki jenjang pendidikan tinggi biasanya akan memiliki pola pikir yang jauh lebih ilmiah.

Dalam hal ini, mereka tidak akan sembarangan berkata-kata yang tidak bijak kepada orang lain.Pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi mahasiswa ini juga sangat berpengaruh dalam kesuksesan hidup seseorang.

Pendidikan sangatlah penting untuk masa depan, karena pendidikan adalah kunci kesuksesan.

Nama lengkap: Keysha Naila Adilah

Tempat, Tanggal Lahir: Jember, 16 Agustus 2009

Asal Sekolah: MTsN 1 Jember

E-mail: [email protected]

No WhatsApp: 081259578905

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post