Keysha Naila A

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Basmi Pergaulan Bebas di Generasi Muda

Basmi Pergaulan Bebas di Generasi Muda

Basmi Pergaulan Bebas di Generasi Muda

Apa itu pergaulan bebas? Pergaulan bebas adalah interaksi seseorang dengan individu atau kelompok yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku. Di zaman yang semakin berkembang dan modern ini, semakin beragam pula tingkah laku serta masalah yang ada di lingkungan sosial kita, terutama remaja. Perkembangan tidak selalu membawa hal positif, ada pula hal negatif yang dapat menyeret remaja ke dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas ini bisa membawa dampak buruk bagi pertumbuhan anak, remaja, bahkan bagi orang lain. Banyak sekali faktor-faktor yang dapat menjerumuskan seseorang kedalam pergaulan bebas, terutama di kalangan pelajar. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah

1) mengikuti gaya hidup atau tren yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku.

2) kondisi lingkungan yang baik dan buruk dapat mempengaruhi perilaku seseorang.

3) penyalahgunaan internet.

4) minimnya wawasan agama membuat seseorang banyak yang gagal mengidentifikasi hal-hal yang tidak sesuai dengan norma dan ajaran agama.

5) perekonomian keluarga yang kurang berkecukupan beresiko membuat seseorang putus sekolah dan menyebabkan seorang anak tanpa sadar terjerumus kedalam pergaulan bebas karena kurangnya ilmu dan pendidikan.

Faktor penyebab utama tiap remaja mungkin berbeda, tetapi semuanya pasti berawal dari penyebab utama yaitu, kurangnya pegangan hidup dan mudah tersulut emosi sehingga tidak dapat berpikir jernih dan berujung memilih jalan yang salah.

Mengapa kita perlu membasmi pergaulan bebas di generasi muda ini? Dampak yang ditimbulkan dari pergaulan bebas juga tidak sembarangan. Dampak-dampak tersebut diantaranya adalah

1) prestasi belajar menurun.

2) tidak memiliki hubungan yang baik dengan keluarga maupun teman.

3) Meningkatkan resiko kriminalitas pada remaja untuk memenuhi keinginannya.

4) merusak kesehatan fisik dan mental dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Maka dari itu, perlu dilakukan pencegahan agar para remaja tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas, dan tidak berujung pada penyesalan.

Bagaimana caranya mencegah para penerus bangsa agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan baik dimulai dari dalam diri atau dengan bantuan lingkungan sekitar seperti keluarga ataupun teman-teman yang baik, diantaranya adalah

1) menegakkan aturan hukum dengan tegas mampu memberikan efek jera kepada pelaku pergaulan bebas sehingga berfungsi sebagai benteng untuk menyelamatkan generasi muda yang lainnya.

2) memperbaiki cara pandang, berpikir untuk selalu optimis dalam menghadapi segala rintangan yang ada.

3) Menjaga keseimbangan pola hidup dengan mengisi waktu luang untuk mencoba hal-hal yang positif dan belajar beberapa hal baru.

4) Banyak membaca buku dapat memberikan wawasan luas, baik wawasan dalam pelajaran disekolah atau wawasan akan kehidupan yang baik. Membaca buku juga dapat membantu mengisi waktu luang sehingga tidak terpikirkan untuk melakukan hal-hal yang menyimpang.

5) Memiliki pemikiran untuk masa depan untuk memiliki cita-cita dan harapan. Hal ini dapat menjadi acuan untuk kamu selalu bertindak dengan benar dan tidak terjerumus kedalam hal-hal negatif.

Jangan sampai generasi penerus bangsa melakukan hal-hal negatif dan tetaplah memiliki prinsip yang kuat dalam hidup. Isilah waktu luang dengan hal positif, dan ingatlah bahwa "penyesalan selalu berada di akhir"

Penulis: Keysha Naila

Tempat, Tanggal Lahir: Jember, 16/08/2009

Asal Sekolah: MTsN 1 Jember

No. Wa: 081259578905

E-mail: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post