KARINA AYU WINANGUN

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengajarkan Anak-anak Bijak Dalam  Berteknologi

Mengajarkan Anak-anak Bijak Dalam Berteknologi

Mengajarkan Anak-anak Bijak Dalam  Berteknologi

Oleh: Karina Ayu Winangun

 

Anak-anak dijaman sekarang kehidupannya jauh dari kata beda dengan  masa kanak- kanak  pada jaman kita dulu.  Mereka lahir di era yang sangat modern, yang  berteknologi,  dan  elektronik lainnya yang  serba canggih. Contoh nya gadget elektronik seperti saat ini  yang pastinya semua orang   mempunyai nya yaitu smartphone atau tablet. anak kecil  mana sekarang yang tidak  mempunyai smartphone maupun tablet?  Hampir semua rata- rata anak kecil sekarang sudah  mempunyai smartphone    mereka sangat pintar bermain smartphone.  Mereka  mengunakan  hp kebanyakan untuk hal-hal yang banyak sisi negative dibandingkan sisi positifnya. Mereka menggunakan smartphone  untuk bermain game  offline maupun online. Tidak heran jika kita sering menjupai anak anak jaman  sekarang  yang sering bermain   game online.   

Jika tidak ada pengawasan orang tua  bisa mengakibatkan kecanduan bermain game secara terus menerus  dan dapat mengalami perubahan fungsional dan structural dalam system syaraf dan bisa menyebabkan gangguan mental. Biasanya anak-anak yang kecanduan game online akan kehilangan fokus saat mengerjakan sesuatu sehingga berdampak pada perstasi dan produktivitasnya.  Menurut  para ahli  di Oxford University, Inggris, anak sebaiknya tidak bermain video  game online lebih dari satu jam harinya. Kita bisa melarang  anak – anak untuk tidak sering bermain  smartphone agar  mereka tidak  mengakibatkan kecanduan untuk bermain game secara terus menerus,  hasil penelitian menunjukan bahwa tingkatan kecanduan game online  anak-anak  berada pada kategori tidak kecanduan 38,5%, kecanduan ringan 15,3% dan kecanduan berat 46,2%.  

Ada  sesuatu kejadian sesorang anak yang kecanduan bermain game online yaitu  di tasikmalaya selatan jawa barat di kabarkan seseorang anak yang kecanduan game online hingga nekat curi uang dan berutang. Menurut laporan dari pihak keluarga, anak tersebut sudah sering bermain game online sejak 4 bulan yang lalu. Kecenderungan nya ia sering menyendiri  tidak seperti teman- temannya yang asik bermain bersama , ia   sering menyendiri dan terus bermain smartphone sampai lupa waktu dan berperilaku tidak wajar atau tidak seperti anak biasanya.  Tidak hanya itu yang terjadi orang tua anak tersebut juga sering kehilangan uangnya dari rumah. Ternyata  setelah di telusuri oleh orang tua  tersebut bahwa anaknya yang membawa uangnya itu untuk bermain game. Bahkan tidak sampai disitu, anak tersebut berani meminjam uang dari temennya  untuk bermain game.  Orang tua  harus bisa menyarankan kepada anak nya untuk  mengunakan smartphone  untuk hal- hal yang lebih bermanfaat atau orang tua juga harus mengontrol smartphone  anaknya, apa  yang di lakukan anak nya dalam bermain smartphone. Contohnya  yaitu mencari materi pembelajaran tugas sekolah yang tidak di ketahui, dapat juga membantu meningkatkan keterampilan kognitif dan koordinasi tangan-mata  juga dapat mempelajari hal-hal baru dan mengenal budaya yang berbeda melalui penggunaan aplikasi  dan intenet.

 

Biografi Penulis

 

 

 Karina ayu winangun lahir pada tangal 02 Agustus 2007 tepatnya di jember,Jawa timur. Dia adalah salah satu murid MAN 2 Jember. Ingin mengenal lebih jauh bisa menghubungi alamat email [email protected] No WA: 085282421218

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post