Kanaya Shifa Zaafarani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pergaulan Bebas Di Masa Kini

Pergaulan Bebas Di Masa Kini

Seiring berjalannya zaman, banyak anak remaja yang bergaul dengan bebas tanpa ada aturan. Pergaulan bebas adalah salah satu perilaku yang negatif atau melewati batas aturan. Saat ini kita bisa mencari apa saja di media sosial sehingga informasi apapun bisa kita akses, termasuk hal-hal yang seharusnya belum pantas untuk dilihat atau diketahui.

Banyak sekali perilaku pergaulan bebas yang menyimpang dan dilarang oleh agama. Contoh perilaku pergaulan bebas adalah : merokok, berkata kasar secara berlebihan, pacaran berlebihan, bertawuran, mengonsumsi obat-obatan terlarang, meminum alkohol. Penyebabnya bisa karena kurang diperhatikan atau di waspadai orang tuanya, rasa keingintahuan yang sangat tinggi, atau bisa karena pengaruh temannya mereka. Kebebasan melakukan hal negatif seharusnya tidak mereka lakukan.

Sebenarnya teman sangat mepengaruhi sikap kita. Jika kita berteman dengan orang yang hidupnya berantakan maka sikap kita juga seperti orang itu. Begitu juga sebaliknya. Orang tua juga harus lebih memperhatikan anaknya dalam bergaul di luar rumah dan di media sosial.

Mereka melakukan hal itu tanpa memikirkan dampaknya. Padahal tindakan mereka dapat merusak masa depannya karena perilakunya saat ini. Mereka bisa saja tidak mendapatkan pekerjaan dan hanya menjadi gelandangan. Berikut ini adalah dampak dari pergaulan bebas.

1. Pendidikan yang kurang

Biasanya dikarenakan sering bolos, mereka tidak mendapatkan pendidikan yang cukup, karena pendidikan yang kurang jadi mereka tidak mengerti apapun, di masa depan mereka juga akan susah mendapatkan pekerjaan.

2. Kesehatannya terganggu

Kesehatan akan terganggu apabila sering mengonsumsi obat-obatan terlarang, minuman berakohol dan merokok. Hal tersebut membuat tubuh mereka sakit-sakitan.

3. Hubungan keluarga menjadi jauh

Biasanya anak-anak yang bergaul dengan bebas akan membantah orang tua dan mengabaikannya. Mereka lebih memilih untuk bermain dengan teman pergaulannya itu.

4. Dikeluarkan dari sekolah

Biasanya mereka dikeluarkan karena perilaku buruk atau melanggar aturan-aturan di sekolah. Dampak dikeluarkan dari sekolah sangat besar. Mereka yang dikeluarkan dari sekolah tidak bisa menyelesaikan pendidikannya pada suatu jenjang.

5. Menjadi kriminal

Orang-orang yang bergaul dengan bebas juga dapat disebut kriminal karena tindakan-tindakan seperti mencuri, merampok, dan sikap buruk lainnya.

Kita harus bisa mencegah pergaulan bebas itu agar masa depan remaja dan bangsa bisa diselamatkan. Untuk mencegah pergaulan bebas dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :

1. Perbanyak beribadah

Kita harus lebih sering beribadah seperti sholat, membaca Al-Quran, dan lain-lain. Dengan begini saat kita ingin melakukan hal buruk kita akan teringat akan dosa-dosa yang kita lakukan.

2. Bisa memilih teman

Teman dapat mepengaruhi sikap kita. Jika kita berteman dengan orang yang baik maka sikap kita juga seperti orang itu, begitu juga sebaliknya.

3. Banyak melakukan hal yang baik

kIita dapat bersedekah kepada orang yang membutuhkan, atau kita bisa melakukan hal baik lainnya yang kita sukai.

Nama: Kanaya Shifa Zaafarani P.

Kelas: 5 Khalid Bin Walid

Sekolah: SD Al Muslim

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post