Kanaya Shifa Zaafarani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bijak Memanfaatkan Berteknologi

Bijak Memanfaatkan Berteknologi

Awal mula teknologi, manusia-manusia di masa lalu membuat serpihan batu tajam yang digunakan sebagai pisau. Manusia masa lalu juga membuat kompas, jam mekanis dan masih banyak yang dibuat manusia sampai sekarang.

Teknologi merupakan benda yang dibuat untuk kenyamanan dan kelangsungan hidup manusia. Banyak sekali kegunaan dari teknologi. untuk bepergian, mengirim pesan, memprediksi cuaca, dan masih banyak lagi yang menjadikan teknologi diperlukan oleh manusia. Lama-kelamaan teknologi berkembang menjadi lebih baik dan akan terus berkembang lebih baik lagi.

Seiring berjalannya zaman, teknologi akan semakin canggih. Dengan munculnya tokoh-tokoh cerdas membuat benda-benda yang sangat berguna, seperti Tim Berners-Lee yang menemukan Internet, Hedy Lamarr yang menemukan Wifi, dan Charles Babbage yang menemukan komputer. Tanpa tokoh-tokoh cerdas itu kita akan kesulitan untuk melakukan banyak hal.

Teknologi semakin berkembang sejak pandemi. Para ahli mencari cara agar kita bisa tetap belajar di saat pandemi. Akhirnya pembelajaran daring, belajar dengan memanfaatkan teknologi menjadi sebuah solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Dari sinilah sangat terasa bahwa teknologi sangat dibutuhkan. Dengan teknologi kita akan menjadi lebih mudah untuk melakukan banyak hal. Namun, tanpa disadari teknologi atau gadget ini juga memberi dampak negatif untuk kita. Mungkin dampak positif dari gadget ini banyak. Namun dampak negatif dari gadget juga ada. Kita bisa saja kecanduan dengan gadget ini. Akhirnya kita jadi malas, karena apa saja bisa kita lakukan dengan gadget ini. Kita bisa pesan makanan, mau belanja sudah ada aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk berbelanja online, mau berkomunikasi bisa, kita juga tidak perlu repot-repot menonton bioskop, karena sekarang kita bisa menonton melalui gadget. Pada akhirnya kita jadi lebih memilih untuk diam di dalam rumah untuk bermain gadget. Waktu yang kita miliki habis hanya untuk bermain gadget. Akhirnya kita lupa untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan oarang lain. Kemudahan teknologi ini tanpa disadari membentuk sikap malas, tidak pandai mengatur waktu, tidur di saat sekolah karena semalaman larut dengan game, tertinggal pelajaran, mata menjadi rusak karena gadget. Alhasil mereka harus menggunakan kacamata dan mengejar semua ketertinggalan dalam pelajaran. Dampak negatif gadget akan msemakin menjadi apabila orangtua tidak menegur atau mengawasi. Mereka menjadi bebas melakukan banyak hal. Padahal semakin berjalannya zaman persaingan di berbagai bidang akan semakin sulit.

Sebaliknya jika mereka memanfaatkan teknologi untuk hal baik, tentu ada banyak manfaat yang dapat dipetik. Mereka belajar dengan gadget, mencari tahu hal yang mereka tidak tahu. Mereka belajar dengan giat, memiliki tujuan yang jelas, dan memiliki mental yang kuat. Dengan support dari orangtua, mereka tahu mana yang salah dan mana yang benar sehingga mulai berpikir tentang masa depannya. Harapannya mereka membuat sejarah baru dalam dunia pendidikan yang terus berubah dan berkembang. Hal yang terpenting lahirlah rasa ingin tahu yang tinggi serta berpikir kritis dan kreativitas dalam belajar.

Itulah mengapa kita perlu memanfaatkan teknologi dengan bijak. Bahkan kita pun bisa menciptakan teknologi baru yang dapat mempermudah pekerjaan kita dalam waktu singkat. Kuncinya adalah tetap semangat belajar dan terus belajar untuk menyiapkan masa depan kita yang lebih baik. Yuk, wujudkan sikap bijak berteknologi. Kalau tidak dimulai dari sekarang mau kapan lagi !

Nama: Kanaya Shifa Zaafarani P.

Sekolah: SD Almuslim

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post