Kalila Raya Nashita Dyska

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Meningkatkan Kualitas Diri Dengan Membaca

Meningkatkan Kualitas Diri Dengan Membaca

Meningkatkan Kualitas Diri Dengan Membaca

Oleh : Kalila Raya Nashita Dyska

   Saya selalu yakin bahwa membaca adalah salah satu kunci kesuksesan. Pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya membaca. Dari sudut pandang saya, membaca adalah proses interaktif antara pembaca dengan teks yang melibatkan pengenalan huruf, kata-kata, sintaksis, dan makna, serta dipengaruhi oleh pengetahuan dan konteks pembaca. Maka dari itu, dengan membaca kita pasti dapat menambah wawasan kita. Membaca bukan hanya sekadar hobi atau kegiatan yang menyenangkan, tapi juga merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi.

   Jika membaca adalah kebutuhan yang harus dipenuhi, pastinya membaca pun memiliki manfaat. Manfaat atau juga dapat disebut keuntungan, kelebihan, atau fungsi. Manfaat dari membaca begitu beragam. Selama ini, saya percaya bahwa manfaat dari membaca itu ialah

   Pertama, dapat membantu memperluas pengetahuan dan wawasan seseorang. Syarat pertama untuk menguasai ilmu pengetahuan adalah membaca. Dengan membaca, seseorang dapat belajar dari berbagai topik, mulai dari sejarah, seni, teknologi, hingga ilmu pengetahuan. Membaca tidak hanya sebatas membaca buku saja. Dengan mengikuti kemajuan zaman, semakin banyak sumber-sumber pengetahuan yang bisa di baca seperti media massa, jurnal, e-book, dan situs situs online yang menyajikan berbagai pengetahuan. Dengan membaca, kita dapat menjelajahi hal yang belum pernah kita ketahui. Pengetahuan baru yang kita dapatkan melalui buku dapat menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan.

   Aspek penting untuk memahami pentingnya buku dalam kehidupan ialah mengetahui bahwa buku adalah salah satu bentuk seni yang paling kreatif. Setiap buku yang kita baca memiliki kekuatan untuk mengubah kita ke dunia berbeda yang penuh dengan beberapa karakter luar biasa. Buku juga dapat meningkatkan daya imajinasi seseorang dan dapat membuat kita untuk berani berimajinasi lebih luas, membaca pula dapat membuat otak kita menjadi lebih kreatif. Imajinasi dan kreativitas kita akan bermanfaat bagi masa depan.

   Lalu, membaca juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis ialah proses berpikir intelektual dengan menilai kualitas membuat keputusan dan menggunakan seluruh keterampilan tersebut dengan efektif. Membaca yaitu kegiatan belajar untuk membangun pemahaman dari bacaan merupakan salah satu landasan untuk berpikir tingkat tinggi, yaitu berpikir kritis. Dengan membaca, seseorang akan belajar bagaimana mengambil informasi dari berbagai sumber dan menganalisisnya secara kritis.

   Membaca pula dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental. Membaca juga termasuk hobi, beberapa orang dapat menenangkan diri dengan membaca. Contohnya, membaca cerita fiksi. Dengan membaca cerita fiksi yang menyenangkan, seorang pembaca dapat merasakan ketenangan.

   Seperti yang sempat saya jelaskan tadi, zaman sekarang sudah tak lagi asing dengan teknologi. Sekarang, orang oranf sudah memiliki banyak cara untuk membaca. Membaca melalui handphone maupun laptop. Terdapat banyak situs online beserta aplikasi yang tersedia, salah satu aplikasi membaca yang dapat dijadikan referensi, ialah iPusnas. Lalu situs situs online berita atau ilmu pengetahuan seperti kompas, gramedia, wikipedia, dan banyak lagi.

   Kesimpulannya, membaca dapat membantu dalam meningkatkan kualitas diri, terutama dalam hal pengetahuan maupun kesehatan mental. Dengan membaca, sudah pasti masa depan menjamin.

Bio Penulis

Assalamualaikum!

Namaku Kalila Raya Nashita Dyska. Panggil saja aku Shita, ya! Aku lahir di Jember, 25 Desember 2009. Sekarang, aku duduk dikelas 7 dan aku bersekolah di MTs Negeri 1 Jember.

E-mail ku [email protected] dan nomor Whatsapp ku 085233003150.

Terimakasih!

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post