Isnani Nurul Latifa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kegiatan Perkemahan Akhir Tahun MTsN 5 Jombang (Hari ke-1 )

Aku mengikuti kegiatan perkemahan akhir tahun yang diadakan di MTsN 5 Jombang. Tempatnya berada di lapangan basket.

Pada pukul 13.00 - 15.00 kelas 7 Rakit melakukan cek in di gerbang MTsN 5 Jombang.

Kegiatan dimulai dengan melaksanakan Upacara Pembukaan pada jam 15.00 hingga 16.00 di Lapangan Basket. Saat selesai Upacara Pembukaan, seluruh anggota Rakit kelas 7 menuju ke masing-masing tenda. Pinru dan Wapinru berada di lapangan untuk menerima Materi Gladian Pinru, sedangkan anggota lainnya menata barang-barang bawaan di tenda.

Kita melakukan materi PBB. Kak Widya, Kak Baim, dan Kak Silvi yang melatih PBB Regu Mawar dan Regu Edelweiss. Selanjutnya kita melakukan ujian SKU. Aku dan Reguku melakukan ujian SKU yang belum terselesaikan disela-sela kegiatan, untuk bisa dilantik menjadi penggalang Rakit.

Aku melihat ada beberapa orang yang datang. Ternyata mereka adalah anggota PMR yang datang untuk membantu siswa yang sakit atau terluka. Mereka mendirikan tenda mereka di depan kelas 7F.

Kegiatan selanjutnya yaitu ISOMA yang dilakukan pada pukul 17.00 hingga pukul 19.30. Seluruh anggota Rakit dan Terap berkumpul di Lapangan Basket untuk makan bersama. Anggota Terap memasak makanannya sendiri, lalu dimakan bersama-sama. Sedangkan untuk anggota Rakit memakan bekal yang dibawa dari rumah. Membentuk barisan berhadapan saat makan. Bekal yang dibawa bermacam-macam. Pak Sugeng melihat lihat bekal yang dibawa oleh para siswa. Pak Sugeng juga mengatakan beberapa hal-hal yang lucu memakai mic, untuk menghibur siswa.

Sudah pukul 19.30 langit sudah gelap, dan kegiatan selanjutnya yaitu Pentas Seni. Kegiatan ini dimulai dengan Apel Pembukaan Pentas Seni. Setiap Regu harus menampilkan karyanya didepan para siswa. Reguku, bernama Regu Mawar. Kita sudah berlatih dari pukul 18.50. Aku berlari kesana kemari hingga tidak memperhatikan jalan di depanku. Aku tersandung oleh tali pasak dari tenda PMR hingga celanaku sobek di bagian bawah, tetapi untung saja lukanya tidak terlalu parah. Beberapa temanku sudah mengetahui hal itu, dan mereka menyuruhku agar lebih berhati-hati lagi. Aku pun melanjutkan kegiatan. Pada saat Pentas Seni, seluruh siswa dikumpulkan di Lapangan Basket. Penampilan setiap regu sangat berbeda-beda. Mereka sangat bersemangat menampilkan karyanya. Ada juga yang ditengah-tengah lupa gerakannya, dan itu membuat para siswa tertawa. Suasana di sana sangat sejuk dan menyenangkan. Pentas seni berakhir pada pukul 21.15.

Lalu kegiatan selanjutnya adalah Api Unggun yang dilakukan di Lapangan Basket. Para anggota Terap mempersiapkan kegiatan Api Unggun. Lalu seluruh siswa berkumpul di lapangan untuk melakukan kegiatan Api Unggun. Seluruh siswa membentuk lingkaran. Mengucapkan Dasa Darma, lalu api pun dinyalakan. Seluruh siswa pun menyanyi dan bertepuk tangan. Kita juga melakukan beberapa game yang dipimpin oleh Kak Najwa. Saat Kak Najwa menyuruh untuk mencari 4 pasangan, aku tidak menemukan pasangan. Lalu aku dipanggil maju hahaha. Saat disuruh mencari 8 orang pasangan, ada kelompok yang kurang 1 anggota. Kak Zain pun menyuruhku bergabung pada mereka.

Setelah itu, kita duduk. Dan ternyata masing-masing kelompok harus menampilkan karya mereka. Kita memilih leader dan wakilnya. Leader di kelompokku adalah Kak Mina, dan wakilnya adalah Kak Syifa. Leader dipanggil ke depan untuk mengambil nomor urut. Kita mendapat nomor urut 2. Nomor urut pun diacak oleh Kak Najwa. Beberapa kelompok sudah menampilkan karyanya. Ada yang menampilkan Paduan Suara, ada yang karaoke lagu-lagu Cidro, semua siswa ikut menyanyi dan beberapa melambaikan tangannya. Ada juga temanku yang kelompoknya Lipsing adegan Upin Ipin, yaitu kelompok Raffa dan Ricky. Mereka sangat lucu dan keren. Ada juga kelompok yang menampilkan tari Zapin, mereka sangat bersemangat hingga semua siswa terhibur oleh tarian mereka. Sudah pukul 22.00, acara Api Unggun berakhir dan kelompokku tidak sempat tampil.

Pukul 22.00 hingga pukul 23.00 adalah waktunya Istirahat, aku pun memasuki tenda untuk beristirahat. Tenda reguku bersebelahan dengan tenda regu Ayu. Tendaku terletak di depan kelas 7G. Anggota reguku beristirahat di tenda. Diantara tenda reguku dan tenda regu Ayu, aku menggelar terpal, lalu tidur di sana dengan Ayu. Karena di dalam tenda udaranya sangat kurang dan pengap. Saat aku berada di luar tenda dengan Ayu, aku menikmati udara segar, dan indahnya langit malam yang sedikit tertutup mendung.

Istirahat sudah selesai, seluruh siswa diminta untuk memasuki tenda masing-masing. Setelah itu kita diperintahkan keluar dan berbaris di Lapangan Basket. Kita diperintah untuk mencari TKU (Tanda Kecakapan Umum) Rakit. Mencari di sekitar arena Perkemahan. Semua lampu dimatikan saat kita mencari TKU Rakit tersebut. Aku mencari bersama dengan Almira. Kita mengawali pencarian dari depan kelas kita, yaitu kelas 7F. Aku dan Almira mencari di sekitar tanaman-tanaman. Pencarian baru saja dimulai, dan Almira sudah menemukan. Aku pun terus mencari, aku melanjutkan pencarian di tanaman-tanaman depan gudang. Alhamdulillah, aku menemukan TKU Rakit tersebut. Aku sangat senang. Siswa yang sudah menemukan TKU Rakit kembali ke barisan semula. Lalu ada 34 anak yang tidak berhasil menemukan TKU Rakit, tetapi mereka tetap diberikan TKU RAKIT oleh Kak Najwa meskipun gagal mencari. Aku bangga pada diriku, karena berhasil menemukan TKU Rakit dengan usahaku sendiri.

Jarum jam sudah menunjukkan bahwa sekarang pukul 24.00. Kegiatan pada pukul tersebut adalah Pelantikan SKU Rakit. Pelantikan SKU Rakit diwakili oleh 1 anggota perempuan dan 1 anggota laki-laki, yaitu Ayu dan Raffa. TKU Rakit sudah ditempelkan di lengan. Kita sudah dilantik menjadi Penggalang Rakit. Aku sangat senang sekali.

Berikutnya yaitu istirahat tidur pada pukul 01.00 hingga pukul 03.00. Banyak siswa yang sudah kelelahan. Beberapa ada yang tidur, ada yang bermain kejar-kejaran, dan ada yang berbincang dan bercanda hingga suaranya membangunkan orang tidur. Anggota reguku sudah tidur di tenda. Sedangkan aku keluar berbincang dengan temanku yaitu Almira, Ayu, Angel, Aurel, Fanisa, dan Ilma. Kita membicarakan hal-hal yang terjadi, senang sekali rasanya. Aku melihat kaki ku, dan ternyata aku terluka dan berdarah. Saat temanku mengetahui hal itu, mereka langsung membantu aku mengambil kasa, betadine, dan handsaplast untuk mengobati kakiku. Tapi aku memilih untuk mengobatinya sendiri di belakang tendaku. Saat selesai mengobati kakiku, aku pun kembali berbincang dengan mereka.

Pada saat pukul 02.45 aku kembali ke tenda untuk tidur. Aku hanya tidur sebentar sambil menunggu teman-teman selesai melaksanakan salat subuh. Pada saat itu, aku sedang udzur.

Pukul 04.25 hingga pukul 06.00 kita menuju ke lapangan dan berbaris untuk melakukan senam yang dipimpin oleh Kak Zainal.

Selanjutnya, pukul 06.00 hingga pukul 07.00 kita melaksanakan Upacara Penutupan di Lapangan Basket. Kakak Pembinanya adalah Kak Puji.

Upacara selesai, dan kita menunggu anak yang belum berfoto di depan pionering yang dirakit oleh Anggota Terap. Setelah itu kita langsung pulang.Terimakasih kepada Kakak Pembina dan Kakak Pendamping yang rendah hati dan bisa menjadi contoh yang baik.

Kegiatan ini sangat berarti. Pramuka membuat kita lebih mandiri dan dewasa. Pramuka menumbuhkan rasa kebersamaan, rasa pantang menyerah, dan rasa percaya diri. Dengan dilantiknya saya menjadi Penggalan Rakit, saya berharap saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik, dan bisa menjadi contoh bagi anak-anak lainnya.

Dan Selamat Tahun Baru untuk kita semua. Semoga di tahun 2023 ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

halooo aku juga Jombang lho ka(mondokny) ya aslinya saya luar Jawa salken MTSN 3 :)

02 Jan
Balas

ohh iya, salken ya

05 Jan



search

New Post