Irnawati Dewi A.L

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Goresan Pena Sang Penggalang

Goresan Pena Sang Penggalang

Namaku Irnawati Dewi Agustina Laja , biasa dipanggil Irna .Anak terakhir dari dua bersaudara. Kini usiaku 17 tahun dan aku duduk di kelas XI .Aku mulai mengikuti kegiatan pramuka dari kelas 4 SD-sekarang. Jujur saja,dulu aku belum mengenal apa itu pramuka.

Sekarang siapa yang tak kenal dengan “Pramuka”?

Siapa yang tak tahu arti “Pramuka”?

Kata yang sudah tak asing lagi didengar oleh indera pendengar manusia.”Pramuka” Praja Muda Karana , yang memiliki arti Jiwa Muda Suka Berkarya, merupakan sebuah wadah pendidikan kepramukaan yang di laksanakan di Indonesia .

Malas, lelah dan bosan , itu kata-kata yang sering terucap bagi mereka yang tak menyukai pramuka.Lain halnya denganku .Ya, aku sangat berbanding terbalik dengan mereka. Aku sangat senang mengikuti kegiatan pramuka.

Hal yang paling berkesan sampai sekarang adalah ketika aku bisa menjadi Pramuka Garuda .Saat itu aku masih menjadi anggota pramuka golongan penggalang.Pangkalan kami mengirimkan 6 orang yaitu di antaranya 3 PA dan 3 PI. Ada kabar kuota untuk penggalang,kurang lebih 83 orang .Angka yang tidak sedikit bukan? kabar itu membuat kami merasa down.Tapi dengan semangat yang tinggi , kabar tersebut tidak membuat kami mundur.Kami akan melanjutkan tekad,menjadi Pramuka Garuda.

Tanggal 04 Agustus 2019 kami menuju ke lokasi untuk melaksanakan pengetesan menjadi Pramuka Garuda yang bertempat di Jl.Jendral Ahmad Yani No.134 Kabupaten Ciamis,Jawa Barat.

Rasa gugup dan rasa cemas menyatu, saat aku membayangkan apa yang akan terjadi di ruangan tersebut.Ya,ruangan ,ruangan yang tertutup yang hanya peserta dan penguji yang boleh masuk ke ruangan itu.

Selang beberapa menit namaku dipanggil.”Irnawati Dewi Agustina Laja,pangkalan SMP Negeri 1 Lakbok” ucap salah satu kakak-kakak pramuka.Rasa gugup yang tak karuan diselimuti dengan perasaan yang takut ,aku memberanikan diri untuk masuk ke ruangan tersebut. Satu langkah menuju meja pengetesan ,aku melihat sekeliling dalam ruangan ,terisi penuh oleh mereka yang ingin menjadi Pramuka Garuda .

Terdapat kakak-kakak Pramuka yang gagah ,siap untuk menguji kelayakan seorang Pramuka Garuda. “Irnawati Dewi Agustina Laja , pangkalan SMP Negeri 1 Lakbok ya?” Tanya kakak pramuka . “ Ya kak betul” aku menjawab dengan hati yang berdebar.Pertanyaan demi pertanyaan pun aku jawab dengan baik, hingga saatnya aku harus menunjukkan hasta karya buatannya sendiri .Saat itu, aku membuat bunga berbahan dasar kantong kresek,sebelum nya aku membuat video yang berisikan karya buatan sendiri, yang filenya dipindahkan ke kaset CD. Aku juga harus menampilkan salah satu bidang seni budaya .Aku masih ingat betul saat itu aku bernyanyi dengan lagu yang berjudul “DEDEKU SAYANG” dimana lagu ini memang lagi viral pada zamannya, yang diiringi ukulele yang aku bawa dari rumah , yang memang sengaja aku tampilkan di depan kakak-kakak penguji.

Kurang lebih dua minggu , kami menunggu keputusan dari Kwarcab, yang tak lain adalah keputusan lulus atau tidaknya.Dan alhamdulillah kami berenam dinyatakan lulus.

Setelah lulus tes wawancara dan tes kecakapan, kami akan dilantik menjadi Pramuka Garuda . Pada tanggal 14 Agustus 2019 tepat Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-58 ,kami resmi dilantik yang bertempat di Lapang Sukanagara,Lakbok,Ciamis,Jawa Barat.

Perjuangan kami tak cukup sampai disini , perjalanan kami masih panjang.Belajar dari pengalaman sendiri itu memang baik, tapi belajar dari pengalaman orang lain itu jauh lebih baik.Mungkin sehari-hari kita sering belajar tentang hardskill,tapi hanya di pramuka kita belajar softskill.Tingkatkan kebersamaanmu,karena kebersamaan adalah kekuatan!

Biodata Penulis

Irnawati Dewi Agustina Laja, biasa dipanggil Irna .Perempuan yang lahir pada tanggal 19 Agustus 2004 ,yang berdomisili di Ciamis ,Jawa Barat,Indonesia .Ia bersekolah di SMA Negeri 2 Banjar ,dan sekarang duduk di bangku kelas XI.Cita-cita ingin menjadi perawat .Hobinya menggambar,membaca buku ,dan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an .Motto hidup adalah Jadilah orang yang rajin,sebelum menyesali kemalasan.Untuk lebih mengenal penulis bisa menghubungi malalui email [email protected] dan bisa melalui no WA 081775498757.

Salam Literasi!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post