Dinda Yanti Alivia Kamila

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jadilah berpendidikan jika mengharap kesuksesan

Jadilah berpendidikan jika mengharap kesuksesan

Jadilah Berpendidikan jika Mengharap Kesuksesan

Penulis: Dinda Yanti Alivia Kamila

Pendidikan sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan? Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan biasanya diiringi dengan bimbingan. Namun, ada juga pendidikan yang bersifat otodidak.

Pendidikan adalah tempat untuk membentuk citra baik dalam diri manusia agar berkembang seluruh potensi dirinya. Pendidikan tidak hanya sebatas materi tertentu saja, namun hal ini mencakup dengan perkembangan potensi yang ada dalam diri individu. Pendidikan adalah sesuatu yang tidak terbatas. Tanpa pendidikan, dampak buruk akan terjadi pada individu tersebut. Di Indonesia terdapat pendidikan formal dan nonformal. Adapun pendidikan formal adalah pendidikan wajib belajar selama 12 tahun. Dan pendidikan nonformal adalah pendidikan yang dilakukan diluar wajib belajar.

Pendidikan sangatlah penting bagi semua kalangan, pendidikan bukanlah sekedar formalitas saja. Pendidikan akan menentukan jalan hidup kita di masa depan, seperti pekerjaan kita, pikiran kita, ataupun semua hal yang berkaitan dengan kesuksesan. Namun, sayang nya masih ada sebagian masyarakat Indonesia yang menutup telinga tentang fakta tersebut. Mereka pikir pendidikan hanya sebatas menghabiskan uang untuk membeli keperluan sekolah, di masa depan tidak akan menjadi apa-apa. Ada juga yang beralasan tentang ekonomi, padahal banyak sekali sekolah diluar sana yang menyediakan beasiswa atau bantuan lainnya kepada anak yang tidak mampu. Semua itu hanya tergantung kepada niat dan kemauan kita untuk mencapai kehidupan yang lebih baik kedepan nya.

Fungsi-fungsi pendidikan banyak sekali, beberapa fungsi pendidikan diantara nya adalah sebagai sarana untuk mengembangkan potensi sejak lahir. Orang yang memiliki bakat sejak lahir dapat mengasah kemampuannya melalui pendidikan, orang cerdas dapat terlahir dari hal tersebut. Yang kedua adalah sebagai sarana mengubah perilaku. Di dunia, pendidikan individu diharuskan untuk hanya melakukan hal-hal positif, oleh karena itu hal tersebut dapat mengubah perilaku seseorang untuk menjadi lebih baik. Yang ketiga adalah sebagai sarana untuk mempersiapkan masa depan. Melalui pendidikan yang dapat mengembangkan potensi peserta didiknya, peserta didik dipersiapkan untuk dapat menghadapi masa depan. Fungsi yang keempat adalah sebagai sarana untuk mengembangkan kepribadian. Perilaku seseorang diperoleh dari fikiran dan perbuatan. Kemampuan tersebut hanya didapat dari pendidikan saja. Yang kelima adalah membantu seseorang menyesuaikan diri dengan lingkungan nya. Orang yang terdidik akan memungkinkan dirinya dengan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya, karena kemampuan kecakapan yang diperolehnya dapat memudahkannya untuk bersosialisasi dengan dunia luar.

Dampak negatif yang ditimbulkan dari tidak berpendidikan adalah seseorang akan merasa dirinya tidak memiliki tujuan hidup. Mereka cenderung memiliki rasa tidak percaya diri dan berfikir kepada sebuah masa depan tanpa bekerja. Karena di masa sekarang, masyarakat hanya membutuhkan pekerja yang berpendidikan agar dapat berdedikasi lebih dan menghasilkan sesuatu yang memuaskan dari pekerjaan yang ia jalani. Oleh sebab itu pendidikan menjadi hal yang sangat penting dalam hal ini, pendidikan dapat memudahkan kita untuk mencapai sebuah kesuksesan dan masa depan yang cerah. Melalui pendidikan, kita dapat mengenal banyak hal baru, pikiran kita akan menjadi lebih terbuka, contoh nya seperti saya. Pada saat masih balita dan belum memasuki jenjang sekolah, perilaku saya adalah perilaku yang rata-rata tidak memiliki sopan santun, namun orang-orang memaklumi itu karna saya masih balita dan belum sekolah, pada saat masuk sekolah, saya diajarkan berbagai macam sopan-santun, perlahan seiring berjalannya waktu, perilaku saya mulai berubah dan mulai mengenal hal baik dan buruk. Itulah salah satu fungsi dari pendidikan, kita tidak boleh memandang remeh terhadap pendidikan, kita harus menjadi seseorang yang berpendidikan jika ingin kesuksesan datang di masa depan.

Dinda Yanti Alivia Kamila, lahir di Jember pada tanggal 13 Juli 2008. Seorang siswi yang bersekolah di MTsN 1 Jember dan bertempat tinggal di Krajan Tempurejo

Alamat email yang dapat dihubungi kapanpun dan dimanapun [email protected]

Nomor wa aktif jika tidak offline 085731221490

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post