Dinda Yanti Alivia Kamila

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bukan Sekedar Membaca

Bukan Sekedar Membaca

BUKAN SEKEDAR MEMBACA

Penulis: Dinda Yanti Alivia Kamila

Membaca adalah proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media bahasa tulis. Di zaman canggih seperti sekarang ini, rata-rata masyarakat malas untuk membaca, padahal banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari membaca. Kita dapat menerima informasi yang tidak kita ketahui dengan membaca, membaca dapat memperluas wawasan kita, sayang sekali jika kita mengabaikan hal yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita di masa depan.

Membaca dikenal dapat membawa kita ke dalam hal-hal yang positif, tapi nyata nya membaca juga dapat membuat kita terjerumus ke dalam hal-hal negatif yang seharusnya tidak pantas untuk dibaca. Hal tersebut tergantung bagaimana cara kita memanfaatkan segala sesuatu dengan baik.

Salah satu dampak positif yang dihasilkan dari membaca ialah dapat memperluas wawasan. Saya pernah mengikuti olimpiade, namun saya kurang mengerti dengan materi yang tertera dalam kisi-kisi, dan saya mencoba untuk membaca artikel dan buku yang berkaitan dengan materi tersebut, alhasil saya bisa mengerjakan soal-soal olimpiade yang kurang saya mengerti. Membaca juga dapat memberikan kita informasi yang bermanfaat, seperti hal nya pengalaman pertama saya dalam menulis,saya kebingungan untuk merangkai kalimat, saya membaca artikel-artikel yang berkaitan hingga akhirnya saya bisa merangkai kalimat dengan kata-kata saya sendiri.

Membaca tidak hanya menggunakan media seperti buku, kita dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk membaca dan mencari informasi, membaca dapat membawa kita ke masa depan yang cerah, karena dengan wawasan yang didapat, kita bisa bersosialisasi dengan mudah di dunia luar yang sangat luas, akan tetapi masih banyak masyarakat yang meremehkan tentang manfaat membaca, mereka tidak berfikir apa yang akan kita dapat di masa depan dengan sering membaca.

Membaca terkadang juga dapat menimbulkan hal-hal negatif, banyak sekali tulisan yang mengandung kekerasan, pornografi, perundungan dan lain-lain. Hal tersebut justru akan membuat kita menerima dampak-dampak negatif. Banyak anak dibawah umur yang membaca tulisan yang tidak diperuntukkan untuk umur nya, anak tersebut bisa saja meniru adegan dari tulisan yang ia baca.

Peran orang tua menemani anak dalam mengenal hal-hal baru sangatlah penting, apalagi di zaman yang canggih ini. Memberikan anak buku-buku yang berguna bagi dirinya adalah salah satu hal untuk mencegah hal tersebut. Penting bagi kita untuk memikirkan terlebih dahulu dampak tentang apa yang kita lakukan. Kita harus menghindari membaca tulisan-tulisan yang bersifat negatif agar kita tidak mencontoh hal-hal yang ada di dalam tulisan tersebut yang akan berdampak negatif juga pada masa yang akan datang.

Ada salah satu mata pelajaran yang mengharuskan saya untuk sering membaca agar paham dengan materi-materi yang dipelajari, namun pada saat itu saya malas untuk membaca, saya pikir dengan mendengarkan penjelasan guru saja sudah cukup, nyata nya tidak. Hasil dari kemalasan saya adalah pada saat ujian banyak soal yang keluar dari penjelasan guru saya dan jawaban nya hanya bisa saya dapatkan dengan membaca, pada akhirnya hasil tes yang keluar sangat tidak memuaskan, disitu saya menyesal mengapa tidak membiasakan untuk membaca. Sejak saat itu saya mulai membiasakan membaca untuk memahami materi yang dijelaskan oleh guru.

Membaca bukan hanya melihat kata-kata yang ada, namun juga memahami makna yang terdapat di dalam nya. Sangat penting untuk membiasakan membaca sejak dini, wawasan yang luas dapat membawa kita kepada kesuksesan, dengan membaca, kita tidak akan tertinggal informasi tentang dunia luar, kita dapat menjadi orang yang berpikiran jernih hanya dengan membaca. Maka dari itu marilah kita membiasakan membaca mulai dari sekarang demi masa depan cerah dan tidak menyesal di hari kemudian.

Dinda Yanti Alivia Kamila, lahir di Jember pada tanggal 13 Juli tahun 2008. Seorang siswi yang bersekolah di MTsN 1 Jember dan bertempat tinggal di Krajan Tempurejo

Alamat email yang bisa dihubungi kapanpun dan dimanapun [email protected]

Nomor wa aktif jika tidak offline 085731221490

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post