Indah Wulandari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengukir Prestasi Melalui Pembelajaran Digital, Brainly.

Mengukir Prestasi Melalui Pembelajaran Digital, Brainly.

Mengukir Prestasi Melalui Pembelajaran Digital, Brainly.

Oleh : Indah Wulandari

SMPN 3 Bangsalsari

Di era yang canggih sekarang ini, siapa pelajar yang tidak tahu teknologi apalagi tidak menggunakan teknologi, dalam berbagai bentuk dan kegunaan mulai dari alat komunikasi dan dalam berbagai aspek kehidupan lainnya. Teknologi pada masa kini tergantung pada siapa yang menggunakannya!

Entah berdampak positif maupun negatif. Dampak positif dari teknologi memudahkan kegiatan belajar para pelajar, membuat para pelajar bisa lebih mudah mendapatkan informasi yang mendukung proses belajar. Adapun dampak negatif yaitu para remaja akan sering mengunjungi situs-situs yang berbau pornografi yang menyebabkan rusaknya karakter para pelajar.

Mengingat pelajar masa kini kurang bijak dalam menggunakan teknologi membuat teknologi salah diartikan oleh masyarakat. Mereka semua beranggapan bahwa teknologi adalah faktor terbesar terjadinya kenakalan remaja. Seorang pelajar bisa berjam-jam melihat-lihat media sosial, baik itu Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter atau pun lainnya.

Apabila hal itu terjadi, maka secara tidak langsung orang tersebut tertipu dan banyak membuang-buang waktu. Sebab hampir setiap jam rebahan didalam rumah sembari bermain-main dengan handphone tanpa ada manfaat yang bisa didapat, bahkan menjadi tidak produktif. Bijak-bijaklah dalam menggunakan teknologi. Keberadaan teknologi dapat menjadi bumerang bagi diri sendiri. Apabila dalam menggunakan atau memanfaatkannya menjadi ketergantungan secara berlebihan.

Kita dapat memanfaatkan teknologi untuk mencapai prestasi. Handphone sebagai media sarana belajar. Kita dapat menggunakan berbagai macam aplikasi untuk sebuah pembelajaran. Seperti diriku yang menggunakan aplikasi Brainly.

Brainly sebagai aplikasi yang mempertemukan siswa dan tenaga pendidik secara online berusaha mewadahi kebutuhan akan kegiatan belajar mengajar. Banyaknya kegiatan di sekolah membuatku tidak sempat mendapatkan penjelasan guru secara maksimal. Dikarenakan kegiatan paskibra yang mengharuskanku untuk fokus latihan. Padatnya jadwal latihan untuk lomba mengharuskanku meninggalkan mata pelajaran untuk sementara waktu. Membuat diriku tidak dapat mengikuti pelajaran dan aku tidak ada di kelas saat guru menerangkan.

Dari inilah aku banyak ketinggalan materi pelajaran tetapi aku tetap menyusul mengerjakan tugas setiap mata pelajaran yang tertinggal. Banyak materi pelajaran yang tidak aku pahami membuatku bingung dan kesulitan untuk mengerjakan tugas. Tiba dimana saat tanya jawab di kelas pun aku yang biasanya mudah dalam menjawab pertanyaan guru, aku sering kebingungan akibat tidak mengerti apa yang dimaksud.

Guru pun yang melihatnya lantas bertanya "Indah, kenapa indah tidak seperti biasanya?" tanya guruku . Aku pun menjawab "Maaf Bu indah tidak paham dengan materi tersebut, sebab kemarin indah tidak mengikuti pelajaran di kelas dikarenakan ada latihan paskibra untuk persiapan lomba" Jelasku kepada guru tersebut.

"Jika begitu jam istirahat indah bisa menemui bu guru, jika ada materi yang tidak Indah pahami" ujar guruku."Baiklah Bu terimakasih"ucapku.

Namun aku tidak ada waktu untuk menemui guruku hanya untuk sekedar bertanya karena waktuku yang padat dan fisik yang kelelahan membuatku tidak bersemangat untuk bertanya kepada guru. Hari terus berganti hatiku kini sangat cemas melihat nilaiku yang mulai menurun akibat ketidak penguasaan diriku terhadap materi. Aku pun mulai berfikir "Bagaimana caranya supaya aku dapat memahami materi walaupun tanpa hadir dikelas"Batinku berfikir.

Aku pun teringat akan sebuah aplikasi yang dulu sering aku gunakan saat pembelajaran daring. Yaitu Aplikasi Brainly. Aplikasi Brainly adalah solusi untuk para pelajar yang kesulitan dalam memahami sebuah mata pelajaran contohnya seperti diriku. Manfaat dari Brainly adalah menghadirkan cara baru yang lebih menyenangkan dalam mempelajari berbagai literatur dan ilmu pengetahuan.

Aku mendapatkan banyak pengetahuan dari aplikasi Brainly. Dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, IPS dan IPA. Dari yang awalnya tidak mengerti menjadi mengerti. Berkat Brainly nilaiku selalu baik dan semakin meningkat. Aplikasi Brainly berguna untuk kita apabila tidak tahu jawaban dari soal yang kita maksud. Kita dapat bertanya pada teman Brainly. Kita bisa belajar (tanya jawab) dengan mudah dan masih banyak lagi. Intinya aplikasi Brainly merupakan media belajar bagi siswa yang kesulitan menjawab pertanyaan. Tetapi jangan digunakan untuk menyontek ya! Tetap bijak, gunakan Braily sebagai sumber kebutuhan untuk belajar.

Akhirnya sekarang prestasi belajar dapat kuraih, tanpa khawatir ketinggalan pelajaran lagi. Semester ini aku memperoleh peringkat satu di kelas. Hasil yang belum pernah kudapatkan sebelumnya. Kini prestasiku di sekolah meningkat tak hanya di kegiatan ekstra Paskibra tetapi juga dalam hal mata pelajaran.

Sampai saat ini pun aku masih suka belajar menggunakan Brainly. Oleh sebab itu teman-teman bijaklah dalam menggunakan teknologi. Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk meraih prestasi tanpa menyalah gunakannya. Semoga pengalaman yang kuperoleh ini dapat membuka hati dan pikiran teman-teman serta menjadi salah satu contoh yang bermanfaat.

Profil Penulis

Namaku Indah Wulandari. Aku lahir di Jember, pada tanggal 3 April 2008. Aku bersekolah di SMPN 3 Bangsalsari dan sekarang aku sudah kelas 8. Alamatku di Jl.Nasional Dusun Krajan langkap-Bangsalsari yang lumayan jauh dari sekolah. Kritik dan saran bisa melalui [email protected] atau no.wa 085791705950.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post