Indah Wulandari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Guruku, Motivator Masa Depanku

Guruku, Motivator Masa Depanku

Guruku, Motivator Masa Depanku

 

Oleh: Indah Wulandari

SMPN 3 BANGSALSARI 

 

Mungkin tidak pernah terbersit dalam pikiran kita. Namun, begitulah kenyataannya, seseorang yang berprofesi luar biasa. Bahkan dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang tersemat padanya. Namun gelar tersebut pun tidak akan cukup untuk dijadikan sebagai tolok ukur dalam menghargai jasa-jasa yang telah dilakukan dalam mencetak sumber daya manusia berkualitas.

Guru adalah sebuah profesi yang mulia. Banyak yang mendefinisikan guru merupakan sosok yang begitu dihormati karena memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. 

Ketika orang tua mendaftarkan anaknya ke sekolah, pada saat itu juga orang tua menaruh harapan terhadap guru, supaya anaknya dapat berkembang secara optimal.

Sebagian besar semua orang pasti tahu guru adalah orang tua kedua disekolah. Sebagai seorang murid yang baik, kita bisa melihat sosok seorang guru diibaratkan seperti matahari.

Dari gurulah kita bisa memaknai filosofi dibalik terangnya sinar matahari. Seperti matahari, yang selalu memberikan sinar terangnya kepada seluruh makhluk tanpa mengharapkan imbalan atas sinar yang dipancarkan. 

Begitupun seorang guru, mereka berprinsip untuk terus memberikan ilmu atau nasihat yang bermanfaat kepada muridnya, tanpa mengenal keluh kesah, tanpa mengenal lelah, dan ikhlas tanpa disertai harapan untuk mendapatkan imbalan apapun.

Tahukah kalian bahwa akan lebih baik jika kita dekat dengan seorang guru. Bukan tanpa alasan, kedekatan seorang guru dan siswa akan berpengaruh hebat pada perkembangan pendidikan siswa.

Mengapa Aku berkata demikian? karena Aku mengalaminya. Aku dekat dengan seorang guru, Bu Sri Lestari namanya! Seorang guru dengan sikapnya yang tegas, mandiri, kreatif, dan pantang menyerah. 

Semua berawal ketika Aku yang masih dengan kepribadian pemalu dan tidak percaya diri itu, lalu dipertemukan dengan guru seperti Bu Lestari membuat terjadi banyak perubahan pada diriku.  

Ada perkataan beliau yang membuatku masih mengingatnya hingga saat ini.

“Tidak ada yang tidak bisa didunia ini. Kita bisa jika kita mau belajar untuk bisa. Bukan karena tidak bisa kita menyerah. Karena tidak semua orang langsung bisa dan pintar. Kita harus belajar terlebih dahulu sebelum bisa. Semua kembali pada kita apakah kita  memiliki kemauan untuk mau belajar?” 

Perkataan beliau masih sangat melekat di memoriku. Dan sangat membuatku termotivasi. Bu Lestari mengajarkanku apa itu tampil di depan umum dengan percaya diri. Pernah suatu ketika ada perlombaan tari Aku yang semula tidak pede untuk ikut karena tubuhku yang sangat kaku. Namun Bu Lestari mengajakku dan melatihku dengan sangat telaten sampai tubuhku kini lumayan luwes. 

Dan latihan keras itu ternyata membuahkan hasil. Alhamdulillah grup tari dari sekolahku meraih juara 3 tingkat kabupaten. 

Tak hanya itu saja Bu Lestari selalu mengajakku untuk mengikuti perlombaan-perlombaan. Salah satunya literasi. Padahal sebelumnya Aku tidak ada bakat untuk menulis. Karena bakatku hanyalah berpidato dan membaca puisi. Namun Bu Lestari meyakinkanku dengan hal yang terjadi kemarin nyatanya Aku yang tidak bisa menari kini bisa kan? Karena dukungan dari Bu Lestari membuatku semakin semangat untuk menulis. Dengan rajin Aku selalu hampir setiap bulan mengikuti lomba di sasisabu media guru. Tentunya dibawah bimbingan Bu Lestari hingga sampai saat ini. Dan Alhamdulillah nya di setiap Aku mengikuti lomba Aku selalu masuk nominasi pemenang. Membuatku kegirangan! Keren sih!

Dari hal yang diajarkan Bu Lestari membuatku menjadi seorang anak yang tegas, percaya diri, dan pantang menyerah. Bangga sekali bukan?

Awalnya hanya seorang murid biasa kini menjadi luar biasa. Semua bukan murni karena diriku tapi karena berkat Ibu Lestari yang selalu membimbing, memberikan kasih sayang dan mendukungku untuk selalu tampil percaya diri di depan umum.

Dari sini kita dapat menyimpulkan kedekatan guru dan siswa itu penting. Karena dari kedekatan itu guru tak hanya memberikan sekedar ilmu pengetahuan namun guru dapat memberikan kasih sayang penuh kepada siswanya. Bukankah hal itu sudah jelas kawan? Jika begitu tunggu apa lagi Ayo jalin kedekatan kalian kepada guru! maka kalian akan menemukan sesuatu hal yang tak pernah kalian pikirkan!

Profil Penulis

Namaku Indah Wulandari. Aku lahir di Jember pada tanggal 3 April 2008. Aku bersekolah di SMPN 3 Bangsalsari. Sekarang Aku duduk di kelas 9A. Rumahku di dusun Krajan Langkap. Kritik dan saran bisa melalui email [email protected] atau di nomor wa ku 085791705950

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post