~NA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pandangan Tentang Pencemaran

Pandangan Tentang Pencemaran

Pandangan Tentang Pencemaran

By : Nur Inayah Anindita

Pencemaran adalah kata yang sangat melekat dengan keadaan lingkungan saat ini, pencemaran bisa juga disebut polusi. Sebenarnya apasih garis besar dari kata ‘Pencemaran’ itu sendiri?. Pencemaran adalah berubahnya tatanan (kondisi) lingkungan oleh kegiatan manusia ataupun proses alam.

Pencemaran ada lima jenis, pencemaran udara, pencemaran air, pencemara tanah, pencemaran suara dan pencemaran cahaya. Yang paling akrab dan paling sering dibahas adalah tiga pencemaran yang saya sebutkan pertama kali, kita akan mambahas ketiganya. Kita tidak hanya akan membahas tentang pencemaran udara, air, dan tanah saja, kali ini kita juga akan membahas tentang pencemaran suara dan cahaya.

Pencemaran udara sangat mengganggu kegiatan bagi manusia maupun makhluk hidup lain dan dapat membahayakan kesehatan. Ada banyak sekali penyebab pencemaran udara, sebagian besar kegiatan manusia dapat manjadi penyebabnya. Selain dari kegiatan manusia, ada beberapa faktor alam yang menjadi penyabab pencemaran udara, contohnya aktifitas gunung berapi yang mengeluarkan abu dan gas vulkanik, dan kebakaran hutan, itu juga kalau tidak dibakar dengan sengaja.

Tidak hanya pencemaran udara yang mengganggu kegiatan dan kesehatan, pencemaran air juga menggagu kehidupan. Air adalah sumber dari kehidupan, penyebab pencemaran air biasa terjadi karena limbah, sampah sampah, kebocoran minyak kapal, dan lain lain. Pencemaran air berampak sekali untuk kehidupan, apalagi untuk kehidupan didalam air, seperti sungai dan laut.

Pencemaran tanah bisa berdampak pada lapisan bumi, tanah menjadi tidak subur, berkurangnya tutupan hutan bumi, dan berkurangnya makanan ternak yang digembalakan, pencamaran tanah juga menyebabkan hilangnya humus. Pencemaran tanah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain adalah Limbah Pertanian, siapa sangka penyebab pencemaran tanah ternyata juga bisa berasal dari kegiatan bertani. Penyebab lain adalah bencana alam, kebakaran hutan, dan limbah limbah yang mengandung zat-zat berbahaya.

Pencemaran suara, apa sih, maksudnya? Pencemaran suara memang jarang dibahas, tapi ketika mecari jenis-jenis pencemaran melalui internet, pasti pencemaran suara masuk didalamnya, Karena suara juga dapat menjadi suatu bentuk ancaman bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Pencemaran suara tidak bisa dilihat, tapi dapat menjadi ancaman nyata bagi kehidupan. Pencemaran suara bisa muncul akibat kebisingan, melebihi ambang batas yang bisa ditoleransi manusia, seperti suara klakson yang digunakan berlebihan, suara bising pesawat di bandara, dan lain sebagainya. walau sering disepelekan, pencemaran suara dapat menimbulkan berbagai masalah seperti, gangguan pendengaran, tekanan darah tinggi, stres, dan gangguan bicara.

Pencemaran cahaya, apa lagi itu? Sama halnya dengan pencemaran suara, pencemaran ini jarang dibahas. Apa sih pencemaran cahaya itu? Pencemaran cahaya terjadi akibat cahaya buatan manusia, yang mengubah pandangan siang-malam makhluk hidup, sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem.

Sama halnya denga setiap pencemaran, pencemaran cahaya juga memiliki dampak yang buruk. Contoh dampak buruk pencemaran cahaya antara lain, burung yang berkicau di jam-jam tidak biasa karena terkecoh cahaya terang di malam hari, hewan kesulitan mendapatkan makanan karena jadwal siang dan malam yang tertukar, ilmuwan kesulitan melihat bintang dan pergerakan langit di malam hari, dan lain sebagainya.

Dicontoh pencemaran cahaya yang terakhir, saya merasakannya sendiri hal tersebut, saya bukan ilmuan, tapi saya suka melihat bintang. Saya tinggal didaerah yang sangat dekat dengan hutan, masih sangat asri. Ditempat saya tinggal, langit malam terlihat sangat jelas, apalagi sebelum fajar, katika orang-orang sekitar masih terlelap. Hal itu sangat bebeda dengan kampung saya yang berada di kota. Mungkin selama pulang kampung saya tidak bisa melihat langit sejernih dirumah kecuali sebelum fajar, itupun masih jernih kalau melihat di rumah.

Kalau kita bahas tentang pencemaran, dipikir pikir lucu juga ya?. Kita selalu bilang gini ‘pencemaran benar-benar mengganggu kehidupan’ atau apupun seolah sepenuhnya meyalahkan alam atas pencemaran. Coba dipikir lagi,! Siapa sebenarnya penyebab terbesar pencemaran?. Coba dipikir lagi, penyebab dari manusia apa saja? Dari alam apa saja? Jawabannya bisa dipikirkan sendiri atas kesadaran masing-masing. Mengingat tentang pencemaran suara dan cahaya yang jarang diketahui orang-orang, apa masih ada lagi pencemaran lain selain kelima tersebut? Walllahua’lam. Kita sebagai makhluk yang tinggal di bumi, kita harus berusaha keras mencegah pencemaran.

Profil Penulis.

Hai, As-salamua’laikum. Nama saya Nur Inayah Anindita, lahir di Sleman, 25 Desember 2007, saat ini saya bersekolah di SMP MTA Gemolong, Sragen, Jawa Tengah. Kalau ingin berkenalan lebih dekat bisa hubungi alamat E-mail [email protected], atau WhastApp 082382507609. tapi mungkin kalau di asrama saya tidak bisa dihubungi melalui WhastApp.^^

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post