Imanda Zanuba Q

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Semangat Pelajar Merdeka Dengan Membaca

Semangat Pelajar Merdeka Dengan Membaca

Oleh : Imanda Zanuba Qothrunnada

Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan. Di masing-masing sekolah pasti memiliki perpustakaan, entah itu sekolah swasta ataupun negeri pasti memiliki perpustakaan. Disekolah ku juga memiliki perpustakaan tepatnya berada di dekat aula, banyak buku yang bisa dicari di perpustakaan sekolahku itu, mulai dari novel, cerpen, cerita rakyat, bahkan buku pelajaran dapat dijumpai disana. Sistem meminjam buku di perpustakaan sekolah ku pun cukup modern, dengan meng scand barcode yang ada di kartu pelajar kita sudah dapat meminjam buku dengan jumlah apapun. Orang yang menjaga di perpustakaan sekolahku pun sangatlah ramah dan murah senyum, maka dari itu adalah salah satu dari banyak alasan aku suka ke perpustakaan. Saya selalu memanfaatkan waktu luang untuk membaca di perpustakaan.

Aku memiliki cita cita menjadi seorang ipdn (Institut pemerintahan dalam negeri) sama seperti kakak laki-laki ku yang kedua, menjadi seorang ipdn tentu harus memiliki pengetahuan umum yang berlimpah. Ingin memiliki pengetahuan yang banyak pasti tidak akan luput dari yang namanya membaca, di perpustakaan sekolah ku ada banyak buku yang membahas tentang sejarah, akupun suka membaca buku disana walaupun kebanyakan buku yang aku baca adalah buku novel. Bisa dibilang aku lumayan suka membaca karena bunda ku memiliki hobi yakni membaca dan mengoleksi banyak buku novel. Bunda pernah bilang kepadaku kalau membaca itu tidak akan membuatku haus akan ilmu, dan akupun sering mendengar kalimat "membacalah maka kamu akan mengenal dunia" di sekolahku.

Selain niat, hobi membaca juga bisa di dukung melalui tempat yang nyaman, dan fasilitas yang memadai. Menurutku hobi itu bukan hanya sekedar menyukai dan berminat saja tapi juga kena didukung oleh apapun salah satunya adalah fasilitas seperti meja untuk membaca. Kalian tau, ini adalah salah satu dari banyak hal yang membuat aku bersyukur dan nyaman membaca di perpustakaan sekolahku, fasilitas nya sangat memadai mulai dari pendingin ruangan, meja untuk membaca, apalagi ditambah banyak buku yang dapat dibaca di dalamnya. Suasana yang nyaman bisa membuatku tidak terasa membaca dalam waktu yang lama serasa sebentar. Suasana yang nyaman juga membuat membaca semakin menyenangkan sekali. Mulai dari buku fiksi seperti novel, maupun buku non fiksi seperti buku sejarah dan masih banyak lagi. Koleksi yang sangat lengkap di perpustakaan sekolahku membuat aku semakin tidak bosan-bosan mengunjungi perpustakaan.

Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT agar kita lebih giat lagi dalam membaca. Semakin besar minat kita dalam membaca, semakin luas juga jendela pengetahuan terbuka untuk kita. Mari budayakan membaca. Kapanpun dan dimanapun kita berada harus selalu biasakan membaca. Agar terbuka cakrawala jendela dunia. Jangan malas untuk membaca. Jangan bosan-bosan untuk membiasakan membaca. Sebagaimana ayat pertama dari surah Al-Qur’an yang pertama kali turun ke bumi adalah Iqro’ (bacalah). Semoga dengan adanya perpustakaan disekolah kita dapat menimbulkan minat membaca para pelajar di Indonesia dan menjadikan pelajar Indonesia yang merdeka dalam belajar. Aamiinn..

Kampung Asa, 15 Oktober 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post