Silfina Anisya Ramadhani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pramuka banyak melahirkan  inspirasi

Pramuka banyak melahirkan inspirasi

Pramuka banyak Melahirkan Inspirasi

Oleh: Silfina Anisya Ramadhani

Apakah kamu punya hobi mengikuti Pramuka? Kalau pernah ikut, berarti kamu memiliki hobi yang sama denganku. Kamu tahu enggak Pramuka itu seperti apa? Pramuka itu adalah singkatan dari Praja Muda Karana. Banyak sekali manfaat bila kita mengikuti kegiatan pramuka terutama di sekolah. Kegiatan Pramuka sangat berguna untuk meningkatkan kualitas kepribadian baik di masa sekarang maupun mendatang. Kegiatan pramuka memberikan banyak kegiatan yang bermanfaat bagi generasi muda khususnya kita sebagai siswa adalah sebagai generasi di masa mendatang. Beberapa contoh kegiatan Pramuka yang kita ketahui adalah upacara hari Pramuka, senam pagi bersama, jelajah alam, upacara api unggun, dan perlombaan-perlombaan lainnya. Dalam Pramuka, anak-anak dituntut untuk dapat bekerja sama lebih kreatif dan aktif. Selain itu, Pramuka juga mengajarkan kepada kita tentang jiwa keterampilan yaitu hidup mandiri dan jiwa nasionalis.

Aku adalah seorang siswa di antara banyak siswa yang mengikuti kegiatan pramuka di sekolah. Menjadi Pramuka yang sejati adalah orang yang tak pernah lelah mengikuti kegiatan Pramuka. Perlu diketahui bahwa Pramuka merupakan suatu kegiatan yang seluruh sekolah diwajibkan untuk semua siswanya wajib mengikuti kegiatan Pramuka. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Di dalam kegiatan Pramuka, kita diajarkan tentang keilmuan dalam pramuka seperti membuat yel-yel, tali-menali, baris-berbaris, perkemahan, kepanduan, dan lain-lain.

Pengalaman mengikuti kegiatan Pramuka bagi saya adalah mendapatkan banyak teman dan pengalaman baru. Manfaatnya yaitu saya bisa mendapat wawasan yang luas. Kita melihat dan belajar tentang kedisiplinan dan kemandirian dalam Pramuka. Dalam kegiatan Pramuka, aku memiliki pengalaman yang sangat menyenangkan yaitu berkemah. Dalam perkemahan Pramuka, ada hal yang kita pelajari di dalamnya. Kita diuji untuk saling menjaga dan merawat kekompakan satu sama lain. Dalam satu regu harus ada kekompakan bersama.

Selain itu, aku banyak belajar tentang kepramukaan dari berbagai literatur dan banyak sumber lainnya. Salah satu contohnya adalah bahwa gerakan Pramuka memiliki kode-kode kehormatan Pramuka, sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar Pramuka. Gerakan Pramuka memiliki kode kehormatan yang terdiri atas janji yang disebut darma kode kehormatan Pramuka yang disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan. Intinya, di dalam kegiatan Pramuka tersebut, kami mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan pramuka bagi semua orang. Beberapa manfaat yang kami rasakan adalah kita menjadi lebih mandiri, melatih dan memupuk rasa disiplin, semangat belajar dan melatih kemampuan organisasi. Dengan mengikuti kegiatan pramuka, kami bisa menemukan inspirasi-inspirasi yang sangat bermanfaat bagi diri saya dan orang lain. Bagi saya, inspirasi dari Pramuka adalah bisa berkarya di saat masih muda. Ketika sudah dewasa, tentu saja, saya akan mendapatkan hasilnya. Dalam kegiatan Pramuka, kami semua belajar dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan kepercayaan dari semua orang terutama dari guru-guruku di sekolah. Tunggu apa lagi? Yuk, teman-teman! Ikutan Pramuka, dong!

Biodata siswa:

Nama: Silfina Anisya Ramadhani

TTL : Situbondo, 06-09-2008

Sekolah: SMPN 1 Suboh - Situbondo

No HP: 085336313052

Email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post