H.ERWAN SALUS PRIJONO,S.Pd.,M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membumikan Literasi di SMPN 6 Jember
Membumikan Literasi di SMPN 6 Jember

Membumikan Literasi di SMPN 6 Jember

Membumikan Literasi di SMPN 6 Jember

Jauh sebelum Mendikbud Anies Baswedan Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah “Bahasa Penumbuh Budi Pekerti”tgl.19 Agustus 2015 yang dilakukan secara simbolis dengan menyerahkan buku paket bacaan untuk 20 sekolah di DKI Jakarta sebagai bahan awal kegiatan literasi.Gerakan Literasi Sekolah dikembangkan berdasarkan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti bagi anak.istilah penumbuhan disini adalah memberikan ruang bagi tumbuhnya budi pekerti dalam diri anak karena pada dasarnya anak anak itu sudah memiliki modal dasar budi pekerti.Gerakan Literasi Sekolah ini bertujuan membiasakan dan memotivasi siswa untuk mau membaca dan menulis guna menumbuhkan budi pekerti. Dalam jangka panjang, diharapkan dapat menghasilkan anak-anak yang memiliki kemampuan literasi tinggi.

Saya mendapat amanah guru dengan tugas tambahan sebagai Kepala sekolah SMP Negeri 6 Jember sejak tanggal.4 Nopember 2010 - 7 Mei 2018. Dan tanpa saya sadari apa yang saya lakukan sejak tahun 2010 termasuk Gerakan Literasi sekolah. Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk menggiatkan gerakan Literasi di sekolah saat itu :

1. Menggiatkan Mading Kelas .

Tujuannya memberi ruang tumbuhnya minat baca dan menulis serta kreativitas siswa. Untuk lebih memotivasi siswa ditetapkan tema mading kelas dan setiap bulan ada penilaian karya mading terbaik per kelas paralel yaitu kelas VII,VIII dan IX dan peraih mading terbaik mendapatkan piagam serta piala bergilir untuk masing masing kelas parallel yang diserahkan saat upacara bendera hari senin setiap awal bulan.

2. Menggiatkan Mading OSIS.

Mading OSIS dikoordinasi oleh OSIS dengan menampung karya karya siswa yang dimasukkan ke kotak Mading OSIS.Karya karya yang masuk diseleksi dan ditampilkan di Mading OSIS yang diletakkan di tempat Strategis di lorong masuk halaman sekolah berdampingan dengan papan pengumuman,sehingga semua warga sekolah dapat dengan mudah melihat dan membaca mading OSIS

3. Majalah Keris Sena (Kreatifitas Siswa SMPN 6 Jember) Menggali Potensi Menebar Kreasi,bersatu dalam Visi Menebar Sejuta Aksi.

Majalah ini adalah wujud kreativitas dari Ekstrakurikuler Jurnalistik.Terbit secara berkala setahun dua kali dan diserahkan kepada wali murid saat penerimaan raport semester 1 dan 2. Berbeda dengan mading kelas maupun mading OSIS,Majalah Krisena tidak hanya memuat karya tulis siswa tapi juga karya tulis guru dan karyawan,prestasi yang diraih SMPN 6 Jember sserta galeri foto foto kegiatan selama satu semester bahkan saya selaku kepala sekolah juga selalu menulis untuk setiap penerbitan Krisena.Tiap terbit 1000 eksemplar . 756 eksemplar untuk seluruh siswa sisanya untuk guru,karyawan,arsip perpustakaan sekolah,Dinas Pendidikan, diberikan kepada tamu penting sekolah dan dibagikan ke undangan saat Upacara Hari Pendidikan Nasional dan Hari Guru Nasional.Selama menjadi kepala sekolah sudah ada 14 kali terbitan Majalah Krisena.hal ini bisa terwujud karena saya sudah mengkomunikasikan kepada Orang Tua Siswa untuk mendukung kretivitas siswa dengan mendukung pembelian Majalah Krisena saat penerimaan Raport baik semester 1 maupun semester 2.dan melalui pembagian Majalah Krisena kepada tamu undangan Upacara Hari pendidikan Nasional dan Hari guru Nasional setiap tahunnya kegiatan dan prestasi SMPN 6 Jember yang dimuat dimajalah krisena menjadi lebih dikenal masyarakat luas.sayangnya setelah saya pindah tugas Majalah Krisena vakum sampai sekarang. Mungkin saat itu kehadiran Majalah Krisena dianggap biasa biasa saja tetapi setelah 5 tahun berlalu 14 edisi majalah Krisena menjadi dokumentasi berharga kegiatan literasi di SMPN 6 Jember selama 8 tahun mulai tahun 2010 sampai 2018.

4. Pemilihan Raja dan Ratu perpustakaan

Penanggung jawabnya adalah kepala perpustakaan dan petugas perpustakaan dilaksanakan setiap bulan. Merupakan apresiasi kepada siswa yang paling aktif mengunjungi dan meminjam di perpustakaan SMPN 6 Jember rewardnya sederhana saja bopoint,buku tulis dll tiap kelas 1 putra dan 1 putri tapi dampaknya membuat perpustakaan menjadi lebih semarak.

Demikianlah program program yang telah saya laksanakan untuk menumbuhkan semangat literasi dengan harapan anak anak terbiasa menulis, membaca untuk mengapai masa depan yang cerah.

Profil Penulis

Erwan Salus Prijono ,terlahir di Surabaya,21 Februari 1968.Pendidikan yang pernah ditempuh SD Negeri Gebang 4 Jember,SMP Kartika 2 Jember,SMA Negeri 2 Jember,D2 Bhs Inggris Universitas Jember(1988),S1 STKIP PGRI Situbondo Jurusan PDU Ekonomi (1996),S1 Universitas Islam Jember Jurusan Bhs Inggris (2005) ,S2 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Jurusan teknologi Pembelajaran (2003). S3 Universitas Islam Bandung Jurusan Manajemen Pendidikan (sampai Kandidat doctor) tahun 2012.

Jenjang karir dimulai dari GTT di SMP Negeri 5 Jember tahun 1988,guru PNS bahasa inggris di SMP Negeri 1 Asembagus tahun 1989 - 1996, guru PNS bahasa inggris di SMP Negeri 10 Jember tahun 1996 - 2004, Kepala SMP Negeri 1 Sukowono tahun 2004 - 2008,Kepala SMP Negeri Sukorambi tahun 2008 - 2010,Kepala SMP Negeri 6 Jember tahun 2010 - 2018,Kabid SMP di Dinas Pendidikan Kabupaten Jember tahun 2018 - 2020 ,Kabid Kepemudaan di Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Jember sejak 24 Desember 2021 sampai sekarang.

Pengalaman tugas lain menjadi Trainer IAPBE ( Indonesia Australia Partnership in Basic Education) Th 2005 sd 2007,pemandu MKKS BERMUTU Th 2010 sd 2012, tutor Universitas Terbuka UPBJJ Jember Th 1999 hingga sekarang dan sebagai penggagas #gerakanliterasijember sejak th 2018 hingga sekarang .

Penulis juga pemenang lomba esai dalam buku antologi MGI tema “Maaak…Paaak…Aku Pulaaaaaang”.judul esainya adalah “Jangan Bersedih,Ibu” Maret 2023.

Penulis bisa dihubungi di email [email protected] dan wa 081231500972

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post