Hening Almira

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

PERMATA MTsN 5 Jombang 2023 (hari ke-1&2)

Sabtu (31/12/22), MTsN 5 Jombang mengadakan Perkemahan Akhir Tahun (PERMATA) yang diikuti kurang lebih 85 siswa-siswi perwakilan dari kelas 7 serta kurang lebih 45 Dewan Penggalang (DP) yang telah dilantik menjadi penggalang terap dihari sebelumnya.

Kegiatan dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan melakukan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kak Nabila Aida sebagai PRATAMA (Pemimpin Regu Utama) dan Kak Harnoto sebagai pembina.

Kegiatan dilanjut oleh Kak Jumadi yang akan memberi materi gladian untuk PINRU (Pimpinan Regu) dan WAPINRU (Wakil Pimpinan Regu). Materi yang diberikan yaitu tata cara menjadi petugas apel maupun upacara, seperti PRATAMA, pengibar bendera, dan pengucap Teks Dasa Dharma.

Pukul 16.15, setelah pemberian materi dan setelah makan siang bersama, peserta menuju area musala untuk melaksanakan salat Asar berjamaah dengan Kak Erwin sebagai imam.

Kegiatan selanjutnya yaitu pemberian materi PBB (Peraturan Baris-Berbaris), baik PBB dasar maupun PBB tongkat yang diberikan oleh kakak-kakak DP.

Setelah pemberian materi PBB selesai, peserta kelas 7 melakukan uji SKU (Syarat Kecakapan Umum) yang diujikan kepada Kak Hari, Kak Jumadi, dan Kak Kamilah.

Ketika azan Maghrib berkumandang, peserta dengan segera menuju ke area musala untuk melaksanakan salat Maghrib dengan Kak Baim sebagai imam.

Setelah selesai salat Maghrib, peserta mendengar pengumuman apabila setelah salat Isya’ akan diadakan unjuk penampilan, maka peserta diperintah untuk mempersiapkan penampilan terbaik bersama regunya. Masing-masing regu pun berdiskusi untuk menyusun penampilan terbaik mereka.

Setelah salat Isya’ berjamaah di musala, pengeras suara diaktifkan, Kak Sugeng dan Kak Adam mulai memanggil peserta agar segera berbaris rapi di lapangan. Setelah berbaris kemudian duduk sesuai dengan regu, Kak Adam mulai memanggil dan mempersilahkan regu yang akan menampilkan penampilannya malam ini. Sebagian besar menampilkan yel-yel dan beberapa menampilkan kemampuan baris-berbarisnya.

Ketika penampilan telah selesai, peserta kembali ke tendanya masing-masing dan menunggu pengumuman selanjutnya.

Pukul 22:30 WIB, peserta diimbau agar segera membentuk lingkaran besar di tengah lapangan untuk sesi penyulutan api unggun dan dilanjut dengan sesi unjuk penampilan kedua bersama dengan kakak-kakak DP. Sesi unjuk penampilan diakhiri pada pukul 23:35 dengan penampilan kelompok 14 yang menampilkan Tari Zapin dengan Kak Alvin sebagai instruktornya.

Peserta diberikan waktu istirahat selama 25 menit sebelum sesi pencarian TKU (Tanda Kecakapan Umum) yang dilakukan di lapangan madrasah pada pukul 00:00 WIB.

Setelah beristirahat selama 25 menit, peluit dibunyikan, seolah memanggil peserta agar segera berbaris menuju lapangan. Tak lama kemudian, peserta telah berbaris rapi sesuai dengan regunya. Mereka diperintahkan untuk duduk terlebih dahulu dan menunggu instruksi lebih lanjut. Setelah beberapa menit kemudian, lampu-lampu penerang dimatikan, peserta diperintahkan untuk mencari tanda rakit yang telah disembunyikan oleh kakak-kakak DP dalam kurun waktu 15 menit. Karena gelapnya pengelihatan tengah malam tanpa bantuan dari lampu-lampu penerang, serta gelapnya langit tengah malam tanpa pantulan cahaya dari rembulan, sebagian besar tidak dapat menemukan tempat di mana tanda rakit disembunyikan. Mereka yang belum berhasil menemukan tanda rakit harus sabar menunggu dan membantu kakak-kakak DP mencarikan tanda rakit milik mereka.

20 menit berlalu, seluruh tanda rakit telah ditemukan. Kakak-kakak DP membagikan tanda rakit tersebut kepada peserta yang belum berhasil mendapatkannya. Kemudian mereka menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk upacara pelantikan pada pukul 00:45 WIB. Ayu dan Raffa menjadi perwakilan peserta kelas 7 sebagai peserta yang dilantik sebagai penggalang rakit.

Pada saat pelantikan, peserta diminta untuk mengucap Tri Satya dengan memegang ujung kacu lehernya sebagai bentuk keseriusan dalam janjinya. Sebelumnya, mereka juga diberi beberapa pertanyaan yang dijawab dengan singkat dan jelas; "Siap, bersedia."

Pukul 01:10 WIB, seluruh peserta PERMATA kelas 7 resmi dilantik menjadi penggalang rakit pangkalan MTsN 5 Jombang. Kemudian seluruh peserta PERMATA diimbau agar segera kembali ke tendanya masing-masing untuk beristirahat hingga pukul 04.00 WIB. Sebagian besar peserta dapat tertidur dengan lelap. Beberapa peserta lain memilih untuk tidak tidur, bahkan ada yang bermain, berlarian di tengah lapangan.

kembali ke tendanya masing-masing untuk beristirahat hingga pukul 04.00 WIB. Sebagian besar peserta dapat tertidur dengan lelap. Beberapa peserta lain memilih untuk tidak tidur, bahkan ada yang bermain, berlarian di tengah lapangan.

Pukul 04:00 WIB, peserta menuju area musala, mengambil air wudhu meski masih ingin melanjutkan mimpi-mimpi indahnya. Kak Zainal menjadi imam pada salat Subuh pertama ditahun 2023.

Untuk kegiatan selanjutnya adalah senam pagi pada pukul 05:00 WIB. Peserta diperintahkan untuk mengganti seragam pramuka lengkapnya dengan seragam olahraga. Peserta diberikan sedikit waktu untuk mengganti pakaiannya hingga pukul 05:05 WIB.

Peluit ditiup panjang, tanda untuk segera membentuk barisan di tengah lapangan. Peserta melakukan senam pagi bersama-sama dengan Kak Zainal, Kak Jumadi, dan Kak Puji sebagai instruktornya.

Pukul 05:45 WIB, peserta berbaris masih dengan seragam olahraganya untuk persiapan upacara penutupan PERMATA tahun 2023. Sebelumnya, peserta bergotong-royong membersihkan area sekitar tendanya masing-masing agar madrasah tetap bersih setelah kegiatan PERMATA. Pada upacara penutupan PERMATA tahun 2023, ada 3 petugas penurunan bendera, yakni Kak Tisya, Kak Zahra, dan Kak Syifa. Kak Nabila Aida tetap menjadi PRATAMA. Tetapi, pembina upacara penutupan kali ini adalah Kak Hari yang menyampaikan beberapa pesan penting kepada seluruh peserta PERMATA.

Sebelum peserta pulang ke rumahnya masing-masing, Kak Sugeng memerintahkan peserta PERMATA kelas 7 untuk mencopoti tenda yang telah mereka gunakan selama 1 malam untuk beristirahat. Masing-masing regu mulai mencabut tali yang terikat dengan paku di dalam tanah. Kemudian melipat tenda lalu mengembalikannya di aula.

Pukul 07:15 WIB, peserta dipulangkan menuju rumahnya masing-masing. Kegiatan berjalan lancar dari awal sampai akhir tanpa adanya suatu hambatan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, Mbak Almira. Ulasan keren. Salam literasi.

06 Jan
Balas



search

New Post