Havisyah Andara Narulita Farosa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Penerapan demokrasi pendidikan pada pembelajaran siswa di sekolah dasar .

"penerapan demokrasi pendidikan pada pembelajaran siswa di sekolah dasar"

ARTIKEL

Pendidikan merupakan kebutuhan setiap orang pendidikan dari waktu ke waktu selalu mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik seperti halnya penerapan demokrasi pendidikan dalam pembelajaran yang mengusung konsep memberi kebebasan siswa dalam berpendapat menyampaikan sagahan dan juga memiliki kesempatan yang sama tanpa ada perbedaan dari segi suku ras dan golongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan demokrasi pendidikan dalam proses pembelajaran siswa di sekolah dasar penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan di mana data mendapatkan dari jurnal artikel maupun webiste yang tersedia dalam internet dan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik anitis data melalui 4 tahap yaitu mencari data, produksi data menyajikan data, dan menarik kesimpulan titik hasil. penelitian menunjukkan bahwa siswa pada saat ini hanya dijadikan objek pembelajaran akan tetapi juga dijadikan subjek yang ikut terlibat dalam diskusi saat proses pembelajaran. Oleh karena itu diharapkan kepada guru agar mampu menciptakan lingkungan belajar yang demokratis bagi siswa.

Pendidikan merupakan kebutuhan bagi setiap individu pemerintah juga mengatur wajib belajar atau dalam artian wajib pendidikan selama 12 tahun bagi anak Indonesia. Aristoteles mengungkapkan pendidikan adalah salah satu fungsi dari negara, serta dilakukan terutama setidaknya untuk kepentingan negara itu sendiri titik negara yaitu institusi sosial tertinggi yang mengamankan tujuan atau kebahagiaan manusia titik di Indonesia pendidikan diatur sedemikian rupa oleh pemerintah dalam undang-undang misalnya saya undang-undang nomor 20 tahun 2003 yang membahas tentang sistem pendidikan nasional titik undang-undang ini mencakup semua tentang sistem pendidikan nasional di Indonesia termasuk pada bab IV bagian kedua pada pasal 17 dijelaskan bahwa pendidikan dasar . dalam dalam pasal ini dijelaskan bahwa pendidikan dasar adalah pendidikan yang menjadi landasan jenjang pendidikan menikah di mana pendidikan dasar tersebut bisa berbentuk pendidikan sekolah dasar SD dan juga madrasah 16 tiada MI atau yang sederajat dengan keduanya dan sekolah menengah pertama SMP dan madrasah Tsanawiyah MTS atau bentuk lain yang sederajat dengan keduanya.

Sejak berdiri era reformasi kehidupan masyarakat Indonesia menjadi serba terbuka dan transparan perbedaan pada masa orde baru yang terpercayaan ditutup tetapi dan rakyat seolah terkadang atau kurang bebas dalam gerakannya. Salah satu tuntutan rakyat pada masa itu yaitu. Sejak masa reformasi revolusi demokrasi kembali ditegakkan hal tersebut dengan mempengaruhi berbagai segi kehidupan salah satunya menjadikan yaitu dengan adanya demokrasi pendidikan.

Demokrasi pendidikan adalah salah satu pandangan yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan tenaga yang sama dan adil kepada semua siswanya tanpa membeda bedakan dalam segala aspek dalam kegiatan pembelajaran bayi di dalam kelas maupun di luar kelas demokrasi pendidikan memberikan kesempatan yang sama kepada setiap individu dalam bidang pendidikan tanpa membeda-bedakan agama suku ras dan juga satu sosial sehingga individu memiliki kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya mengembangkan potensi yang dimilikinya melalui pendidikan namun pada kenyataannya metode pendidikan dalam pembelajaran masih banyak atau jarak dalam pendidikan yang maha antara si kaya dan si miskin pendapat perlakuan yang berbeda dalam pembelajaran si pintar serta barang pintar masih ada perlakuan yang berbeda ketika di dalam kelas tak terkecuali dalam pembelajaran siswa sekolah dasar di mana masih banyak perbedaan perlakuan tenaga pendidik terhadap siswa yang pintar kurang pintar dan siswa gaya dengan yang kurang mampu sehingga masih banyak siswa yang keberadaannya seakan tidak terlalu mencolok dalam kelas (zahrawati dan faraza,2017), selain itu demokrasi pendidikan juga mengharapkan siswa aktif dan bisa dengan membebas menyampaikan pendapatnya dalam pembelajaran dan tidak hanya sebagai objek pembelajaran dari guru hanya pasif menerima ilmu tanpa data tukar pendapat atau diskusi dalam pembelajaran. Untuk itu penelitian tertarik untuk mengetahui penerapan demokrasi pendidikan dalam pembelajaran siswa sekolah dasar, penelitian yang dimiliki tujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi penerapan demokrasi pendidikan dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai penambah pengetahuan tentang penerapan demokrasi pendidikan dalam pembelajaran siswa sekolah.

Pantun

DEMOKRASI

BERSIKAP SOPAN DAN BAIK HATI

ITULAH ORANG YANG AKAN DICARI

PEMILU SUDAH SEBENTAR LAGI

SIAPKAN DIRI UNTUK PRESTASI

BUNGA KAMBOJA DIBUNGKUS TALI

BUNGA DIBELI DI PASAR JATI

KARENA PEMILU SEBENTAR LAGI

PILIH PEMIMPIN YANG TERPUJI

SAMPAH DI JALAN BANYAK BERSERAKAN

MASYARAKAT SEMBARANG MEMBUANG

DEMOKRASI BERLANALASKAN KEDAULATAN

TANPA MEMBEDAKAN LATAR BELAKANG.

BERSAMA KAKAK MEMBELI IKAN

OLAHAN IKAN SATE TUNA

JANGAN BOSAN BICARA KEBENARAN

AGAR DEMOKRASI TIDAK SIA-SIA.

Nama: havisyah Andara Narulita Farosa

Kelas: VllA

No absen: 14

Tanggal:14-10-2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post