Gwendeline Catriona Zou

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

TEKNOLOGI MENUJU PRESTASI

Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan kata ‘prestasi’. Prestasi itu apa sih? Prestasi itu adalah hasil yang dicapai seseorang atas usahanya. Misalnya, Maudy Ayunda yang saat ini terkenal dengan bakat dan prestasinya yang banyak. Bakat dan prestasi tersebut didapatkan oleh Maudy Ayunda tentunya tidaklah instant dan gampang, namun harus dengan berusaha seperti belajar dan melewati proses yang cukup panjang. Prestasi ini juga terbagi menjadi dua macam yakni prestasi akademik dan prestasi non akademik. Prestasi akademik adalah prestasi yang meliputi pelajaran. Contohnya seperti memenangkan olimpiade, menjadi juara kelas, memperoleh nilai sempurna, dan sebagainya. Sedangkan, prestasi nonakademik adalah prestasi yang tidak meliputi pelajaran. Contohnya seperti menjadi atlet, bisa berpidato dalam bahasa asing, mengikuti organisasi, bisa menjahit, dan lainnya.

Di zaman modern ini saya yakin kalau kalian pasti menggunakan teknologi. Tapi pada tau gak sih teknologi itu apa? Teknologi itu adalah ilmu atau sarana dan prasarana yang dikembangkan oleh manusia untuk memudahkan hidup manusia, untuk kelangsungan hidup manusia, dan untuk mendapatkan informasi. Teknologi ini akan terus berkembang pesat dan berevolusi seiring berjalannya zaman. Contoh teknologi yang sering kita temui dan gunakan pada saat ini yaitu komputer, telepon genggam (ponsel), televisi, peralatan rumah tangga elektronik, dan lainnya. Saya akan mengambil salah satu teknologi berupa telepon genggam sebagai contohnya. Pada tahun 80an telepon genggam atau ponsel hanya bisa digunakan untuk menelepon saja. Namun seiring berjalannya zaman dan berkembangnya teknologi, sekarang ini kita bisa menikmati banyak fitur di ponsel selain telepon menelepon, misalnya layanan internet, kamera, permainan, dan masih banyak lagi.

Memanfaatkan teknologi ponsel sebagai media pembelajaran merupakan salah satu fungsi teknologi yang bisa diterapkan oleh pelajar. Ponsel sebagai media pembelajaran bisa mempermudah proses pembelajaran siswa, menambah teman agar bisa berbagi informasi seputar kegiatan pembelajaran, mempermudah komunikasi antarsiswa dengan guru, membantu kita untuk mencari beberapa lomba secara offline maupun online, dan lainnya. Masih ingatkah kalian bagaimana cara kita melakukan proses pembelajaran pada saat covid-19 masih merajalela? Yup, belajar online dengan menggunakan teknologi berupa komputer, laptop, tablet, ponsel, dan juga televisi.

Saat covid-19 masih merajalela, sebagai pelajar kita juga terkena dampaknya, yakni terbatasnya kegiatan pembelajaran tatap muka. Oleh sebab itu, pemerintah mengadakan program Belajar Dari Rumah (BDR). Jadi, disini saya akan membagikan beberapa pengalaman saya dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran selama BDR. Proses pembelajaran dari rumah secara online ini bisa dibilang tidak terlalu berjalan mulus. Mengapa demikian? Karena adanya hambatan dari jaringan, dan juga terkadang ada beberapa guru yang hanya memberikan tugas tanpa menjelaskannya terlebih dahulu sehingga saya tidak terlalu mengerti dengan tugas yang diberikan. Alhasil biasanya saya mempelajari materi sesuai tugas tersebut dengan mandiri menggunakan ponsel. Saya memulai mempelajari materi yang tidak saya mengerti dengan membuka google chrome lalu membaca beberapa penjelasan dari website websitenya. Jika saya masih belum mengerti, saya akan menonton video materinya dari YouTube. YouTube ini salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran karena mengandung audio dan visual yang menarik sehingga membuat kegiatan belajar menjadi seru dan menyenangkan.

Berikut adalah beberapa tips memanfaatkan teknologi untuk menuju prestasi :

1. Gunakan teknologi dengan hal – hal yang bermanfaat.

2. Mencari network yang membawa hal positif

3. Carilah inspirasi sesuai dengan passion untuk mencapai bakat dan minat.

Teknologi mempunyai dampak positif yang cukup besar bagi kita jika kita juga bisa memanfaatkannya untuk hal – hal yang positif. Melalui menulis blog ini juga merupakan salah satu jalanku mengukir prestasi dengan memanfaatkan teknologi. Marilah kita bijak dalam menggunakan teknologi agar prestasi bisa tercapai.

Tentang Penulis

Gwendeline Catriona Zou adalah seorang perempuan yang lahir di Kota Manggar pada 8 November 2009. Saat ini tercatat sebagai pelajar di SMP Negeri 1 Manggar. Ia dapat dihubungi melalui e-mail : [email protected] dan nomor telepon atau whatsapp : 081818814411

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post