Gusti Kinanti Al Khansa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
BAB 2 DIARY VIRTUAL

BAB 2 DIARY VIRTUAL "TE...SATE ...SATENYA DEK !!!"

SELASA SEHAT

16 Maret 2021

--------------------------------

Hidup sehat, makan bergizi menjadi cerdas dan semangat pagi

Ke madura nonton karapan sapi

Duduk manis sambil minum kopi

Bu susan ku buat sate dari hati

Sate ikan patin yang bergizi

Teman – teman Jangan bosan ya kalau di awal ceritaku selalu ada pantun , hihihihi. Karena itu bisa membuatku merasa mendapatkan energi semangat yang power. Aku bahagia banget karena hari ini ada jadwal google meet selain bisa melihat senyum Bu guru dan teman – teman, setiap hari selasa ada kegiatan seru dari sekolah yaitu cooking class with my mom.

Setelah aku join class,terlihat tampak sangat ceria di dalam kelas virtualku di sambut bu guruku yang sangat semangat dan manis, kita semua memanggilnya Bu Susan.

“Assalamualaikum anak – anak, gimana hari ini sudah sarapan apa belum ? “

“ Sudah Bu. Susan “ jawabku dan teman – teman yang lain, ada yang menjawab sarapan pakai soto, telur dadar, kare ayam, bakso, ada yang roti sama susu ehmmm enak – enak ya sarapanya teman – teman .Menu sarapanku gak kalah nikmatnya nih ? hemmmmm sayur bayam dan ayam goreng nasi hangat wihhh mantap banget.

Nah tema sekolahku sekarang adalah tentang Suku Madura yaitu suku populasi terbesar di Indonesia. Memiliki tradisi yang sangat terkenal dan menarik bagi wisatawan, yaitu Tradisi Karapan Sapi dan Tradisi Rokat atau Petik Laut atau Rokat Tase.Perkenalan sedikit tentang tradisi Suku Madura yuks....!

Karapan Sapi dari kata – katanya aja sudah unik ya?.Tradisi Masyarakat Madura yang di gelar pada bulan Agustus atau September. Dalam tradisi ini terdapat seorang joki dan 2 ekor sapi yang beradu kecepatan berlari untuk sampai ke garis finish.Joki berdiri di atas kereta kayu dan mengendalikan arah lari sapi.Kemudian Tradisi Rokatatau Petik Laut merupakan ungkapan rasa syukur atas karunia Tuhan dan di percaya dapat memberikan keselamatan serta memberikan kelancaran rezeki.Di mulai dengan istighosah dan tahlil,sesaji yang berisi ketan – ketan warna – warni,tumpeng,ikan – ikan dan yang lainya di hanyutkan ke laut. Nah menarik dan unik banget ya teman – teman Tradisinya.

Nah setelah Bu Susan menjelaskan dengan asik dan seru tentang Suku Madura, tugas selanjutnya yang gak kalah seru dari materinya yaitu membuat makanan khas yang paling terkenal dari suku madura . Kalian tahu gak teman – teman, apa itu ya?

Te sate, Satenya Dek...... !!!!!. Pasti kalian pernah cooking class di sekolah kan ? Bagaimana pengalamanya? Pasti seru sekali ya?

Yes....sate madura tentunya.Kali ini aku akan memasak membuat sate,ibuku sudah mempersiapka alat dan bahanya karena sebelum nya sudah di beri info sama bu susan kalau besok cooking class nya akan memasak sate.

“ buk, kinan mau membuat mahkota chef ya sebelum memasak”

“okey... “ jawab ibuku

Setelah mahkotaku jadi aku dan ibuku menyiapkan alat dan bahanya mudah banget kok,kebetulan banget ibuku belanja ayam dan ikan patin nah kali ini aku akan membuat sate yang unik, belum pernah memakanya yaitu sate ikan patin.

Nah kali ini aku membuat bumbu kacangnya “ buk sudah matang apa belum kacangnya “ sambil aku mondar mandir menunggu kacang tanahnya matang, ihhh sudah gak sabar aku ingin merasakan bagaimana rasanya sate ikan.Setelah bahan bumbu matang seperti kacang tanah, bawang merah, bawang putih yang sudah di goreng sama ibuku. Akhirnya aku mengambil alih semuanya nah kali ini giliranku beraksi.

Kuhaluskan kacang tanah, bawang merah , bawang putih dan cabai merah yang sudah di goreng kata ibuku sih alat untuk menghaluskan bumbu itu namanya cooper.Setelah halus nah di masak bumbunya sampai matang.Setelah itu ku tusuk – tusuk potongan ikan patin. Yuhuiiiii waktu yang aku tunggu – tunggu tiba, yachhhhhh waktunya bakar – bakar.Membakar sate hemmmm sudah kebayang aroma sate yang gurih nan lezat.

“ Tusukan ikan nya di bumbuin dulu nan “

“ Bumbunya kecap kan bu “

“ Biar lebih mantap lagi rasanya bumbu sate, yang sudah masak tadi di kasih kecap nan “

“ Okeyyyy bu , siap “

Baru saja aku menaruh nya di atas pembakaran sate ,, ehmmmmmm aroma wangi nya sudah bergentayangan ke mana – mana. Jadi tambah gak sabaran lagi segera mencicipinya. Ku bolak balik sate nya biar tidak gosong,ku celup ke bumbu lagi dan aku bakar lagi supaya rasa bumbunya merasuki sampai ke daging ikan nya.

“buk, ini sudah matang? Boleh aku mencicipinya “

“boleh, jawab ibuku “

“ Bismillahirohmanirohim “tidak lupa aku berdoa sebelum mencicipinya

Ehmmmmmm, wah Ternyata orang suku madura sangat pandai dan unik sekali mempunyai Makanan Khas Madura yang sudah sangat terkenal di berbagai daerah adalah sate madura. Tak lupa aku memfoto sate buatanku untuk di kumpulkan ke google classrom sekolahku. okey 1. 2 . 3 senyum .......cekrik. Gak sabar ingin menyantapnya eitss jangan lupa berdoa dulu ya.

"Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar."

Artinya: "Ya Allah, berkahilah rezeki kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksaan api neraka." Amin Amin Amin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post