Gusti Kinanti Al Khansa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
AYAMKU LONCAT DI OPOR

AYAMKU LONCAT DI OPOR

Hari selasa ya…… hari selasa hari favoritku? kenapa begitu ya …ehmmmm karena hari itu adalah warna seragam kesukaanku, seperti biasa setiap hari selasa itu hari sibukku. Karena banyak jadwal kegiatan yang harus aku kerjakan teman –tema. Nah selama pandemi corona, setiap selasa aku ada kelas google meet dengan Bu Filla. mengajar hafalan surat dan doa kemudian ada tugas cooking class. Karena masih suasana lebaran tugas memasak dari bu guru memasak ketupat opor ayam teman – teman . Aku suka kalau kelas memasak seruuu banget karena aku suka umek sih .

Wah sudah jam 8:30 waktunya google meet. Aku sekolah online ibu ku menyiapkan bahan untuk memasak opor ayam, ku lagi asik belajar menghafal surat Al-Qoriah dan surat At-Takaatsur bersama Bu Filla. aku semangat sekali karena aku sudah hafal teman – teman.

Gak kerasa kok sudah selesai aja nih kelas online dengan bu guru. Aku lirik ibu ku lagi menyiapkan bahan untuk memasak aku langsung ikut membantu, aku cuci tangan dan memeras santan. Wah ternyata asik juga teman – teman memeras santan baru pertama kali aku merasakan . Ibu ku menyiapkan bumbu yang lain aku melanjutkan memeras santan . kemudian aku presentasi membuat opor ayam , teman – teman tau gak apa saja yang di siapkan memasak opor ayam…simak ya teman – teman ?.

Nah pertama aku siapkan bumbunya dulu teman – teman ada bawang merah,bawang putih, kemiri, merica, ketumbar,jinten,serai , lengkuas, daun salam, daun jeruk,jahe, santan, garam dan gula.

Aku rebus ayam nya dulu dengan bumbu bawang putih, garam, kunyit ketumbar dan jinten biar tidak berbau amis, jangan lupa di cuci yang bersih dulu sebelum di rebus ya teman – teman. Kemudian aku goreng nih ayam setengah matang …… waktu aku menggoreng tiba – tiba, ayamnya jatuh loncat ke lantai hahahahaha ibu ku teriak kaget. Aku ambil ayamnya kemudian loncat jatuh lagi tapi ibuku tidak marah lho teman – teman malah ketawa terus….

Aku suka bantu memasak ibuku karena ibuku gak pernah marah kalau aku ikut – ikut bantu jadi aku tambah senang ingin bantu – bantu terus, aku yang memasukkan waktu menggoreng. Ibuku yang membalik dan mengangkatnya kalau sudah matang ayamnya. Ibuku mengulek bumbu, aku ikut melihat ibu ku mengulek bumbu aku kaget waktu ibu ku menggeprek lengkuas dan serai….seru asik pokoknya.

Kemudian aku menumis bumbu halusnya ..seng oseng oseng sebenarnya takut sih. Takut kena minyaknya meletik kena tanganku, setelah harum hemmmm baunya wangi sekali. Ku masukkan ayam nya kemudian diberi santan di masak sampai mendidih ehhh jangan lupa garam dan gula secukupnya ya teman – teman ……. hidungku mengembang- ngembang terus mencium aroma opor ayamnya.

“ Yeyyyyyyyyyyy opor ayamnya sudah matang “

“ ibu aku boleh mencicipi kuahnya” kataku minta ijin ke ibuku ?

“ iya boleh” jawab ibuku

ehhhmmm aku ambil sendok dan Bismillah aku cicipi opor ayamnya. Sudah enak sih

“ buuu kurang asin sedikit”

akhirnya ibuku ikut mencicipi, spontan tanganya dengan cepat mengambil garam dan gula.

“ lha wong kurang asin kok di tambahin gula bu “

“ lho iya biar rasanya itu pas “ kata ibuku

Alhamdulillah opor ayamnya matang tepat waktu makan siangku, ibuku jeprat jepret aku banyak gaya. Senyum, manis, cute sampai gaya merem waktu di foto. Ibuku gemessss sekali hehehe …… kemudian fotonya di kirim ke google classroom. Akhirnya selesai juga tugas cooking class dari bu guru ,,,,,, waktunya makan ketupat opor ayam….. bismillahirohmanirohim Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaa bannaar. Amin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post