Gisel panela salsa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

PERAN TEKNOLOGI DI KEHIDUPAN

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata teknologi mengandung arti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Fungsi teknologi bagi manusia adalah sebagai sarana untuk membantu aktivitas manusia dalam kehdupannya agar menjadi mudah, lancar, efektif dan efisien.

Tujuan teknologi yaitu membuat kehidupan menjadi semakin mudah, efisien dan nyaman. Sekarang, manusia lebih memilih menggunakan teknologi agar tidak kecapean. Adapun dampak positif teknologi yaitu sarana belajar, memudahkan mencari informasi, menumbuhkan kreativitas, dan mengenal dunia lebih luas.memenuhi kebutuhan penduduk, memperpendek jarak, memudahkan persebaran penduduk, dan sarana rekreasi.

Peranan teknologi di dalam dunia pendidikan, yaitu : Mengantikan peran manusia, yaitu dengan melakukan kegiatan otomasi suatu tugas atau proses. Memperkuat peran manusia yaitu menyajikan informasi, tugas, atau proses. Adapun peran teknologi komputer untuk anak usia dini sebagai berikut: Stimulasi bagi perkembangan antara kordinasi mata dengan ketepatan gerak tangan. Menstimulasi bagi perkembangan motorik halus anak khususnya daya rangsang pada anak agar anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif.Melakukan restrukturisasi atau melakukan perubahan-perubahan terhadap suatu tugas atau proses.Adapun Dampak negatif tersebut adalah Anak lebih banyak menghabiskan waktu menonton TV ketimbang melakukan hal lainnya (seperti belajar dan olah raga),Anak kehilangan kemampuan berbaur dengan masyarakat dan cenderung nyaman dengan kehidupan online,Adanya pelanggaran hak cipta, Kejahatan di internet, Penyebaran virus komputer, dan Pornografi, perjudian, penipuan, tayangan kekerasan. Adapun cara mengatasi dampak-dampak negatif tersebut adalah : Gunakan teknologi untuk menjalin hubungan dengan orang yang sudah dikenal, Cari komunitas positif yang sering melakukan pertemuan didunia nyata, Perlunya penegakkan hukum yang berlaku dengan dibentuknya polisi internet,Menghindari pemakaian telepon seluler yang berfitur canggih oleh anak-anak dibawah umur dan lebih mengawasi penggunaan telepon seluler,Perbanyak membaca buku-buku yang bersifat edukatif dan bersifat keimanan serta aplikasi komputer yang bersifat mendidik, dan Perlunya pengaturan waktu untuk berada di depan komputer atau televisi.

Menurut artikel yang saya baca dari google sejarah teknologi adalah sejarah yang berkaitan dengan alat dan teknologi atau teknik hasil penemuan manusia yang pada akhirnya dapat digunakan untuk memudahkan aktivitas manusia itu sendiri. Sejarah teknologi dimulai dari adanya manusia di muka bumi, jejak-jejak peralatan dan teknologi yang dimiliki manusia sejak awal peradabannya ditemukan. Sejarah teknologi manusia dimulai dari hal sederhana seperti pengembangan bahasa, pembuatan perkakas dari batu hingga yang sangat rumit seperti komputer kuantum.

Berkembangnya suatu teknologi aplikatif dapat ditinjau dari kebutuhan manusia sendiri untuk seperti mengatasi perubahan cuaca dan iklim, menghadapi serangan hewan buas, mempermudah aktivitas ekonomi hingga peperangan. Namun teknologi juga dapat berkembang dari aspek teoretis yakni hanya berlandaskan keingintahuan manusia akan fenomena alam yang terjadi disekitarnya. Namun demikian tentu saja dapat terlihat perbedaan yang mencolok saat membahas sejarah dan perkembangan teknologi, sejarah teknologi membahas aspek terapan dari sains, seperti penemuan peralatan atau teknik untuk memudahkan suatu aktivitas manusia.

selesai.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post