Gheyta Messia Salsabilla A. W

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI ERA DIGITAL

LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI ERA DIGITAL

      Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi seperti saat ini harus kita sikapi dengan bijak jika teknologi informasi tidak digunakan sewajarnya dapat berpengaruh negatif terhadap diri kita. Dengan majunya teknologi informasi yang terus berkembang hingga saat ini dapat berpengaruh positif terhadap anak muda khususnya para siswa. Dengan kemudahan untuk mengakses media sosial, siswa bisa memanfaatkan untuk berkreasi dan berkarya. Teknologi informasi juga dapat berdampak negatif karena informasi dapat dengan mudah menyebar. Kita tidak bisa mengendalikan mana informasi yang harus kita terima. Dengan hal tersebut, banyak sekali para siswa yang terjerumus ke dalam kenakalan remaja melalui teknologi. 

      Di sisi lain, sebagai siswa harus dapat memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan literasi. Dengan majunya teknologi banyak sekali platfrom digital yang dapat siswa manfaatkan untuk membaca sebuah buku. Membaca adalah salah satu kegiatan yang penting bagi siswa karena dengan membaca bisa menambah wawasan dan pengetahuan yang belum kita ketahui sebelumnya. Dengan membaca juga dapat melatih keterampilan siswa dalam memahami sebuah kalimat. 

     Walaupun manfaat membaca yang sangat luar biasa, masih banyak sekali siswa yang malas untuk membaca. Karena mereka berpikir jika ingin membaca mereka harus membawa buku yang tebal dan berat. Dengan berkembangnya teknologi membaca menjadi lebih mudah karena banyak sekali platform yang menyediakan berbagai buku dengan gratis. Platform tersebut juga menyediakan berbagai cerita yang menarik bagi kita. Hal tersebut dapat siswa manfaatkan untuk menambah literasi belajar mereka, karena membaca buku dapat lebih mudah.

    Platform digital tidak hanya berfungsi untuk membaca saja. Platform digital juga banyak membuka peluang bagi siswa untuk menulis sebuah karya. Siswa dapat menulis sebuah cerita dan mempublikasikannya pada platform tersebut. Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkan bagi mereka karena siswa tidak perlu susah payah mempromosikan karya atau cerita untuk dibaca dan untuk mempublikasikan karya tidak perlu mengeluarkan biaya. Platform didigital juga dapat meningkatkan kemampuan para siswa dalam bidang literasi karena dengan mempublikasikan karya mereka pembaca dapat memberikan masukan terhadap karya tersebut dan siswa dapat membuat karya yang lebih baik lagi. Para siswa juga dapat menambah pengalaman mereka dalam dunia kepenulisan.

       Dengan berkembangnya teknologi siswa bisa mengikuti perlombaan secara online dan untuk mengikuti perlombaan tidak perlu mengeluarkan biaya. Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkan bagi para siswa karena untuk mengukir sebuah prestasi dan mendapatkan pengalaman tidak perlu mengeluarkan biaya. Dengan majunya teknologi para siswa bisa memanfaatkanya untuk mengembangkan literasi mereka. Tiga hal di atas hanya sedikit manfaat teknologi bagi literasi siswa walaupun hanya sedikit siswa bisa mengukir sebuah prestasi dan menghasilkan sebuah karya yang dapat dinikmati banyak orang.

Nama: Gheyta Messia Salsabilla A. W

Tempat tanggal lahir: Jember, 1 Maret 2023

Sekolah: MTs Negeri 7 Jember 

Email: [email protected]

Nomor WA: 081386125370

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post