Friendy Alan Nawawi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Hanphone, Canduku

Hanphone, Canduku

Hanphone, Canduku

Oleh : Friendy Alan Nawawi

Pada era globalisasi saat ini, tentunya teknologi semakin berkembang. Berkembangnya teknologi memberikan banyak pengaruh bagi kehidupan masyarakat. Terutama terhadap para pelajar. Pendidikan saat ini tidak hanya terpaku pada buku saja, melainkan bisa didapat melalui "Handphone". Kita dapat memanfaatkan aplikasi E-learning sebagai metode pembelajaran pada masa daring.

Dengan berkembangnya teknologi berupa handphone, kita semua dapat mengakses apa saja dengan mudah, cepat, dan efisien. Mulai dari informasi terkini, hingga BIMBEL (Bimbingan Belajar). Dengan adanya handphone, kita juga dapat melakukan pembelajaran di mana pun dan kapan pun. Sehingga waktu dan keberadaan kita bukan lagi menjadi penghalang untuk tidak belajar.

Selain dapat memberikan hal yang positif, handphone juga dapat menjadi alat untuk menghancurkan masa depan kita. Kemudahan memasuki situs, merupakan salah satu faktor utama yang mendukung hal tersebut. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tidak ada batasan usia mengenai siapa saja yang dapat mengakses situs tersebut. Banyak pemuda di bawah umur dapat mengakses situs yang seharusnya tidak mereka buka.

Para pelajar juga sangat menggemari game. Padahal dampak negatif dari game itu banyak, diantaranya :

● Membuat kita menjadi malas belajar.

● Dapat membuat kita kecanduan.

● Interaksi terhadap teman di sekitar kita menjadi kurang.

Perkembangan teknologi juga tampak dalam sektor transportasi. Saat ini banyak inovasi-inovasi baru terkait bidang tersebut. Dengan berkembangnya transportasi, dapat bermanfaat, bagi sektor perdagangan. Para pengusaha dapat dengan mudah mengirim dan menyalurkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Tentu saja dapat mempercepat waktu pengiriman barang.

Adanya transportasi juga dapat membawa dampak negatif bagi pelajar saat ini. Alat transportasi yang berfungsi untuk mempermudah seseorang melakukan aktivitas, dapat disalahgunakan oleh para pelajar. Contohnya keluar malam untuk balap liar, hingga pergi tengah malam untuk membeli minuman keras. Hal ini dapat melalaikan kewajiban para pelajar, yaitu belajar. Hal ini tentu saja dapat menghancurkan masa depan mereka.

Teknologi akan bermanfaat apabila digunakan dengan baik. Untuk itu, gunakanlah teknologi sebagai sarana untuk belajar, berinovasi, dan meraih berprestasi. Dengan adanya teknologi juga memudahkan kita untuk menggali ilmu, sehingga kita dapat dengan mudah mengembangkan bakat yang kita punya.

Adanya perangkat lunak semacam YouTube dan TikTok mempermudahkanku untuk mengembangkan bakat yang aku punya. Tilawah merupakan salah satu bakat yang selalu aku kembangkan. Dengan adanya aplikasi TikTok maupun YouTube, membuatku mudah untuk mempelajari variasi-variasi baru. Hasilnya tentu saja aku dapat menjadi pemenang pada perlombaan MTQ.

Betapa canggihnya teknologi yang berkembang pada saat ini. Sebagai generasi muda, sebaiknya kita perlu memanfaatkannya dengan baik. Jangan salah gunakan teknologi untuk hal-hal yang negatif. Oleh karena itu, apabila kita mampu menggunakan teknologi dengan baik, maka akan mempermudah kita untuk mendapat prestasi.

***

Jember, 18 Maret 2023

"Bijaklah menggunakan teknologi, niscaya teknologi akan menyelamatkan hidup kita"

~Friendy Alan Nawawi

Nama : Friendy Alan Nawawi

Asal sekolah : MTsN 2 Jember

No WA : 082141601470

E-mail : [email protected]

Alamat : Jalan kacapiring 3, no 183

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post