Afifah Fitria Zahrah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pandang Dunia Melalui Sebuah Buku
lombasiswaapril2023

Pandang Dunia Melalui Sebuah Buku

Pandang Dunia Melalui Sebuah Buku

Oleh: Afifah Fitria Zahrah

     Beberapa orang ada yang bilang kalau buku adalah jendela dunia. Kok bisa, ya? Buku kok bisa jadi jendela dunia. Jadi gini, loh. Kalau kita membaca buku, kita bisa mendapatkan beragam pengetahuan yang belum kita ketahui. Pengetahuan itu berupa hal-hal misteri tentang dunia kita. Sehingga wawasan kita pun bertambah. Jadi itulah kenapa buku adalah jendela dunia. Makna tersebut menggambarkan betapa pentingnya buku karena memberikan banyak pengetahuan tentang dunia kepada manusia.

     Nah teman-teman, aku ini punya banyak pengalaman menarik tentang membaca buku, loh. Aku dulu sewaktu SD, sering banget datang ke perpustakaan sekolah. Aku dulu sampai rela tidak bermain bareng teman-temanku demi membaca buku di perpustakaan. Saking seringnya datang ke perpustakaan, akhirnya pegawai perpustakaan pun memberiku apresiasi ketika aku masih kelas 1 SD. Sebagai apresiasi, pegawai perpustakaan memberiku hadiah buku. Buku itu ternyata buku yang selama ini inginku baca. Sejak saat itu, aku pun makin semangat untuk membaca buku di perpustakaan sampai mengajak teman-temanku saking semangatnya.

     Masih dengan buku, buku juga membantu aku saat ujian sekolah kelas 6 tiba. Buku melatihku dengan latihan-latihan soal persiapan UN. Selain itu, aku juga mempunyai buku yang berisi rangkuman materi lengkap dari kelas 1-6 SD. Kedua buku ini sangat berpengaruh buat aku. Kenapa? Setelah latihan soal sama baca buku rangkuman, aku merasa lebih ringan saat mengerjakan ujian akhir sekolah. Pada akhirnya, aku mendapatkan peringkat.

     Di MTs ini, buku masih mendampingiku dalam menuntut ilmu. Misalnya, jadi pendampingku buat ngerjain tugas atau PR sekolah. Kalo semisal ada soal yang jawabannya nggak ada di buku paket, aku punya buku pendamping yang aku beli sendiri. Ternyata, jawaban yang aku jawab di soal itu lebih berkualitas daripada jawaban yang aku ambil dari google. Di buku biasanya juga ada penjelasan lebih lanjut mengenai materi yang dibahas. Hasilnya apa? Nilai tugas atau PR-ku lebih tinggi dari teman-teman lainnya. Bahkan, ketika Bu guru nanyain ini jawabannya dapet darimana, aku tinggal bawa buku ini dan menunjukkan jawabannya di halaman tersebut.

     Buku yang aku bahas daritadi adalah buku pelajaran. Sekarang, kalian suka komik nggak? Kalau rata-rata remaja sekarang, lebih suka baca novel. Apalagi novel dengan genre romantik. Justru aku nggak. Aku lebih suka komik daripada novel. Kenapa? Di komik kan ada teks dan gambar, tuh. Aku lebih suka kalau cerita diselipi sama gambar gitu. Karena karakter di cerita bisa kita tau. Kalau novel kan hanya berupa teks semua. Kalo ingin tau karakternya bisa kita imajinasikan. Sedangkan aku kurang dalam hal berimajinasi. Mungkin hanya beberapa orang yang setuju dengan pendapatku.

     Buku-buku yang kayak novel sama komik ini cocok loh buat mengisi waktu senggang kita. Daripada main hp terus, mending baca buku novel atau komik deh. Aku juga mesti baca komik, loh sehabis pulang sekolah. Selain bisa mengisi waktu luang, komik dan novel juga pasti menghibur para pembacanya dengan cerita menariknya. Ada juga nih, buku yang berisi tentang ilmu dunia, tetapi ini bukan buku pelajaran. Buku apaan tuh? Yup! Ensiklopedia. Aku merasa, kalo habis baca ensiklopedia jadi pinter kayak Albert Einstein. Hahaha. Padahal pengetahuan yang ada di ensiklopedia tidak sebanyak pengetahuan di dunia. Hahaha.

     Aku dulu pernah gabut banget di rumah. Pas banget waktu itu Hari Minggu. Nggak ada kerjaan dan pastinya nggak ngapa-ngapain. Aku terus mandangin rak buku di rumahku. Aku ngerasa pengen baca buku. Pada akhirnya, buku yang aku ambil adalah buku ensiklopedia. Ternyata, aku baca buku ini sampai siang. Karena buku ensiklopedia ini tebel. Besoknya pas banget pelajaran IPS dan tanya jawab. Ternyata, soal tanya jawab ini materinya sama kayak yang aku baca di ensiklopedia. Tentang manusia purba. Akhirnya soal tanya jawab aku lahap semua. Dapet nilai tambahan, deh. Hehehe.

     Setelah dipikir-pikir, buku itu punya banyak manfaat. Buku itu punya ilmu pengetahuan tentang dunia. Baca buku sedikit aja udah dapet banyak manfaat. Apalagi baca banyak buku. Teman-teman coba jadiin baca buku sebagai hobi. Tak hanya mengisi waktu luang, buku juga bisa menghibur kita. Buat teman-teman yang nggak suka membaca buku, coba baca buku ditemani camilan gitu. Kayak biskuit, susu. Jadinya betah, kan waktu membaca. Itu aja saran dari aku. Hehehe.

Terima kasih buat teman-teman yang udah baca sampai sini!

Jember, 13 April 2023

Biodata Penulis

     Kenalin nih.. Afifah Fitria Zahrah biasanya dipanggil Afifah atau Zahrah. Sahabat bisa panggil Afifah. Afifah lahir di Jember, Jawa Timur. Tepatnya pada tanggal 09 Oktober 2008. Saat ini ia sedang menempuh pendidikannya di MTsN 2 Jember. Afifah saat ini duduk di bangku kelas 9. Untuk lebih dekat, sahabat bisa menghubungi surel [email protected]. Makasih udah membaca! Bye!

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post