Febrina Annisa Dewi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PINK

PINK

Assalamualikum teman teman

Apa kabar?

Kalian tahu kan warna pink?

Terus kalian tau ngak gimana sejarah warna pink?

Dipilihnya pink sebagai warna maskulin karena warna tersebut sangat tegas dan keras sehingga cocok dengan jiwa pria. Tidak hanya itu saja, unsur warna pink juga sangat cocok dengan warna coklat, yang kebetulan cocok dengan warna rambut kebanyakan pria di barat.

Di masa lalu, biru justru dianggap sebagai warna yang feminin. Jhon Gage dalam tulisannya Color in Western Art: An Issue mengatakan bahwa pada abad ke 18 hingga awal abad ke 19 terdapat 3 warna yang mewakili kasta sosial. Warna pertama adalah emas (gold) mewakili warna kebangsawanan, kedua adalah warna merah (red) mewakili orang bebas (freemen), dan ketiga adalah warna biru (blue) mewakili para budak. Karena budak kebanyakan adalah wanita, maka biru pun melekat sebagai warna yang feminin.

Pembuktian bahwa warna pink adalah warna maskulin dan biru adalah warna feminin juga dilakukan oleh Profesor Jo B. Paoletti dari Universitas Maryland, Amerika Serikat.

Pada 1940 hingga 1950, warna pink tetap didefinisikan sebagai warna untuk maskulin dan biru tetap dkategorikan sebagai warna wanita. Sehingga jangan heran bila di era 1950an, mobil Cadillac yang berwarna pink (Pink Cadillac) menjadi incaran serta diminati oleh kaum Adam. Selain itu dalam kepercayaan Jepang, mereka menganggap bahwa bunga sakura yang mekar dan berwarna pink merupakan perwujudan dari ksatria muda yang maju berperang demi meraih tujuannya menjadi ksatria sejati. Profesor Jo B. Paoletti melalui bukunya mengatakan perubahan ini terjadi secara signifikan pada 1970an, yang diawali dengan munculnya gerakan pembebasan perempuan di pertengahan 1960an. Saat itu sedang gencar-gencarnya perempuan menuntut kesetaraan gender. Salah satu media yang paling ampuh untuk melakukan kritik adalah dunia fashion. siapa yang mempopulerkan warna pink sebagai warna untuk perempuan, jawabnya mungkin adalah mantan ibu negara Amerika, Mamie Eisenhower-lah orangnya. Dengan perabot dan segala macam barang kepemilikannya yang berwarna pink, wajar lah kalau beliau disebut ‘mother of pink’.

Namun karena posisinya sebagai ibu negara, apa yang ia lakukan dan ia pilih pasti jadi sorotan publik. Termasuk hobinya menggunakan warna pink ini.

Sekian dulu ya teman teman

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kak tahu dari mana sihh? Pinter bangettt Mantap aka

20 Feb
Balas

Iya...pinter bangettt ,tp aku nggak suka warna pink sih....,tp tetep mantap kak....

20 Feb

Alhamdulillah kebetulan aku emang suka sejarah

20 Feb

Mantap abis

20 Feb

dapet info dari mana kak? keren bangettt! semangat ya kak!

20 Feb
Balas

Terima kasih ya Semoga bermanfaat juga

20 Feb



search

New Post