Fatimah Aida

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pukul 12

Pukul 12 Malam

“Tugas IPA maksudnya apa sih?”, “tugas matematika ngga ada jawabannya!” , “batas pengumpulan tugas jam berapa?”. Seluruh grup kelas membicarakan tugas semester ini. Aku, mengikuti PKBM untuk belajar. meskipun tidak bertemu langsung dengan teman teman, kami belajar bersama secara virtual. Menurutku tidak ada bedanya sekolah formal dan home schooling. Di sekolah formal, anak anak mengobrol dan membuat kelas bising. Di PKBM, anak anak mengobrol lewat chat, yang tentu membuat notifiksi menumpuk.

Hari ini, adalah hari terakhir untuk mengumpulkan tugas. Karena tugas yang diberikan membutuhkan waktu lama untuk mengerjakan, seluruh pelajaran pula. Jadilah seluruh warga belajar bagadang setiap malam untuk mengerjakan tugas. Beberapa temanku tidak terlalu memikirkan tugas, tetapi akhirnya mereka maraton tugas ketika hari terakhir pengumpulan tugas.

2 hari lalu, aku mengerjakan laporan untuk tugas IPA. “hmm... hari ke-7 tinggi berapa ya...” aku berusaha mengingat kondisi tanamanku pada hari ke-7. Soal tanam menanam, tentu ini tugas mata pelajaran IPA. Tugas paling rumit ke-2 setelah riset. Kami ditugaskan menanam tanaman, dan yang harus ditanam adalah kacang tanah.

1 minggu lalu aku sudah mencoba menanam kacang tanah, tapi entah kenapa setelah 5 hari tidak ada tanda tanda kecambah tumbuh. Jelas saja aku kesal karena setelah melalui proses menanam yang panjang (entah kenapa menanam kacang tanah panjang prosesnya) ternyata tak tumbuh. Sempat menyerah, tetapi teringat waktu pengumpulan tinggal sebentar lagi, aku segera menanam kembali.

Percoban kedua berhasil, alhamdulillah... berhubung aku tidak suka menanam, setelah 7 hari tanaman itu kubiarkan. Disiram dengan air hujan. Setelah selesai mengerjakan laporan, aku kembali mengerjakan yang lainnya.

Akhirnya, sehari sebelum batas akhir pengumpulan tugas, seluruh tugasku sudah selesai. Dan tentunya aku sangat senang, setelah berminggu minggu berkutat dengan tugas yang luar biasa sulit dan rumit, akhirnya aku bisa santai menikmati hari. Tetapi, semua itu hanya berjalan 1 hari. Sehari kemudian, ternyata tugas yang kukirimkan tidak bisa dibuka. “Hah?! Ini kenapa?” teriakku kaget. Akhirnya aku berusaha mengirim ulang file file itu, tapi hasilnya nihil.

Mulai kesal, akhirnya aku bertanya pada temanku, “kenapa kamu pakai tanda ‘#’ di file? Aplikasinya tidak bisa membaca tanda baca ‘#’ ganti saja judul file nya, setelah itu coba kirim kembali,” katanya. Tentu kucoba, dan... yeay! Akhirnya berhasil. “Fiuh... kaget, kalau aku tidak tahu file tugasku error, kosong pasti nilaiku nanti” gumamku.

Dan hari ini, hari terakhir pengumpulan tugas. Hampir seuluruh warga belajar kelas 6 mengerjakan tugas dari jam 6 pagi sampai 12 malam, dan tentunya dijeda dengan makan, sholat, dll.

“Tugas matematika gimana sih?” “riset nya rumit, aku bingung harus mulai darimana,” “kenapa di semua mata pelajaran ada tugas presentasi?” seluruh grup kini penuh dengan pembahasan tugas. Ada yang bingung, tak berhasil menanam, dll. Aku hanya menyimak, karena tugasku sudah selesai duluan. Malamnya, para tutor menginput tugas tugas kami.

Paginya, aku baru sadar kalau teman temanku menyelesaikan tugas sampai pukul 12.00 malam. Dan pastinya grup masih ramai soal tugas. Ternyata, waktuku untuk beristirahat tidak lama, esok sudah mulai ujian dan tentu, sekarang aku sudah harus mulai belajar. “Huh! Kenapa waktu istirahatku sangat sebentar!” aku menggerutu kesal, “belajar itu dari lahir sampai ahir hayat. Lagipula ini baru permulaanmu belajar, nanti kalau sudah besar kau akan tahu nikmatnya belajar,” itu jawaban kakak kelasku ketika mendengar keluhanku. Tetapi saat ini aku masih belum merasakan nikmatnya belajar. Mungkin besok aku akan merasakannya.

_______________________________________________

hai teman sasisabu semua!

semoga ngga lupa sama aku ya :D

yang belum kenal, salam kenal!

aku Fatimah, duduk dibangku kelas 6 saat iniaku bergabung di sasisabu tahun 2020 lalu, tepatnya bulan februari "sepertinya"

menurutku, masa kelas 6 adalah masa paling sibuk dan menegangkan diantara kelas kelas lain

mungkin karena aku tidak terbiasa dengan kondisi sibuk :D

baiklah, sekian dariku

wassalamu'alaikum warahmatullah...

-Fatimah-

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Fatimah... semangat yaa.. kerenn

20 Sep
Balas

Makasih annisa :D

21 Sep

This is me.. ruqoyyah.. klo km panggil nama asliku jg gpp kok.. Btw, sama-sama

21 Sep

okee kirain pengen dipanggil nama pena ><

21 Sep

okee kirain pengen dipanggil nama pena ><

21 Sep

hehee.... oh yaa... aku tuh penasaran... PKBM itu singkatan dr apa?

14 Oct

gatau jg ak wkkwk

24 Dec

hai da,dah lama gak lihat sasisabu.wa kosong juga

24 Jan
Balas

haiii aku udh jarang on di sini

01 Mar

Hai Fatimah. Mau nanya dong. Kamu pernah ikut lomba menulis cerpen tema "Menyambut Ramadhan" ya?

19 Sep
Balas

Hai shofiyyah! Iyaa yang diadakan sama ruang sastra ya?

19 Sep

Ahh iya. Maap yak, baru bales. Hihi, ana juga ngikutin. Cerpen ana yg judulnya "Puasa Pertama Hariz." Itu karya pertama yang ana kirim ke penerbit. Kalau kamu naskah yg keberapa dikirim saat itu?

09 Oct

Oh ya, kalau boleh, tlg follback, dong! Hehe... Gak maksa kok

09 Oct

Waaa kereeeeen! Sipdehh ak follback yaa

22 Oct

Hihihii makasihh

22 Oct

Aida gemoyyyyyyy, Aisha come back ke Sasisabu nieeeee... Kangen gak da? Kangen gak? Gak ya uda

23 Dec
Balas

kangennnnnnn bettt wkkkwkwk

24 Dec

Blm pernah ketemu juga TwT

25 Dec

SEMangasts ya Aida! Kelas 6 itu sulit

23 Dec
Balas

maaciiii

24 Dec



search

New Post