Faizah Hasna Mahfudzhah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
 Change Ourselves, Change Our Future.

Change Ourselves, Change Our Future.

Change Ourselves, Change Our Future.

By : Faizah Hasna Mahfudzhah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “pergaulan” memiliki arti menjalin pertemanan dalam kehidupan bermasyarakat. Sedangkan kata bebas berarti lepas atau tidak terikat. Dapat disimpulkan bahwa pergaulan bebas adalah jalinan pertemanan dalam kehidupan bermasyarakat yang bersifat lepas atau tidak terikat.

Pergaulan bebas secara umum adalah perilaku individu atau suatu kelompok yang menyimpang. Sikap menyimpang ini melewati batas dari aturan, kewajiban, tuntutan, syarat dan perasaan malu. Pergaulan bebas juga bisa diartikan sebagai perilaku menyimpang yang melanggar norma sosial dan agama.

Pergaulan bebas yang dilakukan biasanya bagian dari eksistensi diri, pelampiasan emosi atau rasa kecewa yang dialami. Juga karena penyalahgunaan internet, dan faktor lingkungan. Adapun macam pergaulan bebas seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas, mabuk, dan kenakalan remaja lainnya.

Permasalahan pergaulan bebas ini berdampak pada masa depan. Yaitu dampak dari pergaulan bebas ini adalah putusnya pendidikan sekolah, dan menurunnya prestasi belajar. Dan bagi yang mencoba mengkonsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang dapat merusak kesehatan fisik dan mental dalam jangka panjang, juga remaja yang sudah terlibat dalam pergaulan bebas dan memiliki perilaku yang menyimpang biasanya tidak mempunyai kepercayaan diri yang cukup untuk berhubungan baik dengan keluarga, teman bahkan bersosialisasi di masyarakat.

Sekarang kita sudah tahu akibat-akibat dari pergaulan bebas. Hal hal yang dilakukan di dalam pergaulan bebas sangat tidak sepadan dengan akibatnya. Jadi, gak worth it banget buat kita untuk mencoba masuk kedalam pergaulan bebas. Belum telat juga untuk yang ingin merubah diri dan keluar dari pergaulan bebas ini. Jika terasa sulit bagimu untuk keluar dari lingkungan yang sekarang, cobalah meminta bantuan. Kamu gak harus terbebani dengan semua masalah ini sendirian. Tidak apa- apa untuk meminta bantuan, setidaknya kita coba sebagai langkah pertama menuju masa depan yang lebih baik. Lawan rasa takut kita untuk keluar dari lingkungan yang kurang baik ini, percaya kalau kamu bisa break the comfort zone, and get out from it.

Bisa juga aku beri tips nih supaya kita tidak gampang terjerumus kedalam pergaulan bebas.

Kita bisa memulai dari dalam diri kita dengan mengubah cara pandang kita. Apabila terjadi kekecewaan dan kegagalan dalam diri kamu atau terjadi hal yang tidak kamu inginkan, coba untuk mencari semangat dari orang yang berharga bagimu dan mencoba aktivitas-aktivitas baru yang bermanfaat. Mari berusaha untuk menanggapi setiap kegagalan dan kekecewaan kita sebagai pembelajaran yang baru. Aku juga tahu pasti tidak mudah, tapi percaya deh kalau kita pasti bisa. Dengan mengubah cara pandang kita, kita jadi gak perlu mencari pelampiasan yang tidak baik seperti alkohol dan rokok.

Kita juga bisa mulai menjaga keseimbangan pola hidup.

Dengan memiliki pola hidup yang baik dan tertata kita bisa terhindar dari pergaulan bebas karena kita sibuk untuk melakukan manajemen waktu, mengisi kegiatan dengan hal-hal yang positif dan belajar hal-hal baru. Contohnya dengan dengan membaca buku. Membaca buku dapat memberikan wawasan luas, baik wawasan dalam pelajaran disekolah atau wawasan akan kehidupan yang baik. Membaca buku juga dapat membantu kita untuk mengisi waktu luang sehingga tidak terpikirkan untuk melakukan hal-hal yang tidak baik.

Kita bisa untuk mulai fokus memikirkan masa depan kita.

Dengan memikirkan masa depan, kita bisa memiliki cita-cita dan harapan. Hal ini lah yang akan menjadi acuan untuk kamu selalu fokus berkarya, bertindak benar dan tidak menyimpang.

Ada peribahasa inggris yang berbunyi "change yourself, change your future". yang artinya ubah dirimu, maka kamu merubah masa depanmu.

"Kalau yang tadinya suka sembarang dalam pergaulan, maka sekarang mari lebih selektif lagi.

Kalau yang tadinya suka banyak lakukan kesalahan, mari sekarang mulai kurangi dan perbaiki.

Kalau yang tadinya kita suka banyak bermain, maka mari sekarang mulai lebih serius lagi."

-Sherly Anavita

Jangan sampai kita termasuk orang orang yang menginginkan masa depan yang cerah dan perubahan yang baik setiap harinya namun kita tidak usaha untuk melakukan apa apa dan tetap seperti biasa.

Seperti Albert Einstein ilmuan ternama mengatakan :

"Insanity is doing the same thing over and over again but expecting the different result"

"Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang kali namun mengharapkan hasil yang berbeda"

Setiap perubahan pasti membutuhkan usaha yang lebih. Masa depan yang cerah tidak mendatangi kita begitu saja saat kita santai bermalas-malasan dan tidak selektif dalam memilih pergaulan. Pilihlah lingkungan pergaulan yang suportif untuk kebaikan masa depan kita agar kita bisa fokus pada tujuan dan terus berkarya. Mari kita terus berusaha untuk perubahan yang lebih baik. Percaya kebaikan dapat bermulai dari diri kita. Jangan hanya diam bersandar menunggu keberhasilan untuk datang dan berangan-angan. Perubahan terbesar yang dapat membuat masa depanmu lebih cerah hanya dapat dibentuk oleh orang yang selalu kamu lihat saat bercermin. Mari berkarya, Mari lebih fokus untuk mengubah masa depan yang lebih cerah bersama-sama. Let's change ourselves, so we can change our future! .

Tentang Penulis

Halo, aku Faizah Hasna Mahfudzhah, biasa dipanggil Hasna.

Aku lahir pada bulan Mei tahun 2007 dan sekarang aku sedang menempuh pendidikan di SMK Al Muslim Tambun.

Hubungi aku di :

Instagram: @fhasnaaz

E-mail: [email protected]

No Whatsapp : +6295715330715

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post